Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa itu DC Lapangan JULO Kredit Digital?
Mengapa harus ada DC Lapangan?
Peran DC Lapangan JULO Kredit Digital
Tips Menghindari DC Lapangan: Jaga Kewajiban Pembayaranmu dengan Baik
1. Selalu Bayar Tepat Waktu:
2. Aktifkan Pengingat Pembayaran JULO:
3. Gunakan Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan:
4. Komunikasikan Kendala Pembayaran kepada JULO:

DC Lapangan JULO Kredit Digital: Aset Utama dalam Industri P2P Lending

dc-lapangan-julo

Di era digital yang terus berkembang pesat ini, kebutuhan akan akses finansial yang mudah, cepat, dan aman semakin meningkat. Untuk memenuhi tuntutan ini, JULO Kredit Digital hadir sebagai solusi finansial terdepan bagi masyarakat Indonesia. 

Salah satu keunggulan JULO sebagai P2P Lender adalah memiliki jaringan DC Lapangan yang luas. Dalam artikel ini, kita akan lebih mendalam mengenai DC Lapangan JULO Kredit Digital, yang kini menjadi salah satu aset krusial dalam menjalankan layanan JULO, Mengacu pada POJK Nomor 35/POJK.05/2018 tentang 

Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, perusahaan diperbolehkan untuk bekerjasama dengan pihak ketiga dalam rangka penagihan. Dalam hal ini adalah debt collector.

Direktur Pengawasan Lembaga Pembiayaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Yustinus Dapot mengatakan debt collector yang akan melakukan penagihan utang harus membawa dokumen lengkap. Dokumen yang dimaksud, yakni surat tugas, sertifikat kendaraan dan surat peringatan yang telah dikeluarkan. Apabila debt collector tidak membawa dokumen tersebut, maka masyarakat berhak untuk menolak dan melapor.

Apa itu DC Lapangan JULO Kredit Digital?

DC Lapangan JULO Kredit Digital adalah jaringan distribusi dan penyebaran mitra JULO yang memiliki cakupan luas di seluruh wilayah Indonesia termasuk di wilayah Jabodetabek, Jawa, maupun luar Jawa. DC Lapangan ini terdiri dari mitra-mitra JULO yang tersebar strategis di kota-kota besar dan daerah pedesaan.

JULO adalah salah satu perusahaan fintech pinjaman online di Indonesia. Sebagai perusahaan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), JULO menerapkan aturan pada peraturan yang ditetapkan oleh OJK.

Peraturan OJK terkait DC Lapangan meliputi:

1. Peraturan OJK No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (Peer-to-Peer Lending) merupakan peraturan yang mengatur aspek operasional perusahaan fintech, termasuk penagihan piutang.

2. Peraturan OJK No. 18/POJK.03/2016 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan merupakan peraturan yang mengatur perlindungan konsumen dalam transaksi keuangan, termasuk praktik penagihan yang adil dan tidak melanggar hak-hak konsumen.

Peraturan OJK tersebut mewajibkan perusahaan fintech seperti JULO untuk menjalankan praktik penagihan yang sesuai dengan prinsip keadilan dan perlindungan konsumen. Beberapa poin yang ditegaskan dalam peraturan tersebut antara lain:

a. Transparansi: JULO harus memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada peminjam terkait kewajiban pembayaran, termasuk prosedur penagihan.

b. Komunikasi yang baik: JULO harus berkomunikasi dengan peminjam secara sopan, tidak mengancam, atau melakukan tindakan yang dapat merugikan peminjam.

c. Privasi dan kerahasiaan: JULO harus menjaga kerahasiaan informasi peminjam dan tidak mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak ketiga tanpa persetujuan peminjam.

d. Penanganan keluhan: JULO harus memiliki mekanisme penanganan keluhan yang jelas dan efektif bagi peminjam yang merasa dirugikan dalam proses penagihan.

Dengan mengikuti peraturan OJK ini, JULO mengaplikasikan aktivitas DC Lapangan dengan penuh tanggung jawab dan mengutamakan perlindungan konsumen serta keadilan dalam praktik penagihan piutang.

Mengapa harus ada DC Lapangan?

Transaksi P2P Lending merupakan kesepakatan antara peminjam dan pemberi dana di mana peminjam menyetujui secara legal dalam Surat Perjanjian Hutang Piutang untuk melakukan kewajiban bayar tepat waktu.  Namun ada kalanya peminjam tidak memenuhi kewajiban bayar sehingga status kredit menjadi terlambat ataupun wanprestasi. 

Pada kasus peminjam tidak dapat dijangkau melalui media elektronik dan surat peringatan tertulis, P2P lending dapat melakukan penagihan ke lapangan.

Di samping itu, salah satu poin yang ditekankan oleh OJK dalam aturan baru ini adalah proses penagihan kepada borrower yang wanprestasi. OJK pun mewajibkan penagihan dilakukan paling sedikit dengan memberikan surat peringatan, dengan tata cara sesuai yang terdapat dalam perjanjian antara lender dan borrower.

