Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Beli Rumah Impian Kamu, Sekarang!
Pertimbangkan Kebutuhan dan Kemampuan Finansialmu
Bandingkan Suku Bunga dan Biaya KPR
Pelajari Syarat dan Ketentuan KPR
Pilih Bank dengan Reputasi Baik
Pertimbangkan Layanan dan Fasilitas KPR
Harus Cicil Rumah, tapi Masih Perlu Bayar Beragam Biaya Pendidikan?

5 Tips Memilih Bank Penyedia KPR yang Sesuai dengan Keinginanmu

tips memilih bank kpr

Membeli rumah merupakan salah satu pencapaian terbesar dalam hidup. Namun, bagi banyak orang, membeli rumah secara tunai bukanlah pilihan yang realistis. Di sinilah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hadir sebagai solusi untuk membantumu mewujudkan mimpi memiliki rumah.

Namun, dengan banyaknya bank yang menawarkan KPR, memilih bank yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan. Berikut beberapa tips dari JULO Kredit Digital yang bisa membantumu memilih bank penyedia KPR yang ideal:

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Beli Rumah Impian Kamu, Sekarang!

Dengan mengikuti tips berikut ini, kamu akan dapat menemukan bank yang tepat, untuk membantu mewujudkan impian memiliki rumah.

Pertimbangkan Kebutuhan dan Kemampuan Finansialmu

Sebelum memulai pencarian, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan dan kemampuan finansial mu. Berapa besar dana yang kamu perlukan untuk membeli rumah? Berapa lama kamu mampu mencicil KPR? Mengetahui hal ini akan membantumu mempersempit pilihan bank yang sesuai dengan profil keuanganmu.

Nggak perlu khawatir berapa lama kamu bisa mengumpulkan uangnya. Lebih penting kalau memaksakan kehendak untuk KPR, padahal kemampuan finansialmu belum mencukupi.

Cobalah untuk terbuka bersama pasangan, bagi yang sudah berkeluarga, atau meminta pendapat orang lain tentang kebutuhan rumah. Saat ini, banyak orang yang terjebak dengan keinginan, bukan kebutuhan. Tetap sesuai dengan kapasitas kamu, ya!

Bandingkan Suku Bunga dan Biaya KPR

Ini penting banget! Suku bunga dan biaya KPR merupakan faktor kritis yang perlu dipertimbangkan. Selalu bandingkan suku bunga dan biaya dari berbagai bank untuk mendapatkan penawaran terbaik. Perhatikan juga jenis suku bunga yang ditawarkan, apakah fixed (tetap) atau floating (berubah).

Perhatikan juga biaya-biaya lain yang terkait dengan KPR, seperti biaya provisi, biaya administrasi, biaya notaris, dan biaya asuransi. Hitung total biaya KPR untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Banyak orang yang nggak tahu tentang biaya-biaya lainnya ini, sehingga ketika pengukuhan Akta Jual Beli, mereka nggak siap untuk membayar biaya-biaya wajib lainnya. Alhasil, harus mengorbankan aset lainnya, untuk menambal kekurangannya.

Baca juga: Bingung Menghitung Bunga Pinjaman? Begini Caranya!

Pelajari Syarat dan Ketentuan KPR

Setiap bank memiliki syarat dan ketentuan KPR yang berbeda-beda. Pelajari dengan seksama syarat dan ketentuan yang ditawarkan. Jangan sampai, ketika kamu sudah memiliki finansial yang mapan, tapi kamu tidak mengetahui apa-apa tentang syarat dan ketentuan KPR. Bisa-bisa, kamu jadi "dikerjai" sama pihak bank.

Pastikan kamu memahami persyaratan dan ketentuan KPR yang ditawarkan oleh masing-masing bank dan perhatikan poin-poin berikut:

  • Usia minimum dan maksimum peminjam
  • Lama tenor KPR
  • Persyaratan uang muka
  • Skor kredit yang dipersyaratkan
  • Jenis properti yang eligible

Pilih Bank dengan Reputasi Baik

Pilihlah bank dengan reputasi baik dan terpercaya dalam memberikan layanan KPR. Cari tahu ulasan dan testimoni dari nasabah lain untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas layanan bank tersebut. Lakukan riset online dan kamu bisa tanyakan kepada teman atau keluarga yang telah menggunakan KPR dari bank tersebut.

Setiap bank pasti memiliki track record, mulai dari kebijakan, kemudahan transaksi, hingga pelayanan kepada nasabah. Pastikan bank tersebut, memiliki track record yang baik dalam memberikan layanan KPR dan menyelesaikan permasalahan nasabah dengan cepat dan profesional.

Baca juga: Begini Tips Simpel untuk Penuhi Kebutuhan dan Rencana Hidup

Pertimbangkan Layanan dan Fasilitas KPR

Nah terahir, pertimbangkan juga layanan dari bank tersebut. Beberapa bank menawarkan layanan dan fasilitas tambahan yang menarik, seperti asuransi jiwa, asuransi kebakaran, ataupun cashback. Pertimbangkan layanan dan fasilitas yang ditawarkan untuk mendapatkan nilai tambah (value) dari KPR kamu.

Misalnya, pihak bank bisa memberikan pendanaan 70-80% dari harga rumah, jadi kamu hanya perlu menyiapkan down payment (DP) dan uang pelunasan untuk dibayarkan ke pengembang. Cara ini cukup efektif dibanding kamu menabung sendiri sementara harga rumah akan terus naik.

Isi Saldo Digital Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Top up GoPay, OVO, ShopeePay, dan LinkAja hingga Rp50 juta hanya di JULO

Memilih bank penyedia KPR yang tepat merupakan langkah penting dalam mewujudkan mimpi memiliki rumah. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa memilih bank yang ideal dan sesuai dengan kebutuhanmu. Ingatlah, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Tetap lakukan riset dan bandingkan berbagai pilihan sebelum memilih bank yang tepat untuk KPR kamu, ya!

Harus Cicil Rumah, tapi Masih Perlu Bayar Beragam Biaya Pendidikan?

Hanya di JULO solusinya! Bayar SPP online dan berbagai biaya pendidikan lainnya pakai JULO - prosesnya praktis dan cepat, lho! Bayar dana pendidikan sekarang, cicil belakang.

Pahami cara bayar SPP online serta biaya pendidikan lainnya dengan JULO Paylater! Ikuti 3 langkah praktis di bawah ini:

  1. Klik fitur 'Biaya Pendidikan’ pada aplikasi JULO.
  2. Tambahkan detail sekolah tujuan dengan mengisi form nama sekolah, rekening, nama siswa, dan nomor induk siswa.
  3. Masukkan nominal pembayaran dan pilih tenornya. Terakhir, konfirmasi pembayaran biaya pendidikan online dengan PIN dan Tanda Tangan Elektronik.

Nggak perlu khawatir! Tanggal bayarnya pun bisa disesuaikan dengan tanggal gajianmu! Tunggu apa lagi? Langsung bayar SPP online dan biaya pendidikan lainnya dengan JULO Paylater - bayar sekarang, cicil pas gajian!

Kamu Juga Bisa Bayar Listrik Online Lebih Mudah dengan JULO Kredit Digital

 

Bayar listrik online anti ribet dengan JULO Kredit Digital! Bisa pilih bayar tagihan atau isi token listrik, pakai limit kredit sekarang bisa cicil saat gajian.

Artikel Lainnya