Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Itu QRIS?
Bagaimana Cara Mendaftar QRIS?
Kelebihan QRIS untuk Usaha
Biaya Jasa QRIS
Cari Tambahan Modal Usaha? Pakai JULO!

Cara Mendaftar QRIS, Lengkap dengan Biaya Transaksi dari BI!

Cara Mendaftar QRIS

Sebagai pemilik usaha di era modern, pasti banyak menemukan pelanggan yang memilih melakukan pembayaran melalui metode cashless termasuk QRIS. Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara mendaftar QRIS untuk keperluan usaha? 

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) memberikan kemudahan bagi pelaku usaha mikro untuk menerima pembayaran secara elektronik. Pembeli pun dimudahkan dengan QRIS: hanya menggunakan ponsel dan aplikasi mobile banking atau dompet digital, mereka bisa melakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Kamu pengusaha yang siap mengadposi QRIS untuk pembayaran? Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang cara mendaftar QRIS, kelebihannya untuk usaha, serta biaya administrasinya. Yuk simak cara mendaftar QRIS berikut ini!

Apa Itu QRIS?

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah sebuah standar kode QR yang digunakan untuk melakukan pembayaran elektronik di Indonesia. Dengan QRIS, pelanggan dapat membayar produk atau jasa yang mereka beli dengan mudah menggunakan aplikasi perbankan atau dompet digital mereka. 

QRIS memberikan keuntungan bagi pelaku usaha karena memudahkan proses transaksi tanpa harus menggunakan uang tunai. Tak perlu repot-repot lagi mencari kembalian atau menyediakan nomor rekening. Tinggal tunjukkan kode QRIS, pembeli bisa scan kodenya untuk menyelesaikan pembayaran.

Baca Juga: Panduan Pendaftaran dan Penggunaan QRIS BCA

Bagaimana Cara Mendaftar QRIS?

Cara Mendaftar QRIS

Proses pendaftaran QRIS bisa dilakukan secara online melalui platform yang disediakan oleh bank atau penyedia jasa pembayaran (PJSP). Biasanya, kamuperlu mengunjungi situs web resmi bank atau PJSP yang akan dipilih dan mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang diberikan. 

Setelah itu, kamu  akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, dan izin usaha yang diperlukan. Ini dia cara mendaftar QRIS untuk pemilik usaha:

  1. Pilih Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang telah berizin Bank Indonesia
  2. Kunjungi kantor atau laman online PJP yang kamu pilih
  3. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.
  4. Unggah dokumen pendukung yang diminta.
  5. Tunggu verifikasi dan persetujuan dari PJP
  6. Setelah disetujui, kamu akan menerima kode QR yang dapat dipasang di tempat usaha kamu.

Saat pembuatan QRIS, akan ada biaya registrasi QRIS sebesar Rp28.000 - Rp30.000, tergantung penyedia layanan.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Kelebihan QRIS untuk Usaha

Setelah mengetahui cara mendaftar QRIS, kamu masih perlu mengetahui kelebihan penggunaan metode ini. QRIS memberikan banyak keuntungan bagi pelaku usaha, terutama usaha mikro yang berizin. Beberapa kelebihan QRIS antara lain:

  1. Pembayaran Mudah: Pelanggan dapat membayar produk atau jasa dengan mudah hanya dengan memindai kode QR yang ada di tempat usaha kamu.
  2. Memperluas Jangkauan: Dengan QRIS, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, termasuk mereka yang lebih suka menggunakan pembayaran elektronik dan tidak memegang 
  3. Meningkatkan Kepercayaan: Menerima pembayaran elektronik melalui QRIS dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha kamu karena proses transaksi yang lebih terjamin.

Baca Juga: Cara Menghitung Pajak Usaha

Biaya Jasa QRIS

Sudah tahu cara daftar QRIS? Ternyata ada biaya lain yang harus kamu tahu! Bank Indonesia telah menetapkan biaya jasa yang dikenakan oleh PJP kepada pemilik usaha saat terdapat transaksi menggunakan QRIS yang disebut MDR (Merchant Discount Rate). MDR harus ditanggung oleh pemilik usaha/merchant dan tidak boleh dibebankan oleh konsumen. 

Berapa biaya transaksi yang harus dibayar pengguna QRIS? Biaya MDR yang dibebankan pada penjual yang telah mendaftar QRIS berbeda tergantung industri usaha yang dimiliki. Berikut biaya MDR QRIS berdasarkan peraturan Bank Indonesia (BI) dalam bentuk transaksi:

  • Merchant Usaha Mikro (UMI): 0% untuk transaksi di bawah Rp100.000; 0.3% untuk transaksi di atas Rp100.000. Contoh: Transaksi Rp200.000, tarif MDR: Rp600
  • Merchant Usaha Kecil (UKE), Usaha Menengah (UME), Usaha Besar (UBE): 0.7% dari total transaksi. Contoh: Transaksi Rp200.000, tarif MDR: Rp1,400
  • Merchant Layanan Pendidikan: 0.6% dari total transaksi. Contoh: Transaksi Rp200.000, tarif MDR: Rp1,200
  • Merchant SPBU, BLU, dan PSO: 0.4% dari total transaksi. Contoh: Transaksi Rp200.000, tarif MDR: Rp800

Sumber: Bank Indonesia

Cari Tambahan Modal Usaha? Pakai JULO!

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Dengan kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh QRIS, tidak heran jika semakin banyak pelaku usaha yang memilih untuk mendaftar dan menggunakan layanan ini.

Bagi usaha mikro yang berizin, QRIS dapat menjadi solusi pembayaran yang mudah, aman, dan efisien. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar QRIS sekarang juga dan nikmati kemudahan dalam menerima pembayaran elektronik di usaha kamu!

Gunakan JULO Kredit Digital untuk tambahan modal usahamu. Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Seluruh kebutuhan buka usaha bisa terselesaikan sekarang, bayarnya belakangan! Proses pembayaran di JULO juga secepat kilat, cocok untuk kebutuhan darurat saat proses pembayaran listrik. Terakhir, bunganya rendah mulai dari 0,1%/hari sehingga pembayaran pun ringan dan transparan. Apalagi sekarang kamu bisa mendapatkan limit yang tinggi bisa sampai Rp50 juta!

JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan AFPI sehingga seluruh produk, fitur, dan prosedur pelaksanaan pada JULO sudah sesuai dengan peraturan lembaga pengawasan keuangan di Indonesia.  Tak hanya itu, JULO juga memiliki ISO/IEC 27001 yang mengatur Sistem Manajemen Keamanan Informasi sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan datamu, JULOvers!Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

Punya usaha jadi lebih mudah dan cepat, siap Hidupkan Hidupmu dengan JULO Kredit Digital! 

Mulai Bisnis Makin Mudah dengan JULO!

Dapatkan modal hingga Rp50 juta dengan cicilan fleksibel s/d 9 bulan!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Rahasia Renovasi Rumah Sesuai Budget Tanpa Boros
Keuangan & Bisnis
pemenang-bonus-cuankita-2024-dua-mingguan