Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Kejahatan Finansial, Kenapa Harus Dihindari dan Dicegah?
Ketahui Kejahatan Finansial dengan Modus Pinjaman Online
Tips Jitu Mencegah Jeratan Kejahatan Finansial
Pinjaman Online Bebas Kejahatan Finansial

Langkah Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Kejahatan Finansial? Selektif dalam Memilih Pinjaman Online Salah Satunya

Berbicara tentang pinjaman online, bidang ini juga tidak luput dari aksi kejahatan. Ada berbagai macam aksi kejahatan, mulai dari teror yang dilakukan secara terus-menerus yang bertujuan untuk memaksa melakukan pinjaman dan melakukan penipuan dengan modus meminta sejumlah transferan dana untuk mendapatkan pinjaman yang dibutuhkan nasabah.

Tak berhenti sampai itu saja, melakukan ancaman saat penagihan yang diperparah dengan penggelembungan bunga secara sepihak, hingga sengaja membocorkan dan menjual data pribadi nasabah ke pihak-pihak tidak bertanggung jawab bisa terjadi jika kamu tidak memilah dan memilih saat ingin melakukan pinjaman dana secara online.

Lalu, langkah apa yang harus dilakukan untuk mencegah kejahatan finansial menimpa dirimu? Yuk, simak ulasan penting berikut ini.

Kejahatan Finansial, Kenapa Harus Dihindari dan Dicegah?

Sebelum mengulas tentang bagaimana caranya mencegah kejahatan finansial, yuk kita ketahui dulu tentang alasan mengapa kejahatan finansial perlu dihindari. Kejahatan keuangan atau kejahatan finansial ini merupakan suatu perbuatan yang dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

Terstruktur, artinya kejahatan ini melibatkan lebih dari satu orang dengan peranan masing-masing, seperti penyusun rencana, eksekutor, dan sebagainya. Sistematis, artinya pelaku melakukan kejahatannya dengan perencanaan dan tata cara matang dan rapi (terorganisir), sehingga kejahatan tersebut sulit terungkap. Sedangkan, masif mengartikan bahwa kejahatan yang dilakukan terbilang besar dengan jumlah target korban yang banyak untuk meraup keuntungan besar.

Pinjaman online menjadi salah satu modus kejahatan finansial yang empuk. Memanfaatkan kondisi terdesak dan kelengahan dari para korbannya, para pelaku bisa dengan mudah melancarkan aksinya. Bagaikan serigala berbulu domba, pelaku akan memberikan penawaran pinjaman online dengan janji-janji yang menggiurkan.

Jika tidak menyikapi dengan hati-hati, maka kamu bisa terjebak dengan tagihan yang berlipat ganda tanpa sepengetahuanmu terlebih dahulu. Tagihan tersebut yang kemudian digunakan para pelaku untuk mengancammu, sehingga kamu merasa tertekan dan tak bisa berbuat apapun.

Parahnya lagi, para pelaku juga bisa mengancam dengan cara lainnya, seperti membocorkan data pribadimu, peretasan akun media sosial, mengancam keluargamu, hingga tindak pidana lainnya.

Bukannya meringankan beban keuanganmu, hal ini malah dapat memperburuk kondisi finansialmu, terlebih jika kamu terjebak berkali-kali karena menerapkan pola “gali-tutup lubang” untuk menghindari ancaman. Karena itulah kita harus mencegah terjadinya kejahatan finansial, termasuk dengan modus pinjaman online.

Ketahui Kejahatan Finansial dengan Modus Pinjaman Online

Agar bisa terbebas dari jeratan kejahatan finansial, tentu kamu perlu mengetahui ciri-ciri dan bagaimana kejahatan finansial dengan modus pinjaman online dilakukan. Salah satu hal yang bisa kamu ketahui terkait modus pinjaman online ilegal adalah adanya penawaran pinjaman dana secara online dengan tawaran yang menggiurkan tanpa syarat apapun. 

Biasanya penawaran ini diberikan oleh pelaku kepada korban secara langsung melalui SMS maupun WA dengan nomor umum tak dikenal. Selain itu, informasi detail terkait nama platform fintech-nya, alamat, dan keabsahannya biasanya tidak dicantumkan pada penawaran melalui SMS dan WA tersebut. Tentu tujuannya adalah menutupi identitas dari pelaku, sehingga informasi yang diberikan tidak valid.

Modus pinjaman online ilegal juga kerap kali dilakukan via iklan pada berbagai platform media sosial. Parahnya, pelaku kejahatan ini menggunakan nama platform pinjaman online yang sah atau legal, juga mencantumkan logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meyakinkan para korbannya.

Jika kamu tidak hati-hati dengan melakukan verifikasi atau pengecekan pada sumber terpercaya, maka bisa saja dengan mudahnya kamu terkelabui dan terjebak pada pinjaman online ilegal. Berkembangnya kecanggihan teknologi tidak menutup kemungkinan adanya modus-modus baru lainnya untuk melancarkan aksi kejahatan finansial.

Karena itu, kita harus teliti dan waspada terhadap segala bentuk interaksi dan penawaran yang menawarkan pinjaman dana secara online.

Tips Jitu Mencegah Jeratan Kejahatan Finansial

Maraknya modus kejahatan finansial yang salah satunya melalui pinjaman dana online, tentu memerlukan peran setiap pihak untuk mencegah dan memberantasnya. Mulai dari pemerintah, penegak hukum, hingga kita sendiri sebagai konsumen atau nasabah.

Selain dilakukan secara TSM, semakin masifnya kejahatan ini justru karena adanya kesempatan yang tanpa disadari kita berikan kepada pelaku. Karenanya, kita sendiri sebagai nasabah perlu menutup rapat-rapat kesempatan tersebut, juga selalu memilah dan memilih jika ingin melakukan pinjaman dana maupun transaksi secara online.

Hal yang harus kita lakukan salah satunya adalah melakukan pengecekan ganda jika menerima tawaran pinjaman online baik melalui WA, SMS, maupun iklan yang terdapat pada platform media sosial. Sebaiknya kamu jangan mudah tergiur dengan janji-janji manis dari penawaran yang tidak menyertakan informasi valid.

Lakukan pengecekan informasi valid terhadap keabsahan pihak yang menawarkan layanan pinjaman online tersebut dengan datang langsung ke lembaga keuangan terdekat atau praktisnya kamu bisa melakukan pengecekan melalui website resmi OJK maupun AFPI.

Kalau kamu menerima tawaran pinjaman online dari nomor umum tidak dikenal, sebaiknya diabaikan. Jangan sekali-sekali kamu merespon SMS atau WA penawaran tersebut, apalagi sampai memberikan data pribadi atau mentransfer sejumlah dana. Mengambil tindakan dengan langsung memblokir nomor tidak dikenal yang memberikan penawaran akan menjadi lebih baik dan menghindarkanmu terjebak dalam praktek pinjaman online ilegal maupun modus penipuan lainnya.

Hal itu karena platform pinjaman online legal atau yang sah hanya akan memberikan penawaran kepada nasabah jika sebelumnya telah mendapatkan izin dari nasabahnya. Selain itu, penawaran juga dilakukan dengan menggunakan kontak resmi dengan informasi lengkap dan valid, bukan nomor umum yang tidak dikenal.

Mempelajari bagaimana mekanisme pinjaman dana secara online sesuai dengan peraturan yang berlaku, juga bisa membuatmu menjadi paham mengenai tata cara, persyaratan, dan besaran bunga yang diberlakukan. Jadi, kamu tak akan mudah tertipu dan tergiur dengan penawaran yang abal-abal.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Pinjaman Online Bebas Kejahatan Finansial

Meskipun kejahatan finansial masih ada, tapi itu bukan bukan suatu hal yang bisa membatasi kamu untuk memiliki kondisi keuangan yang baik, memenuhi kebutuhan sehari-harimu dengan praktis, dan mewujudkan usaha impianmu.

JULO, merupakan platform fintech terkemuka di Indonesia siap menjadi partner terbaikmu dikala kepepet, memenuhi kebutuhan pembiayaan dalam beragam jenis transaksi online, hingga membantumu memiliki usaha dengan pinjaman modal dapat dilakukan dengan mudah, praktis, dan tentunya aman.

Keamanan penggunaan JULO sebagai partner pendanaan online terbaikmu dijamin dengan terdaftarnya JULO sebagai platform fintech yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, JULO juga tergabung dalam Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang menjamin pemberlakuan bunga yang transparan, bebas dari perubahan persentase bunga secara sepihak dan curang.

Tak kalah penting, JULO juga menjaga keamanan data pribadi para nasabahnya, sehingga kamu tak perlu khawatir data pribadimu bocor. Masih adanya kejahatan finansial jangan sampai menghambatmu untuk menggapai impianmu ya. Bersama JULO, kamu bisa melakukan pinjaman dana dan beragam transaksi online dengan program inklusi keuangan yang beragam, praktis, mudah, dan aman.

Waspada Penipuan Finansial! Pelajari Cara Melindungi Diri dan Uang Anda, Salah Satunya dengan Memilih Pinjaman Online Terpercaya

Yuk, Pakai JULO Pinjaman Online Bebas Kejahatan Finansial!

Artikel Lainnya