Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Beberapa Cara Menghitung Pajak Usaha yang Perlu Kamu Ketahui 
1. Pahami Jenis Pajak Usaha 
2. Hitung Pendapatan Kotor 
3. Kurangkan Biaya Operasional 
4. Penghitungan Pendapatan Bruto 
5. Perhitungan PPH Badan 
6. Pemeriksaan Kembali dan Konsultasi dengan Profesional Pajak 
Pemahaman tentang Beberapa Jenis Pajak Usaha yang Berlaku di Indonesia 
Cari Tambahan Modal? JULO Solusi Cocok untuk Pengusaha!

Cara Menghitung Pajak Usaha, Cocok untuk Pengusaha Pemula!

Cara Menghitung Pajak Usaha

Pajak usaha seringkali dianggap sebagai beban yang memberatkan bagi banyak pelaku bisnis. Namun, pemahaman yang benar tentang cara menghitung pajak usaha dapat mengubah pandangan ini. Sebagai pengusaha, mengetahui cara penghitungan pajak usaha adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan. 

Dengan memahami secara mendalam, kamu selaku pengusaha memiliki kesempatan untuk mengelola kewajiban pajak dengan lebih efisien, yang pada gilirannya dapat berkontribusi dalam mencegah potensi masalah keuangan di masa mendatang. Dalam konteks ini, pengetahuan yang tepat tentang cara menghitung pajak usaha, termasuk jenis-jenis pajak yang berlaku, menjadi kunci penting. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Jika kamu merupakan seorang pengusaha, mengetahui cara menghitung pajak usaha merupakan aspek penting dalam mengelola bisnis yang sering diabaikan oleh para pengusaha di luar sana. Seorang pengusaha tidak hanya diharapkan untuk menjalankan operasional harian tetapi juga memiliki pengetahuan yang mendalam tentang perhitungan pajak. 

Keterampilan ini menjadi landasan dalam memastikan keberlanjutan keuangan perusahaan yang kamu punya. Dengan memahami Cara Menghitung Pajak Usaha, kamu sebagai seorang pengusaha dapat mengoptimalkan manfaat perpajakan, meminimalkan risiko pelanggaran peraturan perpajakan dan menghindari konsekuensi hukum yang mungkin timbul akibat ketidakpahaman. 

Baca Juga: Franchise Indomaret - Modal, Syarat, dan Cara Daftar Terbaru 2023

Beberapa Cara Menghitung Pajak Usaha yang Perlu Kamu Ketahui 

Cara Menghitung Pajak Usaha

Menghitung pajak usaha dapat menjadi tugas yang rumit, tapi jika kamu bisa memahami langkah-langkahnya, kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah. Pengusaha harus tahu cari hitung pajak usaha! Berikut adalah beberapa cara untuk menghitung pajak usaha dengan mudah:

1. Pahami Jenis Pajak Usaha 

Sebelum kamu mulai proses perhitungan pajak usaha, sangat penting untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang jenis-jenis pajak yang relevan dengan bisnis yang kamu punya. Pajak usaha biasanya mencakup Pajak Penghasilan Badan (PPH Badan), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). 
Setiap jenis pajak memiliki aturan dan tarif yang berbeda, oleh karena itu, memastikan pengetahuan yang mendalam terkait setiap elemen ini adalah langkah awal yang penting. Mengenali peraturan dan tarif pajak ini menjadi fondasi dalam perencanaan perpajakan yang efektif.

2. Hitung Pendapatan Kotor 

Tentukan dan jumlahkan semua bentuk pendapatan yang diperoleh oleh bisnis yang kamu punya. Hal ini melibatkan pencatatan pendapatan dari penjualan produk atau layanan, bunga dan sumber pendapatan lainnya yang ada. Pemahaman terhadap sumber pendapatan ini sangat penting, karena pendapatan kotor dari seluruh bisnis menjadi dasar utama dalam perhitungan pajak usaha.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

3. Kurangkan Biaya Operasional 

Lakukan perhitungan terhadap seluruh biaya operasional yang bisa diambil sebagai potongan dari pendapatan kotor bisnis kamu. Aspek-aspek ini termasuk biaya produksi, biaya administrasi dan biaya operasional lainnya yang terkait dengan kegiatan bisnis. Pemahaman terhadap setiap biaya ini menjadi suatu hal yang penting, karena memiliki potensi mengurangi pendapatan kotor.

4. Penghitungan Pendapatan Bruto 

Lakukan pengurangan antara jumlah total biaya operasional dengan pendapatan kotor yang kamu peroleh. Dari hasil perhitungan ini, akan muncul pendapatan bruto, sebuah metrik penting yang menjadi dasar untuk proses perhitungan pajak lebih lanjut. Pendapatan bruto mencerminkan jumlah pendapatan bersih yang diperoleh setelah mengurangkan seluruh biaya operasional dari pendapatan kotor.

5. Perhitungan PPH Badan 

Cara Menghitung Pajak Usaha

Hitung juga jumlah Pajak Penghasilan Badan (PPH Badan) yang harus kamu bayarkan dengan cara mengalikan pendapatan bruto bisnis kamu dengan tarif pajak yang berlaku. Penting untuk memperhitungkan dengan teliti tarif pajak yang ditetapkan oleh otoritas perpajakan, karena hal ini memengaruhi besaran PPH Badan yang harus kamu tanggung.

6. Pemeriksaan Kembali dan Konsultasi dengan Profesional Pajak 

Lakukan pemeriksaan kembali terhadap semua perhitungan yang sudah kamu lakukan untuk memastikan keakuratan dan kepatuhan terhadap peraturan pajak yang berlaku. Jika diperlukan, konsultasikan dengan seorang profesional pajak untuk mendapatkan saran dan pemahaman yang lebih mendalam tentang kewajiban pajak bisnis kamu. 

Baca Juga: 6 Peluang Usaha Modal 5 Juta yang Paling Menguntungkan

Pemahaman tentang Beberapa Jenis Pajak Usaha yang Berlaku di Indonesia 

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Di Indonesia, terdapat tiga jenis pajak usaha yang relevan dan wajib dipahami oleh para pengusaha. Berikut adalah penjelasan rinci untuk masing-masing jenis pajak:

  1. PPH Badan adalah pajak yang dikenakan pada keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan. Cara menghitungnya adalah dengan mengurangkan semua biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan pendapatan dari pendapatan kotor.
  2. PPN dikenakan pada penjualan barang atau jasa. Untuk menghitung PPN, perusahaan harus menambahkan presentase tertentu ke harga jual. 
  3. PBB dikenakan pada properti yang dimiliki oleh perusahaan. Besaran PBB bergantung pada nilai properti dan tarif pajak yang berlaku di daerah tersebut. 

Cara menghitung pajak usaha sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Dengan pemahaman yang baik tentang aturan pajak dan penggunaan metode yang tepat, kamu sebagai seorang pengusaha dapat mengelola kewajiban pajak dengan lebih mudah.

Cari Tambahan Modal? JULO Solusi Cocok untuk Pengusaha!

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Bantuan tambahan dana untuk pengusaha siap hadir untukmu! Baik untuk bayar pajak usaha hingga mengembangkan usaha dengan JULO Kredit Digital! Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Seluruh kebutuhan buka usaha bisa terselesaikan sekarang, bayarnya belakangan! Proses pembayaran di JULO juga secepat kilat, cocok untuk berbagai kebutuhan. Terakhir, bunganya rendah mulai dari 0,1%/hari sehingga pembayaran pun ringan dan transparan. Apalagi sekarang kamu bisa mendapatkan limit yang tinggi bisa sampai Rp50 juta!

JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan AFPI sehingga seluruh produk, fitur, dan prosedur pelaksanaan pada JULO sudah sesuai dengan peraturan lembaga pengawasan keuangan di Indonesia.  Tak hanya itu, JULO juga memiliki ISO/IEC 27001 yang mengatur Sistem Manajemen Keamanan Informasi sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan datamu, JULOvers!Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

Punya usaha jadi lebih mudah dan cepat, siap Hidupkan Hidupmu dengan JULO Kredit Digital! 


 

Buka Usaha Makin Mudah dengan JULO!

Tambahan modal hingga Rp50 juta bisa kamu dapatkan dari JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Cara Pengiriman Anti Telat dan Pelacakan Terkendali dengan Shopee Express
Gaya Hidup
sicepat
27 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza