Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Mahasiswa Teknik Informatika
Mahasiswa Desain Grafis
Mahasiswa Jurnalistik
Mahasiswa Bisnis, Manajemen, dan Humaniora
Mahasiswa Seni dan Musik

Mengulik Rekomendasi Spesifikasi HP untuk Mahasiswa Sesuai dengan Jurusan Kuliahnya

Memilih HP yang tepat untuk mahasiswa bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama karena kebutuhan setiap jurusan berbeda. Beberapa mahasiswa mungkin membutuhkan HP dengan spesifikasi tinggi untuk menunjang aktivitas kuliah, sementara yang lain mungkin memerlukan HP dengan daya tahan baterai yang kuat untuk penggunaan seharian.

Berikut ulasan rekomendasi spesifikasi HP yang sesuai dengan masing-masing jurusan kuliah, sehingga dapat membantumu dalam memilih perangkat yang paling cocok untuk kebutuhan akademik selama proses perkuliahan.

Mahasiswa Teknik Informatika

Mahasiswa Teknik Informatika membutuhkan HP dengan spesifikasi tinggi untuk menjalankan aplikasi pengembangan, coding, simulasi, bahkan multitasking. Prosesor yang cepat dan RAM yang besar menjadi kebutuhan utama.

Rekomendasi prosesor minimal adalah Snapdragon 888 atau Apple A14 Bionic, dengan RAM minimal 8GB. Spesifikasi ini akan memastikan HP dapat menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan tanpa lag.

Penyimpanan internal yang besar juga penting. HP untuk mahasiswa Teknik Informatika minimal memiliki ruang penyimpanan sebesar 128GB, agar mahasiswa dapat menyimpan berbagai file proyek dan aplikasi tanpa khawatir kekurangan ruang penyimpanan.

Ukuran layar yang besar dengan resolusi tinggi (minimal Full HD+) akan sangat membantu dalam aktivitas coding dan melakukan multitasking. Layar AMOLED atau Super Retina XDR bisa menjadi pilihan yang baik karena menawarkan kualitas visual yang tajam dan nyaman untuk mata.

Checkout Keranjang E-Commerce Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Beli gadget sampai furnitur bisa dicicil hingga 9 bulan. Pas untuk kamu yang berusia 21 tahun dan penghasilan min. Rp2,5 juta!

Mahasiswa Desain Grafis

Mahasiswa Desain Grafis memerlukan HP dengan layar berkualitas tinggi dan dukungan stylus untuk membuat desain dan ilustrasi. Resolusi layar minimal harus Quad HD dengan teknologi AMOLED atau OLED untuk akurasi warna yang tinggi. Dukungan stylus pen pada HP juga akan sangat membantu dalam membuat sketsa dan desain detail.

Selain itu, HP tersebut harus dilengkapi dengan prosesor yang kuat seperti Snapdragon 865 atau Apple A13 Bionic, dan RAM minimal 6GB untuk memastikan aplikasi desain seperti Adobe Illustrator atau Photoshop dapat berjalan dengan lancar. Penyimpanan internal minimal 128GB juga penting untuk menyimpan berbagai file desain berukuran besar.

Mahasiswa Jurnalistik

Mahasiswa Jurnalistik memerlukan HP dengan kamera yang memiliki fitur mumpuni untuk mengambil foto dan video, serta fitur pengeditan media. Kamera belakang minimal 12MP dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan kamera depan minimal 8MP untuk kualitas gambar yang tajam dan stabil. 

Penyimpanan minimal 128GB diperlukan untuk menyimpan berbagai file media. Selain itu, daya tahan baterai yang kuat sangat penting untuk mendukung aktivitas seharian di lapangan. Kapasitas baterai minimal 4.000 mAh dengan fitur fast charging akan memastikan HP dapat bertahan seharian tanpa perlu sering diisi ulang.

Mahasiswa Bisnis, Manajemen, dan Humaniora

Mahasiswa Bisnis, Manajemen, dan Humaniora membutuhkan HP dengan dukungan aplikasi produktivitas yang kuat seperti pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi. Prosesor yang efisien seperti Snapdragon 765G atau Apple A12 Bionic dan RAM minimal 6GB sudah cukup untuk kebutuhan ini. Selain itu, fitur keamanan seperti sidik jari atau pengenalan wajah penting untuk melindungi data sensitif.

Layar berukuran 6 hingga 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ cukup ideal untuk multitasking dan membaca dokumen. Daya tahan baterai juga penting, minimal 4000mAh dengan fitur fast charging agar HP bisa digunakan sepanjang hari untuk berbagai aktivitas bisnis dan manajemen.

Mahasiswa Seni dan Musik

Mahasiswa Seni dan Musik membutuhkan HP dengan kualitas audio yang baik dan dukungan aplikasi kreatif. HP dengan speaker stereo dan dukungan Hi-Res Audio sangat cocok untuk jurusan ini. Selain itu, dukungan aplikasi seperti GarageBand atau FL Studio Mobile akan sangat membantu dalam produksi musik.

Penyimpanan internal minimal 128GB penting untuk menyimpan berbagai file musik dan seni. Prosesor yang efisien seperti Snapdragon 845 atau Apple A12 Bionic dan RAM minimal 4GB cukup untuk menjalankan aplikasi musik dan seni tanpa masalah.

Memilih HP yang tepat untuk mahasiswa berdasarkan jurusannya memerlukan pertimbangan terhadap berbagai faktor seperti spesifikasi, fitur, dan kebutuhan khusus dari setiap jurusan. Dengan beberapa rekomendasi spesifikasi HP tersebut, maka kamu sebagai mahasiswa dapat menemukan perangkat yang paling cocok untuk mendukung aktivitas akademik selama proses perkuliahan.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Penuhi Kebutuhan Pendidikan dan Raih Prestasimu

Manfaatkan transaksi belanja gadget untuk penuhi kebutuhan pendidikan yang aman, mudah, dan praktis dengan layanan Pay Later bersama JULO!

Artikel Lainnya