Proses penagihan bisa dilakukan oleh pihak lain alias pihak ketiga atau debt collector berdasarkan perjanjian kerja sama, tetapi tanggung jawab proses penagihan tetap berada pada penyelenggara LPBBTI.

Selanjutnya, juga diatur bahwa penagihan, baik yang dilakukan sendiri oleh Penyelenggara LPBBTI maupun oleh pihak lain, mesti dilakukan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat dan peraturan perundang-undangan.

Peran DC Lapangan JULO Kredit Digital

Sebagai salah satu platform finansial digital terdepan di Indonesia, JULO Kredit Digital berkomitmen untuk memberikan layanan yang bertanggung jawab dan berkualitas kepada nasabahnya. Bagian integral dari layanan ini adalah tim Debt Collector (DC) Lapangan JULO Kredit Digital, yang memiliki peran penting dalam menjaga hubungan yang baik antara JULO dan masyarakat. 

Debt Collector Lapangan JULO Kredit Digital bertanggung jawab untuk menjalankan tugas penagihan dengan profesionalisme dan kebijaksanaan. Kunjungan Field Collector Digunakan jika komunikasi penagihan melalui telepon dan media komunikasi lainnya (seperti email dan messaging) tidak efektif atau bila dipandang kunjungan Field Collector diperlukan. 

Mereka memiliki tanggung jawab untuk menghubungi nasabah yang memiliki tunggakan pembayaran pinjaman. Namun, yang membedakan Debt Collector JULO adalah pendekatan mereka yang humanis, transparan, memberikan solusi, dan berempati terhadap nasabah.

Tips Menghindari DC Lapangan: Jaga Kewajiban Pembayaranmu dengan Baik

Apakah kamu ingin menghindari pengalaman yang tidak menyenangkan dengan DC Lapangan? Menjaga kewajiban pembayaran dengan baik adalah kunci untuk menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu menghindari DC Lapangan.

1. Selalu Bayar Tepat Waktu:

Bayar tepat waktu adalah cara terbaik untuk menghindari masalah dengan DC Lapangan. Ketika kamu membayar pinjaman sesuai jadwal, kamu menghindari denda keterlambatan yang bisa meningkatkan beban finansialmu. Selain itu, dengan membayar tepat waktu, kamu juga menghindari risiko terdaftar sebagai blacklist di pusat data keuangan (pusdafil) dan Financial Distress Center (FDC), yang dapat menghambat aksesmu ke layanan keuangan di masa depan.

2. Aktifkan Pengingat Pembayaran JULO:

JULO memberikan pengingat pembayaran melalui berbagai saluran seperti aplikasi, email, dan SMS. Aktifkan pengingat ini agar kamu selalu ingat tentang jadwal pembayaran. Dengan pengingat pembayaran, kamu dapat menghindari kelupaan yang tidak disengaja dan memastikan pembayaran tepat waktu. Jika kamu ingin memastikan pembayaranmu benar-benar otomatis, pertimbangkan untuk menggunakan layanan autodebet agar pembayaran dilakukan secara langsung dan teratur.

3. Gunakan Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan:

Penting untuk menggunakan pinjaman dari JULO sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Pertimbangkan secara cermat berapa jumlah pinjaman yang benar-benar diperlukan, dan pastikan bahwa pembayaran cicilan tidak melebihi kemampuan finansialmu. Dengan meminjam sesuai kebutuhan dan kemampuan, kamu dapat menjaga kelancaran pembayaran dan menghindari risiko terjebak dalam lingkaran utang.

4. Komunikasikan Kendala Pembayaran kepada JULO:

Jika kamu mengalami kendala dalam melakukan pembayaran, jangan ragu untuk mengkomunikasikannya kepada JULO. Kamu dapat menghubungi JULO melalui email collections@julo.co.id atau cs@julo.co.id. Dengan mengkomunikasikan kendala pembayaranmu, JULO dapat membantu mencari solusi yang sesuai dengan situasimu. Komunikasi terbuka dan jujur dengan JULO adalah langkah yang baik untuk menghindari eskalasi masalah dan mencari solusi yang saling menguntungkan.

DC Lapangan JULO Kredit Digital merupakan aset penting yang membedakan JULO dari kompetitornya dalam industri finansial digital di Indonesia. Dengan jaringan distribusi yang luas, JULO dapat memberikan akses finansial yang lebih mudah dan cepat kepada masyarakat, termasuk mereka yang berada di daerah terpencil dan pedesaan. Melalui pendekatan personal dan layanan yang andal, JULO mampu membangun branding yang baik sebagai solusi finansial terdepan di Indonesia.

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Cara Pengiriman Anti Telat dan Pelacakan Terkendali dengan Shopee Express
Gaya Hidup
sicepat
27 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza