Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Pertimbangkan Keamanan
Pilih Motor yang Mudah Dikendarai
Perhatikan Konsumsi Bahan Bakar
Pertimbangkan Desain dan Kenyamanan
Periksa Ketersediaan Suku Cadang dan Layanan Purna Jual
Lakukan Test Drive Sebelum Membeli

Tips Memilih Motor yang Cocok untuk Anak Sekolah

Memilih motor yang cocok untuk anak sekolah merupakan keputusan penting yang memerlukan pertimbangan matang. Selain aspek kenyamanan dan keamanan, ada beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan agar motor yang dipilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan anak.

Agar kamu dapat memilih jenis motor yang tepat untuk anakmu, yuk simak terlebih dahulu berbagai tips untuk memilih motor yang tepat bagi anak sekolah, sehingga dapat mendukung aktivitas harian mereka dengan aman dan nyaman.

Pertimbangkan Keamanan

Keamanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan saat memilih motor untuk anak sekolah. Pastikan motor dilengkapi dengan fitur keselamatan yang memadai, seperti rem cakram, sistem pengereman anti-lock (ABS), dan lampu depan yang terang.

Rem cakram dan ABS sangat penting untuk memastikan motor bisa berhenti dengan cepat dan aman, terutama saat kondisi jalan licin atau mendadak berhenti. Selain itu, lampu depan yang terang akan membantu anak melihat lebih jelas di malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk.

Selain fitur keselamatan pada motor, anak juga harus dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan yang memadai. Pastikan anak selalu mengenakan helm yang sesuai standar SNI (Standar Nasional Indonesia) setiap kali berkendara.

Helm yang baik harus memiliki bantalan yang nyaman, tali pengikat yang kuat, dan visibilitas yang baik. Selain helm, anak juga sebaiknya menggunakan jaket pelindung, sarung tangan, dan sepatu yang menutupi pergelangan kaki untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Cocok untuk kamu yang berusia 21 tahun ke atas dan punya penghasilan min. Rp2,5 juta. Bunga ringan, tenor panjang!

Pilih Motor yang Mudah Dikendarai

Motor yang terlalu besar atau berat bisa sulit dikendalikan oleh anak sekolah. Pilih motor dengan ukuran dan berat yang sesuai dengan postur tubuh anak. Motor dengan berat yang ringan lebih mudah dikendalikan dan lebih aman untuk pemula.

Sebelum membeli, coba ajak anak untuk mencoba motor tersebut di dealer untuk memastikan mereka merasa nyaman dan mampu mengendalikan motor dengan baik.

Untuk anak sekolah, motor dengan transmisi otomatis atau semi otomatis bisa menjadi pilihan yang tepat. Transmisi otomatis memudahkan anak dalam berkendara tanpa perlu repot mengganti gigi secara manual, sehingga mereka bisa lebih fokus pada jalan.

Selain itu, pilih motor dengan tenaga mesin yang sesuai, tidak terlalu besar sehingga kecepatan motornya dapat dikendalikan dengan mudah. Motor dengan mesin berkapasitas 110-150 cc sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari anak sekolah, karena tidak terlalu bertenaga namun tetap cukup responsif.

Perhatikan Konsumsi Bahan Bakar

Motor dengan efisiensi bahan bakar yang baik akan lebih hemat dan mengurangi biaya operasional harian. Pilih motor yang memiliki rating konsumsi bahan bakar yang rendah, sehingga anak tidak perlu sering mengisi bahan bakar.

Efisiensi bahan bakar juga berarti motor lebih ramah lingkungan, yang merupakan nilai tambah bagi kesadaran anak akan pentingnya menjaga lingkungan. Periksa kapasitas tangki bahan bakar motor yang akan dibeli. Kapasitas tangki yang cukup besar akan memudahkan anak dalam berkendara tanpa perlu sering berhenti untuk mengisi bahan bakar.

Namun, pastikan kapasitas tangki masih dalam batas yang wajar dan tidak menambah berat motor secara berlebihan. Motor dengan kapasitas tangki 4-6 liter sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari anak sekolah.

Pertimbangkan Desain dan Kenyamanan

Desain motor yang ergonomis sangat penting untuk kenyamanan anak saat berkendara. Pastikan posisi jok, setang, dan pijakan kaki sesuai dengan postur tubuh anak, sehingga mereka dapat duduk dengan nyaman dan mengendalikan motor dengan mudah.

Desain ergonomis juga membantu mengurangi rasa lelah saat berkendara jarak jauh atau dalam waktu yang lama. Beberapa fitur tambahan bisa meningkatkan kenyamanan dan kemudahan anak saat berkendara.

Fitur seperti bagasi yang luas, soket pengisian daya untuk gadget, dan kunci otomatis bisa menjadi nilai tambah. Bagasi yang luas memungkinkan anak membawa sejumlah perlengkapan yang diperlukan seperti sepatu, jas hujan, maupun perlengkapan motor lainnya dengan mudah.

Sementara itu, soket pengisian daya membantu anak menjaga baterai gadget mereka tetap penuh, terutama jika mereka sering menggunakan gadget untuk komunikasi atau alat navigasi untuk memberikan rute perjalanan.

Periksa Ketersediaan Suku Cadang dan Layanan Purna Jual

Pilih motor dari merek yang memiliki jaringan suku cadang yang luas dan mudah ditemukan. Motor dari merek yang terkenal biasanya memiliki suku cadang yang tersedia di banyak bengkel, sehingga memudahkan dalam perawatan dan perbaikan.

Ketersediaan suku cadang yang mudah juga berarti waktu perbaikan lebih singkat dan biaya perawatan yang lebih terjangkau. Layanan purna jual yang baik adalah faktor penting lainnya dalam memilih motor. Pastikan dealer motor menyediakan layanan purna jual seperti garansi, servis berkala, dan layanan pelanggan yang responsif.

Layanan purna jual yang baik memastikan bahwa motor anak tetap dalam kondisi prima dan aman untuk digunakan. Jangan ragu untuk menanyakan detail layanan purna jual kepada dealer sebelum membeli motor.

Lakukan Test Drive Sebelum Membeli

Sebelum memutuskan untuk membeli, ajak anak Anda untuk mencoba motor yang dipilih. Biarkan mereka mengendarai motor tersebut di area dealer untuk memastikan bahwa mereka merasa nyaman dan mampu mengendalikan motor dengan baik. Uji coba ini penting untuk memastikan bahwa motor benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anak.

Tanyakan apa yang anakmu rasakan saat berkendara, apakah motor terasa nyaman, mudah dikendalikan, dan aman. Tanggapan anak sangat penting karena merekalah yang akan menggunakan motor tersebut sehari-hari. Dengan mendengarkan masukan anak, Anda bisa memastikan bahwa motor yang dipilih benar-benar cocok dan memenuhi harapan mereka.

Memilih motor yang cocok untuk anak sekolah memerlukan perhatian terhadap berbagai faktor, mulai dari keamanan, kenyamanan, efisiensi bahan bakar, hingga layanan purna jual. Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, Anda dapat memilih motor yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan anak, tetapi juga mendukung aktivitas harian mereka dengan aman dan nyaman.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Persiapkan Kebutuhan Pendidikan dan Wujudkan Cita-Citamu

Manfaatkan transaksi untuk penuhi kebutuhan pendidikan yang aman, mudah, dan praktis dengan platform fintech JULO!

Artikel Lainnya