Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Persiapan Administratif
Izin dan Persetujuan
Persiapan Fisik dan Mental
Persiapan Teknis dan Perlengkapan
Persiapan Manajemen Waktu

Memasuki Fase Akhir Kuliah, Apa Saja yang Perlu Disiapkan Sebelum PKL? Ini Dia Kebutuhan yang Harus Dipenuhi

Masa kuliah adalah periode yang penuh dengan tantangan dan peluang. Salah satu momen paling krusial dalam perjalanan akademik mahasiswa adalah ketika mereka harus mempersiapkan diri untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL).

PKL tidak hanya menjadi ajang untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari, tetapi juga sebagai pintu gerbang menuju dunia kerja sesungguhnya. Untuk memastikan pengalaman PKL berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Berikut adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum memulai PKL.

Persiapan Administratif

Sebelum memulai PKL, pastikan semua dokumen administratif telah disiapkan dengan lengkap. Dokumen-dokumen ini termasuk surat pengantar dari kampus, surat keterangan sehat, serta CV dan portofolio yang up-to-date.

Surat pengantar dari kampus berfungsi sebagai bukti bahwa kamu resmi terdaftar sebagai mahasiswa yang sedang menjalani PKL, sementara surat keterangan sehat memastikan bahwa kamu dalam kondisi fisik yang baik untuk bekerja. Jangan lupa untuk memperbarui CV dan portofolio agar sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman terbaru kamu.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Cocok untuk kamu yang berusia 21 tahun ke atas dan punya penghasilan min. Rp2,5 juta. Bunga ringan, tenor panjang!

Izin dan Persetujuan

Selanjutnya, pastikan kamu telah mendapatkan izin dan persetujuan dari pihak terkait. Ini termasuk persetujuan dari dosen pembimbing, pihak fakultas, serta perusahaan atau institusi tempat kamu akan melaksanakan PKL.

Komunikasikan jadwal dan rencana PKL kamu dengan jelas kepada semua pihak agar tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu, pastikan kamu memahami peraturan dan ketentuan yang berlaku di tempat PKL, termasuk kebijakan tentang jam kerja, tugas dan tanggung jawab, serta prosedur pelaporan.

Persiapan Fisik dan Mental

Kesehatan adalah faktor utama yang harus diperhatikan sebelum memulai PKL. Pastikan kamu dalam kondisi fisik yang prima dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan cukup istirahat.

Kesehatan mental juga tidak kalah pentingnya. Karenanya, komunikasi yang efektif adalah kunci sukses dalam dunia kerja. Sebelum memulai PKL, asah keterampilan komunikasi kamu, baik lisan maupun tulisan.

Pelajari cara berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan, serta bagaimana menyampaikan ide atau laporan dengan jelas dan tepat. Mengikuti seminar atau workshop tentang keterampilan komunikasi bisa menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kemampuan ini.

Persiapan Teknis dan Perlengkapan

PKL adalah kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah kamu peroleh selama kuliah. Oleh karena itu, pastikan kamu menguasai dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan teknis yang relevan dengan bidang studi kamu.

Jika diperlukan, luangkan waktu untuk mempelajari materi tambahan atau mengikuti kursus online untuk meningkatkan kompetensi kamu. Pengetahuan teknis yang solid akan membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas PKL dengan lebih efektif.

Pastikan kamu memiliki alat dan perlengkapan kerja yang diperlukan selama PKL. Ini bisa berupa laptop, software khusus, atau alat tulis yang lengkap. Persiapkan juga pakaian yang sesuai dengan dress code di tempat PKL. Penampilan yang rapi dan profesional dapat memberikan kesan positif dan meningkatkan rasa percaya diri kamu.

Persiapan Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah keterampilan penting yang harus dikuasai sebelum memulai PKL. Buatlah jadwal harian yang teratur untuk memastikan semua tugas dapat diselesaikan tepat waktu.

Atur prioritas berdasarkan urgensi dan pentingnya tugas-tugas tersebut. Dengan jadwal yang baik, kamu dapat menghindari kebiasaan menunda-nunda dan meningkatkan produktivitas kerja.

Selain manajemen waktu, keterampilan manajemen proyek juga sangat penting. Pelajari cara merencanakan, mengorganisasi, dan mengawasi proyek-proyek yang kamu kerjakan. Gunakan juga alat bantu manajemen seperti aplikasi manajemen tugas untuk memonitor perkembangan pekerjaan kamu.

Persiapan yang matang sebelum memulai PKL akan menentukan sukses atau tidaknya pengalaman kamu. Dengan mempersiapkan diri secara administratif, fisik, mental, teknis, waktu, juga persiapan perlengkapan PKL, kamu akan lebih siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan kesempatan yang ada.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

 

Persiapkan Kebutuhan Pendidikan dan Wujudkan Cita-Citamu

Manfaatkan transaksi kebutuhan pendidikan yang aman, mudah, dan praktis dengan platform fintech JULO!

Artikel Lainnya