Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
7 Ciri Ciri Hamil Muda yang Perlu Kamu Ketahui
1. Perut Terasa Kembung - Ciri Ciri Hamil Muda
2. Perut Terasa Kram - Ciri Ciri Hamil Muda
3. Perut Terasa Seperti Sembelit
4. Rasa Mual dan Muntah
5. Perut Terasa Lebih Besar Saat Dipegang
6. Mudah Buang Air Kecil
7. Perut Terlihat Lebih Kecil Saat Tidur
Siapkan Kehamilan dan Kelahiran Buah Hati dengan JULO Kredit Digital

7 Ciri Ciri Hamil Muda, Pasangan Suami Istri Wajib Siaga!

ciri-ciri-hamil-muda

Setiap Ibu memiliki pengalaman yang berbeda-beda saat menjalani masa kehamilan. Mulai dari perubahan fisik, emosi, hingga kebiasaan. Secara fisik, umumnya ibu hamil akan mengalami perubahan yang signifikan dan hal berat badan. Tentunya, hal tersebut masih terbilang wajar, mengingat ada janin yang bertumbuh di tubuh sang ibu.

Selain perubahan fisik, ibu hamil juga biasanya akan mengalami perubahan hormon yang berpengaruh pada emosi dan kinerja organ tubuh. Sebagian ibu ciri ciri hamil muda mungkin akan mengalami mual hingga muntah, sebagian lainnya mungkin mengalami gejala yang berbeda.

Baca Juga: Daftar BPJS Online: Mudah & Cepat Tanpa Calo

Meskipun setiap ibu hamil adalah unik, sebagai seorang ibu yang sedang menunggu kehadiran buah hati kamu pun harus mengenal Ciri Ciri hamil muda secara umum yang hampir dialami oleh sebagian besar ibu. Informasi ini cukup penting untuk disimak agar kamu bisa melakukan persiapan atau penanganan terhadap gejala yang muncul setelahnya seiring berjalannya waktu.

Jangan sampai, kamu kurang persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati tersayang. Nah, berikut ini adalah 7 Ciri Ciri hamil muda yang dapat kamu cermati bersama pasanganmu tulisan dari JULO Kredit Digital.

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

7 Ciri Ciri Hamil Muda yang Perlu Kamu Ketahui

ciri-ciri-hamil-muda

“Apakah saya sedang hamil? Mengapa tidak ada bentuknya?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti pernah terlintas pada sebagian besar pasangan muda yang baru menikah. Jika kamu adalah salah satu psangan muda yang sedang mencari tahu ciri ciri hamil muda, tentu saja hal ini akan sedikit menantang. Hal tersebut dikarenakan kehamilan pada minggu pertama memang cenderung tidak terasa dan terlihat secara signifikan.

Baca Juga : Daftar BPJS Kesehatan Online Gampang dan Cepat dengan Langkah Ini

Umumnya, bentuk perut ibu hamil akan berubah ketika memasuki usia kehamilan tertentu. Bentuk perut akan terlihat lebih membesar dari biasanya. Bahkan, perut ibu hamil akan lebih menonjol, meninggi dan kencang seiring bertambahnya usia kehamilan karena janin terus bertumbuh. Ciri Ciri hamil muda, tentunya akan berbeda dengan usia kehamilan yang lebih tua. Perubahan fisik ini belum terlalu terlihat pada ibu yang sedang hamil muda. 

Jika kamu sedang mengalami kehamilan yang berusia 1 minggu, maka sebenarnya kamu belum dinyatakan benar-benar hamil. Alasannya, biasanya kehamilan baru terjadi saat ada siklus ovulasi yang muncul di antara 13 - 20 hari setelah hari pertama haid terakhir (HPHT). Untuk informasi selengkapnya, berikut ini Ciri Ciri hamil muda yang berlangung pada minggu ke 1 sampai ke 10.

1. Perut Terasa Kembung - Ciri Ciri Hamil Muda

ciri-ciri-hamil-muda

Ciri Ciri hamil muda yang pertama adalah ibu hamil akan merasa perut kembung. Rasa kmbung ini bisa diketahui dengan sentuhan berupa sedikit tekanan pada perut. Cobalah memberikan sedikit tekanan pada perut karena perut Ibu yang sedang hamil muda akan terasa kurang nyaman pada saat diberikan tekanan. Hal itu disebabkan karena adanya peningkatan pada jumlah atau kadar hormon progesteron. Hormon tersebut mempengaruhi otot-otot  bagian perut menjadi lebih rileks sehingga pencernaan pun jadi lebih terhambat. Hal itulah juga yang menyebabkan perut ibu hamil muda akan terasa kembung dan terasa tidak nyaman.

2. Perut Terasa Kram - Ciri Ciri Hamil Muda

Ciri Ciri hamil muda terkadang tidak berbeda jauh dengan Ciri Ciri yang dialami wanita pada masa menstruasi. Sebagaian besar wanita biasanya merasakan kram pada saat menjelang atau mengalami menstruasi. Hal yang sama akan terjadi pada ibu yang sedang hamil muda. Ciri Ciri hamil muda ini tentunya berbeda dengan Ciri Ciri menstruasi.

Baca Juga: 8 Asuransi Kesehatan Indonesia: Solusi Perlindungan Terbaik

Kram yang terjadi pada saat hamil muda adalah kram yang terjadi di dekat perut area bagian bawah. Kram ini dapat dirasakan selama masa kehamilan, baik berminggu-minggu ataupun berbulan-bulan tergantung kondisi masing-masing ibu hamil. Pada kasus tertentu, kram ini juga biasanya disertai dengan adanya bercak darah yang keluar dari area vagina. Jika kamu mengalami Ciri Ciri hamil muda yang satu ini disertai bercak, jangan panik. Kamu dapat melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

3. Perut Terasa Seperti Sembelit

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Ciri Ciri hamil muda adalah terjadinya perubahan pada otot bagian yang akan lebih rileks. Sejalan dengan itu, seorang ibu yang  sedang hamil muda akan merasa perutnya terasa seperti sedang mengalami sembelit. Rasa tidak nyaman jika diberikan tekanan ke perut juga dapat menjadi Ciri Ciri hamil muda yang perlu dicermati. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya hormon progesterone.

4. Rasa Mual dan Muntah

Ciri Ciri hamil muda lainnya yang dapat dirasakan seorang ibu pada saat hamil muda adalah timbulnya rasa mual dan ingin muntah pada saat perut disentuh dan ditekan. Karena gejala mual dan munah ini cukup umum, tentunya kamu juga harus mengetahui penyebab mual tersebut terjadi. Apakah keluhan mual dan muntah terjadi dikarenakan sedang mengandung dan termasuk Ciri Ciri hamil muda atau memang Ibu mempunyai riwayat maag atau asam lambung?

Baca Juga: Call Center BPJS Kesehatan

5. Perut Terasa Lebih Besar Saat Dipegang

ciri-ciri-hamil-muda

Ciri Ciri hamil muda yang selanjut ini terbilang cukup umum. Kamu akan mulai merasakan perubahan pada tubuh. Perut yang biasanya berukuran normal akan terasa lebih besar pada saat kamu memegangnya. Perut yang membesar, terasa tegang dan sedikit sakit ketika ditekan menjadi salah satu dari Ciri Ciri hamil muda karena perut yang sekedar berisi lemak tidak akan mengalami hal tersebut.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

6. Mudah Buang Air Kecil

Ciri Ciri hamil muda berikutnya adalah seorang ibu yang mengalami hamil muda akan mulai sering mengalami rasa ingin buang air kecil yang lumayan sering dibandingkan Ibu yang sedang tidak hamil. Jika diberikan tekanan pada perut yang sedang hamil, maka kamu akan merasakan ingin langsung ke toilet untuk buang air. 

Jadi, kamu dapat menekan perut untuk mengetahui hamil atau tidak. Hal ini karena perubahan hormon dan tubuh Ibu akan mulai menghasilkan hormone HCG yang menyebabkan ibuu yang hamil akan buang air lebih sering. Terkadang, Ciri Ciri hamil muda yang satu ini cukup membuat para ibu ketar-ketir karena harus bolak-balik ke toilet.

7. Perut Terlihat Lebih Kecil Saat Tidur

ciri-ciri-hamil-muda

Ciri Ciri hamil muda yang terakhir adalah bentuk perut hamil muda saat tidur akan terlihat lebih kecil. Namun, sebenarnya tidak begitu berubah ukurannya. Hal ini disebabkan adanya gaya gravitasi yang membawa cairan ke arah bawah dan membuat perut terlihat lebih kecil. Jadi, jangan kaget jika saat tidur perutmu tiba-tiba mengempis dan terlihat mengecil.

Baca Juga: 8 Latihan Kardio untuk Menjaga Kesehatan Kamu Dari Rumah

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

Itulah tadi, 7 Ciri Ciri hamil muda yang dapat kamu cermati bersama pasanganmu.Kamu juga dapat mempelajari Ciri Ciri hamil muda yang lainnya sesuai dengan kondisi yang sedang dialami. Semoga artikel ini membantu, terutama bagi kamu yang sedang menantikan buah hati pertama bersama pasanganmu.

Siapkan Kehamilan dan Kelahiran Buah Hati dengan JULO Kredit Digital

Tarik Dana Online dengan JULO

Setelah menyimak informasi tentang kehamilan. JULOvers juga perlu mempersiapkan kebutuhan sepanjang kehamilan hingga melahirkan, mulai dari barang-barang yang diperlukan hingga biaya cek rutin kehamilan. JULOvers dapat menggunakan BPJS untuk meringankan biaya check-up dan konsultasi ke dokter kandungan di rumah sakit pilihan atau terdekat. Sebelumnya, jangan lupa untuk membayaran iuran BPJS dengan JULO Kredit Digital!

Cukup dengan tiga langkah mudah! Berikut langkah-langkah membayar tagihan BPJS dengan JULO:

  1. Klik fitur ‘BPJS Kesehatan’ di aplikasi  JULO.
  2. Masukkan nomor BPJS dan periode bayar.
  3. Pilih tenor jangka waktu. Terakhir, konfirmasi pembayaran BPJS dengan PIN dan Tanda Tangan Elektronik.

Selain aman dan terpercaya JULO Kredit Digital juga memiliki limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasi, di JULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 20.000 hanya dengan mendaftar di JULO Kredit Digital menggunakan kode promo HIDUPKAN ,lho! Jadi tunggu apalagi? Ayo jadi bagian dari perjalanan #CeritaMelesat bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Cara Pengiriman Anti Telat dan Pelacakan Terkendali dengan Shopee Express
Gaya Hidup
sicepat
27 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza