Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
1. Kedokteran
2. Arsitektur
3. Teknologi Informatika
4. Teknik Sipil
5. Teknik Kimia
6. Teknik Perminyakan
7. Teknik Pangan
8. Teknik Lingkungan
9. Teknik Elektro
10. Matematika dan IPA
11. Desain Komunikasi Visual (DKV)
Raih Impianmu tanpa Halangan Biaya Pendidikan Bersama JULO

11 Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA Tinggi Peluang Karir

Jurusan Kuliah IPA

Memilih jurusan kuliah adalah salah satu keputusan paling penting yang akan mempengaruhi masa depan karirmu. Bagi siswa jurusan IPA, banyak pilihan jurusan kuliah yang menawarkan peluang karir tinggi dan masa depan yang cerah. Jurusan-jurusan ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan, tetapi juga membuka berbagai kesempatan karir di berbagai industri.
Artikel dari JULO ini akan membahas 11 rekomendasi jurusan kuliah IPA yang memiliki prospek karir yang menjanjikan. Dari bidang kedokteran hingga desain komunikasi visual, mari kita jelajahi jurusan-jurusan yang bisa menjadi langkah awal menuju kesuksesanmu.

1. Kedokteran

Jurusan Kedokteran selalu menjadi salah satu pilihan utama bagi banyak siswa IPA. Dengan gelar dokter, kamu memiliki peluang besar untuk bekerja di berbagai tempat seperti rumah sakit, klinik, pusat kesehatan, atau bahkan membuka praktek sendiri. Bidang kedokteran menawarkan banyak spesialisasi yang bisa kamu pilih, seperti bedah, pediatri, kardiologi, neurologi, dan banyak lagi. Setiap spesialisasi memiliki prospek karir yang baik dan gaji yang kompetitif.

Menjadi dokter bukan hanya soal stabilitas finansial, tetapi juga tentang dedikasi untuk membantu orang lain dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Profesi ini dihormati di seluruh dunia dan memberikan kesempatan untuk terus belajar dan berkembang melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan.

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

  • Rumah Sakit: Sebagai dokter umum atau spesialis, kamu bisa bekerja di rumah sakit, baik negeri maupun swasta.
  • Klinik dan Puskesmas: Banyak dokter yang memilih untuk bekerja di klinik atau puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar.
  • Praktek Pribadi: Membuka praktek pribadi memberikan fleksibilitas dan potensi pendapatan yang baik.
  • Pendidikan dan Penelitian: Kamu bisa menjadi dosen di fakultas kedokteran atau peneliti di lembaga penelitian medis.
  • Organisasi Kesehatan Internasional: Bekerja di organisasi seperti WHO atau NGO yang fokus pada kesehatan global.
  • Industri Farmasi dan Alat Kesehatan: Menjadi konsultan atau peneliti di perusahaan farmasi atau produsen alat kesehatan.

2. Arsitektur

Jurusan Arsitektur menawarkan peluang karir yang menarik bagi mereka yang tertarik dengan desain, konstruksi, dan estetika bangunan. Sebagai seorang arsitek, kamu akan merancang bangunan yang fungsional dan estetis, mulai dari rumah tinggal, gedung perkantoran, hingga bangunan publik. Selain merancang bangunan, arsitek juga terlibat dalam perencanaan tata ruang dan lingkungan.

Arsitektur menggabungkan seni dan ilmu pengetahuan, sehingga memberikan kebebasan berkreasi sambil memastikan bahwa desain yang dibuat aman dan sesuai dengan standar teknis. Dalam studi Arsitektur, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti desain arsitektur, teknik konstruksi, sejarah arsitektur, dan teknologi bangunan.

Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

  • Firma Arsitektur: Kamu bisa bekerja di firma arsitektur, baik sebagai arsitek junior maupun senior, tergantung pengalaman dan keahlian.
  • Perusahaan Konstruksi: Banyak arsitek yang bekerja di perusahaan konstruksi besar, membantu merancang dan mengawasi proyek-proyek besar.
  • Konsultan Desain: Menjadi konsultan desain untuk proyek-proyek spesifik, seperti desain interior, tata ruang kota, atau landscape.
  • Pengembang Properti: Bekerja dengan pengembang properti untuk merancang perumahan, pusat perbelanjaan, atau proyek komersial lainnya.
  • Pemerintah dan BUMN: Menjadi bagian dari tim perencanaan tata ruang dan pembangunan di instansi pemerintah atau badan usaha milik negara.
  • Akademisi dan Peneliti: Mengajar di perguruan tinggi atau melakukan penelitian di bidang arsitektur dan perencanaan kota.

3. Teknologi Informatika

Jurusan Teknologi Informatika (TI) merupakan salah satu jurusan yang paling diminati dan memiliki prospek karir yang cerah di era digital ini. TI mencakup berbagai bidang, seperti pengembangan perangkat lunak, manajemen data, jaringan komputer, dan keamanan siber. Jurusan ini memberikan keterampilan teknis yang sangat dibutuhkan di berbagai industri, dari teknologi hingga keuangan, kesehatan, dan pendidikan.

Di jurusan Teknologi Informatika, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti algoritma dan struktur data, pemrograman, basis data, sistem operasi, jaringan komputer, dan kecerdasan buatan. Keterampilan ini akan mempersiapkan kamu untuk berbagai peran di industri teknologi.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Informatika

  • Software Developer: Mengembangkan aplikasi perangkat lunak untuk berbagai keperluan, mulai dari aplikasi mobile hingga sistem enterprise.
  • Data Scientist: Menganalisis dan menginterpretasikan data besar untuk membantu perusahaan membuat keputusan berbasis data.
  • Cyber Security Expert: Melindungi data dan sistem dari ancaman keamanan, seperti serangan siber dan malware.
  • System Analyst: Merancang dan mengimplementasikan sistem komputer untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
  • Network Engineer: Mengelola dan mengoptimalkan jaringan komputer untuk memastikan konektivitas yang aman dan efisien.
  • IT Consultant: Memberikan saran kepada perusahaan tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi dalam mencapai tujuan bisnis mereka.
  • Web Developer: Membangun dan memelihara situs web, memastikan bahwa situs tersebut fungsional dan user-friendly.

Baca Juga: Perbedaan UKT dan Uang Pangkal yang Wajib Kamu Ketahui!

4. Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh siswa IPA. Jurusan ini berfokus pada perancangan, pembangunan, dan pemeliharaan infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, gedung, dan fasilitas umum lainnya. Teknik Sipil menggabungkan pengetahuan matematika, fisika, dan manajemen proyek untuk menciptakan struktur yang aman, efisien, dan berkelanjutan.

Dalam program studi Teknik Sipil, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti mekanika tanah, hidrolika, struktur beton, teknik transportasi, dan manajemen konstruksi. Pengetahuan ini akan mempersiapkan kamu untuk berkarir di berbagai sektor yang berhubungan dengan infrastruktur dan pembangunan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

  • Perusahaan Konstruksi: Kamu bisa bekerja di perusahaan konstruksi besar, membantu merancang dan mengawasi proyek-proyek pembangunan infrastruktur.
  • Konsultan Teknik: Menjadi konsultan teknik yang memberikan saran dan solusi teknis untuk proyek-proyek konstruksi.
  • Pemerintah dan BUMN: Bekerja di instansi pemerintah atau badan usaha milik negara yang bertanggung jawab atas perencanaan dan pembangunan infrastruktur.
  • Pengembang Properti: Berkarir di perusahaan pengembang properti yang fokus pada pembangunan perumahan, perkantoran, dan fasilitas komersial lainnya.
  • Manajemen Proyek: Mengelola proyek konstruksi dari awal hingga selesai, memastikan bahwa proyek berjalan sesuai rencana dan anggaran.
  • Peneliti dan Akademisi: Mengajar di perguruan tinggi atau melakukan penelitian di bidang teknik sipil dan pembangunan berkelanjutan.
  • Quality Control: Mengawasi dan memastikan kualitas material dan konstruksi sesuai dengan standar yang ditetapkan.

5. Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia menawarkan peluang karir yang luas di berbagai industri, mulai dari minyak dan gas, makanan dan minuman, hingga farmasi dan manufaktur. Teknik Kimia menggabungkan prinsip-prinsip kimia, fisika, biologi, dan matematika untuk mengembangkan proses produksi dan pengolahan bahan. Kamu akan belajar bagaimana merancang, mengoperasikan, dan mengoptimalkan proses industri yang menghasilkan produk sehari-hari.

Dalam program studi Teknik Kimia, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti termodinamika, kinetika reaksi, teknik reaksi kimia, perpindahan massa dan panas, dan pengendalian proses. Pengetahuan ini akan mempersiapkan kamu untuk berkarir di berbagai sektor industri yang menggunakan teknologi kimia.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

  • Industri Minyak dan Gas: Bekerja di perusahaan minyak dan gas, baik di sektor hulu (eksplorasi dan produksi) maupun hilir (pengolahan dan distribusi).
  • Industri Kimia: Berkarir di perusahaan yang memproduksi bahan kimia, plastik, dan polimer.
  • Industri Farmasi: Mengembangkan dan memproduksi obat-obatan serta memastikan proses produksinya efisien dan aman.
  • Industri Makanan dan Minuman: Merancang dan mengoptimalkan proses produksi makanan dan minuman untuk memastikan kualitas dan keamanan produk.
  • Industri Manufaktur: Bekerja di berbagai sektor manufaktur yang memerlukan pengolahan bahan dan pengembangan produk.
  • Konsultan Teknik: Menjadi konsultan yang memberikan solusi teknis untuk proses produksi dan pengolahan di berbagai industri.
  • Peneliti dan Akademisi: Mengajar di perguruan tinggi atau melakukan penelitian di bidang teknik kimia dan inovasi teknologi.

6. Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan adalah salah satu bidang studi yang berfokus pada eksplorasi, produksi, dan pengolahan minyak dan gas bumi. Jurusan ini mempersiapkan kamu untuk berkarir di industri energi, yang merupakan salah satu sektor dengan gaji tertinggi. Kamu akan mempelajari teknik-teknik untuk menemukan dan mengekstraksi sumber daya alam ini secara efisien dan aman.

Di program studi Teknik Perminyakan, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti geologi minyak bumi, teknik reservoir, pengeboran, produksi minyak dan gas, dan manajemen energi. Pengetahuan ini sangat penting untuk mengelola sumber daya energi yang terbatas dan berharga.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan

  • Perusahaan Minyak dan Gas: Bekerja di perusahaan-perusahaan besar seperti Pertamina, Chevron, ExxonMobil, dan Shell, baik di sektor hulu (eksplorasi dan produksi) maupun hilir (pengolahan dan distribusi).
  • Jasa Servis Migas: Bekerja di perusahaan yang menyediakan jasa pengeboran, logging, dan layanan teknis lainnya untuk industri minyak dan gas.
  • Konsultan Energi: Menjadi konsultan yang memberikan saran teknis dan strategis untuk proyek-proyek energi.
  • Peneliti dan Pengembangan: Berkarir di pusat penelitian atau laboratorium yang berfokus pada teknologi baru untuk eksplorasi dan produksi minyak dan gas.
  • Pemerintah dan Regulasi: Bekerja di instansi pemerintah yang mengatur dan mengawasi eksplorasi dan produksi minyak dan gas.
  • Pendidikan dan Pelatihan: Mengajar di perguruan tinggi atau lembaga pelatihan yang berfokus pada teknik perminyakan dan energi.
  • Manajemen Proyek: Mengelola proyek-proyek minyak dan gas, memastikan bahwa operasi berjalan sesuai dengan anggaran dan jadwal yang ditetapkan.

7. Teknik Pangan

Jurusan Teknik Pangan menggabungkan ilmu kimia, biologi, dan teknik untuk mengembangkan proses pengolahan makanan yang aman, efisien, dan berkualitas. Bidang ini sangat penting untuk memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi aman dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Teknik Pangan juga berperan dalam inovasi produk makanan baru dan peningkatan proses produksi.

Dalam program studi Teknik Pangan, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti mikrobiologi pangan, kimia pangan, teknologi pengolahan pangan, manajemen mutu, dan keamanan pangan. Pengetahuan ini sangat penting untuk mengembangkan industri pangan yang berkelanjutan dan inovatif.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pangan

  • Industri Makanan dan Minuman: Bekerja di perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman, memastikan proses produksinya efisien dan produknya berkualitas tinggi.
  • Pengembangan Produk: Mengembangkan produk makanan baru atau meningkatkan produk yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan pasar.
  • Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan: Bekerja di bagian pengendalian mutu untuk memastikan bahwa produk makanan memenuhi standar keamanan dan kualitas.
  • Penelitian dan Pengembangan: Bekerja di laboratorium penelitian atau institusi pendidikan untuk mengembangkan teknologi pengolahan pangan yang lebih baik.
  • Konsultan Pangan: Menjadi konsultan yang memberikan saran kepada perusahaan tentang cara meningkatkan proses produksi dan kualitas produk.
  • Regulasi dan Kebijakan Pangan: Bekerja di lembaga pemerintah atau organisasi yang mengatur dan mengawasi standar keamanan pangan.
  • Wirausaha: Memulai bisnis sendiri dalam produksi makanan atau pengembangan produk pangan inovatif.

8. Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan berfokus pada pengelolaan dan perlindungan lingkungan. Kamu akan mempelajari cara-cara untuk mengurangi dampak negatif aktivitas manusia terhadap lingkungan dan mengembangkan solusi berkelanjutan. Jurusan ini sangat penting mengingat tantangan global terkait perubahan iklim, polusi, dan pengelolaan sumber daya alam yang semakin mendesak.

Dalam program studi Teknik Lingkungan, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti kimia lingkungan, teknologi pengolahan air dan limbah, manajemen risiko lingkungan, ekologi industri, dan perencanaan tata ruang. Pengetahuan ini sangat penting untuk menciptakan solusi yang efektif dan berkelanjutan dalam berbagai sektor industri dan pemerintahan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

  • Konsultan Lingkungan: Memberikan saran dan solusi untuk proyek-proyek yang berpotensi berdampak pada lingkungan, seperti pembangunan infrastruktur dan industri.
  • Lembaga Pemerintah dan BUMN: Bekerja di instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas pengelolaan lingkungan, perencanaan tata ruang, dan regulasi lingkungan.
  • Industri Pengolahan Limbah: Mengembangkan dan mengoperasikan teknologi pengolahan air dan limbah untuk industri dan komunitas.
  • Perusahaan Energi dan Sumber Daya Alam: Menyusun strategi untuk pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
  • Organisasi Non-Profit dan LSM: Bekerja di organisasi yang fokus pada konservasi lingkungan dan keberlanjutan.
  • Akademisi dan Peneliti: Mengajar di perguruan tinggi atau melakukan penelitian di bidang teknik lingkungan dan keberlanjutan.
  • Pengelolaan Sumber Daya Alam: Bekerja di perusahaan yang berfokus pada pengelolaan hutan, pertambangan, dan sumber daya alam lainnya secara berkelanjutan.

9. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro menawarkan peluang karir yang luas di berbagai sektor, seperti energi, telekomunikasi, manufaktur, dan teknologi informasi. Teknik Elektro berfokus pada studi dan penerapan listrik, elektromagnetisme, dan elektronik. Kamu akan belajar bagaimana merancang, mengembangkan, dan mengelola sistem listrik dan elektronik yang digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari perangkat elektronik konsumen hingga sistem tenaga listrik yang besar.

Dalam program studi Teknik Elektro, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti rangkaian listrik, elektronik analog dan digital, sistem tenaga listrik, telekomunikasi, kontrol otomatis, dan robotika. Pengetahuan ini sangat penting untuk mengembangkan dan mengelola teknologi yang mendukung kehidupan modern.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

  • Perusahaan Energi: Bekerja di perusahaan yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem tenaga listrik, seperti pembangkit listrik, jaringan distribusi, dan energi terbarukan.
  • Industri Telekomunikasi: Mengembangkan dan mengelola infrastruktur telekomunikasi, termasuk jaringan seluler dan internet.
  • Manufaktur Elektronik: Bekerja di perusahaan yang memproduksi perangkat elektronik, seperti komputer, smartphone, dan peralatan rumah tangga.
  • Otomasi dan Robotika: Mengembangkan sistem otomasi industri dan robot yang digunakan dalam berbagai aplikasi, dari manufaktur hingga layanan kesehatan.
  • Konsultan Teknik: Menjadi konsultan yang memberikan solusi teknis untuk proyek-proyek yang melibatkan sistem listrik dan elektronik.
  • Penelitian dan Pengembangan: Bekerja di laboratorium penelitian atau institusi pendidikan untuk mengembangkan teknologi baru di bidang listrik dan elektronik.
  • Pemerintah dan BUMN: Bekerja di instansi pemerintah atau badan usaha milik negara yang bertanggung jawab atas regulasi dan pengembangan infrastruktur listrik dan telekomunikasi.

10. Matematika dan IPA

Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menawarkan dasar yang kuat dalam berbagai bidang sains dan teknologi. Jurusan ini mencakup disiplin ilmu seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi, yang semuanya berperan penting dalam penelitian dan pengembangan teknologi baru. Dengan latar belakang yang kuat dalam matematika dan IPA, kamu memiliki fleksibilitas untuk mengejar berbagai jenis karir di berbagai industri.

Dalam program studi Matematika dan IPA, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti kalkulus, aljabar, fisika dasar, kimia organik dan anorganik, biologi molekuler, dan statistik. Pengetahuan ini akan membekali kamu dengan keterampilan analitis dan pemecahan masalah yang sangat dibutuhkan di banyak bidang.

Prospek Kerja Jurusan Matematika dan IPA

  • Peneliti dan Ilmuwan: Bekerja di laboratorium penelitian atau institusi pendidikan untuk melakukan penelitian dasar dan terapan di bidang sains.
  • Data Analyst dan Data Scientist: Menganalisis data besar untuk membantu perusahaan membuat keputusan berbasis data, dengan keterampilan matematika dan statistik yang kuat.
  • Pendidik: Mengajar di sekolah menengah, perguruan tinggi, atau universitas untuk mendidik generasi berikutnya dalam bidang matematika dan sains.
  • Aktuaris: Bekerja di perusahaan asuransi atau keuangan untuk menilai risiko dan membuat model prediksi menggunakan keterampilan matematika dan statistik.
  • Pengembang Teknologi: Bekerja di perusahaan teknologi untuk mengembangkan algoritma, perangkat lunak, atau teknologi baru yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang matematika dan fisika.
  • Konsultan Teknik dan Sains: Menjadi konsultan yang memberikan saran teknis dan ilmiah untuk proyek-proyek industri.
  • Manajemen Proyek: Mengelola proyek-proyek ilmiah dan teknis, memastikan bahwa mereka berjalan sesuai rencana dan anggaran.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Biaya Pendidikan Tanpa Ribet

11. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menggabungkan seni dan teknologi untuk menciptakan desain yang komunikatif dan menarik. DKV berfokus pada penggunaan elemen visual untuk menyampaikan pesan yang efektif dan estetis. Dalam era digital ini, kebutuhan akan konten visual yang menarik semakin meningkat, membuat jurusan DKV memiliki prospek karir yang sangat baik.

Di program studi DKV, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti tipografi, ilustrasi, desain grafis, multimedia, animasi, dan branding. Pengetahuan ini memungkinkan kamu untuk bekerja di berbagai industri yang membutuhkan kemampuan desain visual.

Prospek Kerja Jurusan DKV

  • Desainer Grafis: Bekerja di perusahaan desain, agen periklanan, atau in-house design team untuk menciptakan berbagai materi visual, seperti logo, poster, dan kemasan produk.
  • Ilustrator: Menghasilkan ilustrasi untuk buku, majalah, situs web, dan aplikasi.
  • Animator: Bekerja di industri film, televisi, dan game untuk membuat animasi dan efek visual.
  • Desainer UI/UX: Mendesain antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna untuk aplikasi dan situs web, memastikan mereka intuitif dan menarik.
  • Desainer Produk: Mengembangkan desain untuk produk fisik, seperti peralatan elektronik, perabotan, dan mainan.
  • Branding Specialist: Membantu perusahaan dalam menciptakan dan mengelola identitas merek melalui elemen visual.
  • Konsultan Desain: Menawarkan jasa konsultasi untuk proyek desain di berbagai sektor, dari perusahaan startup hingga perusahaan besar.

Raih Impianmu tanpa Halangan Biaya Pendidikan Bersama JULO

Menghadapi biaya pendidikan tinggi bisa menjadi tantangan besar bagi banyak keluarga di Indonesia. Biaya semesteran yang terus meningkat, serta pengeluaran tambahan seperti buku, peralatan, dan kegiatan akademik, memerlukan manajemen keuangan yang cermat.

JULO, sebuah aplikasi kredit digital yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hadir sebagai solusi finansial yang cerdas dan terpercaya untuk membantu mahasiswa dan keluarga mengatasi tantangan ini.

Kelebihan Menggunakan JULO Kredit Digital untuk Biaya Pendidikan:

  • Limit Pinjaman Tinggi: JULO menawarkan limit pinjaman hingga Rp50 juta, memungkinkan mahasiswa dan keluarganya untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan, termasuk pembayaran UKT.
  • Tenor Fleksibel: Dengan pilihan tenor hingga 9 bulan, JULO memudahkan pengaturan pembayaran cicilan sesuai kondisi keuangan, tanpa memberatkan anggaran bulanan.
  • Bunga Kompetitif: Dengan bunga mulai dari 0,1% per hari, JULO menawarkan solusi pinjaman yang ekonomis dan sesuai standar Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).
  • Pembayaran Cicilan Teratur: Pengguna dapat menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal penerimaan penghasilan bulanan, memastikan pembayaran berjalan lancar dan mengurangi stres finansial.

Memilih JULO sebagai solusi pembayaran biaya pendidikan berarti memilih partner yang aman dan terpercaya. Dengan dukungan JULO, mahasiswa dapat lebih fokus pada studi mereka tanpa khawatir tentang tekanan finansial yang mengganggu proses pendidikan.

Bayar Biaya Pendidikan Pakai JULO Aja!

Penuhi kebutuhan biaya pendidikanmu dengan mudah dan aman sekarang juga. Prosesnya cepat, lho!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Rahasia Renovasi Rumah Sesuai Budget Tanpa Boros
Keuangan & Bisnis
pemenang-bonus-cuankita-2024-dua-mingguan