Oleh Yudhistira
|
1 April 2019
Pinjaman online tanpa agunan sering sekali ditemukan di media sosial dan tentunya menjadi jawaban untuk nasabah yang sedang mencari dana tambahan. Akan sangat penting bagi JULOvers untuk mencari pinjaman online atau kredit digital yang legal serta berlisensi OJK - seperti JULO Kredit Digital - untuk menjamin keamanan serta menghindari pengenaan bunga yang mencekik dan tidak transparan.
Di tengah mudahnya pengajuan pinjaman online yang sering sekali hanya bermodalkan KTP dan Slip Gaji, tidak jarang juga orang-orang mengalami penolakan pengajuan pinjaman online. Pengajuan pinjaman yang ditolak seperti ini juga sering sekali menimbulkan rasa bingung oleh nasabah, karena tidak mengetahui penyebab penolakan tersebut.
Alasan Pengajuan Pinjaman Online Ditolak
Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab mengapa pengajuan pinjaman online kamu ditolak. Yuk, simak penyebabnya di bawah ini:
1. Syarat Dokumen untuk Pinjaman Online yang Diminta Kurang Lengkap atau Kurang Jelas
Meskipun pengajuan pinjaman online terbilang lebih mudah, bukan berarti kamu dapat menganggap remeh proses pengajuannya. Dokumen yang kamu sediakan sangat menentukan dalam memutuskan kelayakan untuk menerima kredit atau pinjaman. Permasalahan yang sering terjadi adalah nasabah tidak melampirkan dokumen yang disyaratkan dengan lengkap atau kualitas dokumen yang diunggah kurang jelas. Jika hal ini terjadi, besar kemungkinan bahwa pengajuan JULOvers akan diproses lebih lama atau bahkan ditolak.
2. Jumlah Pinjaman Online Melebihi Limit Maksimal
Selain dokumen, hal yang sering terjadi juga adalah pengaju mengajukan pinjaman lebih besar dari limit kredit yang ditetapkan oleh perusahaan pinjaman online.
Misalnya, pada aplikasi disebutkan limit pinjaman kamu adalah Rp 5 juta, namun ketika pengajuan kamu mengajukan pinjaman Rp 6 juta. Dikarenakan, nominal pinjaman yang diajukan lebih besar dari kredit limit maka besar kemungkinan pengajuan akan ditolak. Oleh karena itu, cobalah untuk mengajukan pinjaman online kurang dari limit atau maksimal sesuai dengan limit yang diberikan. Dengan terus membayar tepat waktu, besar kemungkinan limit kredit atau pinjaman kamu akan dinaikan secara perlahan.
Baca juga: Bingung Menghitung Bunga Pinjaman? Begini Caranya!
3. Kamu Tidak Dapat Dihubungi
Dalam proses verifikasi pengajuan pinjaman online, nasabah diminta untuk memasukkan email atau nomor HP yang dapat dihubungi. Tujuannya adalah agar perusahaan pinjaman online dapat melakukan verifikasi pengajuan pinjaman online dan data yang dimasukkan merupakan data asli.
Apabila kamu atau nomor kontak tidak dapat dihubungi, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman kamu akan ditolak untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan orang lain.
4. Nama Peminjam dan Nama Rekening Penerima Pinjaman Online Berbeda
Perbedaan nama seperti ini juga sering sekali terjadi, dimana nama peminjam dan nama rekening penerima pinjaman yang dimasukkan ke dalam aplikasi berbeda. Terkadang kesalahan yang sering dilakukan nasabah adalah memasukkan nama kerabat atau menyingkat nama dan tidak sesuai dengan KTP.
Apabila terdapat perbedaan data nama antara rekening dan KTP, besar kemungkinan pengajuan pinjaman online akan ditolak untuk menghindari adanya penipuan. Oleh karena itu, sebaiknya periksa kembali dan gunakan data asli kamu ketika mengajukan pinjaman online untuk menghindari penolakan pengajuan.
Baca Juga: JULO Raih Sertifikasi ISO 27001 Full Scope, Bukti Nyata Keamanan Data Nasabah
5. Wilayah Tempat Tinggal di Luar Wilayah Layanan
Tidak semua perusahaan pinjaman online melayani seluruh area di Indonesia dan terkadang hanya melayani beberapa area saja. Apabila kamu tinggal di daerah yang bukan merupakan area layanan pinjaman online, maka sangat besar kemungkinan kamu untuk ditolak. Maka cobalah untuk mengajukan pinjaman online yang mencakup wilayah domisili kamu.
Tentunya jika kamu memilih JULO Kredit Digital, kamu tidak perlu pusing karena JULO dapat melayani pengajuan dari seluruh 34 provinsi di Indonesia. JULOvers hanya perlu melampirkan foto KTP serta selfie dengan KTP ketika pengajuan, untuk memastikan bahwa kamu berdomisili di Indonesia.
Itulah beberapa alasan yang kemungkinan menyebabkan pengajuan pinjaman online kamu ditolak. Jika kamu mencari penyedia layanan kredit digital yang praktis kala menunggu pengajuan yang tidak kunjung diterima, JULOvers dapat mencoba mengajukan limit kredit sampai dengan 15 juta di JULO Kredit Digital. Dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya, JULOvers dapat menikmati kemudahan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan dan tanggal pembayaran yang dapat disesuaikan dengan tanggal gajian. Praktis banget kan, JULOvers?
Ditambah lagi, kamu juga bisa merasakan kemudahan beragam fitur kredit digital dalam satu aplikasi JULO - seperti:
- Tarik Dana
- Bayar Kartu Pascabayar
- Kirim Dana
- Bayar BPJS
- Bayar Tagihan Listrik
- Isi Dompet Digital
- Bayar Pulsa
- Bayar e-commerce
Tunggu apalagi? Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!