Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Deretan Penyebab Baterai HP Cepat Habis
1. Ada Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang
2. WiFi dan GPS Masih Menyala
3. Layar Terlalu Terang
4. Sinyal yang Sulit Didapat
5. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi
6.  Google Maps Selalu Aktif
7. Baterai Ponsel yang Sudah Usang atau Rusak
Tips Agar HP Hemat Baterai
Butuh Ganti HP Agar Lebih Produktif? Cicil dengan JULO Kredit Digital!

7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis, Kenali Alasannya!

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Ponsel merupakan salah satu hal yang penting saat ini. Kehadirannya dapat mempermudah segala urusan dan juga memudahkan interaksi. Tak hanya itu, dengan berkembangnya dunia kerja saat ini, aktivitas kerja pun banyak dilakukan dengan menggunakan ponsel. Namun bayak orang mengeluh tentang Penyebab Baterai HP Cepat Habis.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dikarenakan Tingginya penggunaan ponsel sehingga pada akhirnya mengakibatkan konsumsi baterai yang berlebihan dapat mengakibatkan HP kembung, Mati Sendiri. Tapi jangan khawatir Kami akan mengulas tentang Penyebab Baterai HP Cepat Habis di bawah ini.

Deretan Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Baterai ponsel yang cepat habis tentu sangat mengganggu, karena baterai harus sering diisi. Apalagi jika kalian mempunyai mobilitas yang tinggi, hal ini akan sangat merepotkan. Berikut ini penyebab baterai HP cepat habis.

1. Ada Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Salah satu penyebab baterai ponsel cepat terkuras adalah adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini berlaku bagi kamu yang lupa menutup aplikasi yang sedang dibuka lalu tanpa disadari aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang.

Misalnya kamu sedang asyik berselancar di media sosial, lalu ada yang mengirimi kamu pesan. Saat muncul notifikasi pesan, kamu langsung menekannya hingga muncul layar lalu beralih ke aplikasi chat. Daftar history media sosial yang kamu buka tanpa disadari masih berjalan di layar belakang, dan inilah yang membuat baterai ponsel kamu boros.

kamu bisa mengeceknya di bagian pengaturan, dengan begitu kamu akan melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan daya baterai. Setelah diperiksa, kamu dapat mengatur aplikasi agar dinonaktifkan dari latar belakang jika tidak diperlukan lagi. Bagi kamu yang suka bermain game, sebaiknya lebih pilih-pilih dalam mendownload sejumlah game di ponsel kamu.

2. WiFi dan GPS Masih Menyala

Selain aplikasi yang berjalan di background, salah satu penyebab baterai lemah adalah Wifi dan GPS yang masih menyala. Terkadang ketika kamu membuka aplikasi Maps berarti kamu secara otomatis mengaktifkan fitur GPS. Setelah selesai menggunakan lupa mematikannya. Hal inilah yang bisa lebih menguras baterai ponsel kamu.

Pemindai Wifi yang tidak dimatikan juga dapat menghabiskan daya ponsel lebih banyak. Memang ketika kamu terhubung ke Wifi akan lebih menghemat biaya kuota, namun sinyal Wifi yang hanya berputar-putar akan membuat daya baterai pada ponsel kamu terbuang sia-sia.

Isi Pulsa dan Data Pakai JULO!

3. Layar Terlalu Terang

Penyebab ini biasanya terjadi pada ponsel yang digunakan oleh orang tua. Karena mata yang lebih tua biasanya lebih mudah membaca atau menonton video di layar yang sangat terang. Layar yang terlalu terang menyebabkan daya ponsel cepat melemah.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan kecerahan layar normal saja. Selain itu gunakanlah wallpaper dengan warna netral dan hindari penggunaan wallpaper bergerak. Selain itu, segera matikan ponsel kamu jika sudah tidak digunakan lagi.

4. Sinyal yang Sulit Didapat

Terakhir, salah satu penyebab kenapa daya HP kamu cepat habis adalah karena sinyalnya yang sulit didapat. Karena ponsel kamu bekerja keras untuk dapat terhubung ke sinyal. Jika bertahan lama, baterai ponsel cepat terkuras meski tidak digunakan sama sekali.

5. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Layar yang terlalu terang dan lama menyala akan menguras baterai HP. kamu bisa mengatasi ini dengan menurunkan kecerahan layar atau mengaktifkan fitur kecerahan otomatis.

6.  Google Maps Selalu Aktif

Google Maps adalah aplikasi yang sangat berguna untuk mengetahui lokasi dan arah. Namun, aplikasi ini juga menggunakan GPS yang membutuhkan daya baterai yang besar. kamu bisa mengatasi ini dengan mematikan fitur lokasi saat tidak menggunakan Google Maps.

7. Baterai Ponsel yang Sudah Usang atau Rusak

Baterai ponsel memiliki masa pakai tertentu, dan akan mengalami penurunan kualitas seiring waktu. Baterai ponsel yang sudah usang atau rusak akan mudah panas, bengkak, atau cepat habis. kamu bisa mengatasi ini dengan mengganti baterai ponsel dengan yang baru.

Isi Pulsa dan Data Pakai JULO!

Tips Agar HP Hemat Baterai

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa daya HP cepat habis, selanjutnya kita akan membahas tips agar baterai HP cepat awet. Baca selengkapnya di bawah ini.

  •  Atur layar ponsel kamu agar redup lebih cepat
  • Aktifkan mode penghemat baterai atau hemat daya
  • Perhatikan aplikasi yang berjalan
  • Download aplikasi battery saving
  • Matikan fitur ‘lokasi

Meningkatkan umur baterai dan menghindari baterai yang cepat habis memerlukan perhatian terhadap penggunaan ponsel kamu dan pengaturan yang bijak. Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat memaksimalkan masa pakai baterai dan mengurangi frustrasi akibat baterai yang cepat habis. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi panduan untuk kamu dalam menghemat baterai.

Butuh Ganti HP Agar Lebih Produktif? Cicil dengan JULO Kredit Digital!

Setelah mengetahu penyebab baterai HP cepat habis, apakah kamu sudah menemukan alasan HP kamu sering mengalami lowbatt? Kalau ternyata kamu perlu untuk mengganti HP agar kegiatan dan pekerjaan lebih produktif, gunakan fitur Paylater dari JULO yuk! Bisa dicicil hingga 9 bulan!

Butuh kredit hp tanpa kartu kredit? Tenang, beli gadget makin mudah dengan JULO! Cara kredit HP dengan JULO Paylater:

  1. Buka e-commerce favoritmu, cari HP impianmu, lalu checkout
  2. Buka app JULO, klik menu “E-commerce”, lalu pilih e-commerce tempat kamu checkout Tablet 
  3. Tambah Virtual Account dengan klik “Pilih Bank”, lalu masukkan nomor Virtual Account yang kamu gunakan saat checkout
  4. Masukkan nominal dan tenor, lalu konfirmasi pembayaran dengan PIN dan tanda tangan

JULO sendiri sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan AFPI sehingga seluruh produk, fitur, dan prosedur pelaksanaan pada JULO sudah sesuai dengan peraturan lembaga pengawasan keuangan di Indonesia. 

Untuk keamanan data, JULO telah memiliki ISO/IEC 27001 yang mengatur Sistem Manajemen Keamanan Informasi terjamin  aman! Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

Hidupkan Hidupmu dengan JULO Kredit Digital! 

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Cara Pengiriman Anti Telat dan Pelacakan Terkendali dengan Shopee Express
Gaya Hidup
sicepat
27 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza