Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan
Dokumen dan Persyaratan Perpindahan Kelas BPJS Kesehatan
3 Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan
1. Melalui Aplikasi Mobile JKN
2. Melalui Layanan Care Center 1500400
3. Mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Terdekat
Bayar Tagihan BPJS Tepat Waktu di JULO

Ini Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan dengan Mudah!

Ini Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan dengan Mudah!

Memahami bagaimana cara pindah kelas BPJS Kesehatan adalah penting bagi JULOvers yang ingin menyesuaikan layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Proses perpindahan kelas ini dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa cara yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan. 

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang klasifikasi kelas, dokumen yang diperlukan untuk perpindahan, serta langkah-langkah yang bisa diikuti untuk mengubah kelas kepesertaan BPJS Kesehatan.

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan menawarkan tiga kelas keanggotaan, yang masing-masing memiliki tingkat iuran dan fasilitas yang berbeda. Penting bagi Kamu untuk memahami perbedaan antar kelas ini agar dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

1. Iuran Bulanan

  • Kelas 1: Iuran bulanan adalah Rp150 ribu, yang menawarkan fasilitas kesehatan lebih lengkap dan pelayanan lebih eksklusif.
  • Kelas 2: Dengan iuran Rp100 ribu per bulan, peserta kelas ini mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, meski tidak sekomprehensif kelas 1.
  • Kelas 3: Iuran bulanan paling terjangkau adalah Rp42 ribu, dengan fasilitas dasar untuk kebutuhan kesehatan standar.

2. Fasilitas Rawat Inap

  • Kelas 1: Menyediakan ruangan rawat inap yang diisi dua hingga empat pasien. Peserta juga memiliki opsi untuk upgrade ke kamar VIP dengan biaya tambahan.
  • Kelas 2: Ruangan rawat inap diisi oleh tiga hingga lima pasien, dengan opsi upgrade ke kelas 1 atau VIP, yang biayanya ditanggung oleh peserta.
  • Kelas 3: Fasilitasnya termasuk ruangan yang menampung empat hingga enam pasien, sesuai dengan standar layanan kesehatan dasar.

3. Subsidi Biaya Kacamata

Semua kelas memiliki subsidi untuk pembelian kacamata, namun besarnya bervariasi:

  • Kelas 1: Subsidi hingga Rp330 ribu.
  • Kelas 2: Subsidi sebesar Rp220 ribu.
  • Kelas 3: Subsidi sejumlah Rp165 ribu.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Dokumen dan Persyaratan Perpindahan Kelas BPJS Kesehatan

Untuk mengajukan perpindahan kelas dalam keanggotaan BPJS Kesehatan, terdapat beberapa dokumen penting yang harus disiapkan dan ditunjukkan. Proses ini memerlukan dokumentasi yang lengkap untuk memastikan bahwa semua persyaratan telah terpenuhi.

Dokumen yang dibutuhkan: 

  • Kartu BPJS Kesehatan
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga
  • Form perubahan data (dari kantor BPJS Kesehatan) yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai

Persyaratan: 

  • Jika Kamu belum mendaftar autodebet untuk pembayaran iuran, perlu menyertakan fotokopi buku tabungan yang akan digunakan untuk setup pembayaran otomatis.
  • Kamu harus memastikan bahwa tidak ada tunggakan iuran sebelum mengajukan perubahan kelas. Keterlambatan pembayaran bisa menghambat proses perpindahan.
  • Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Mandiri hanya dapat mengajukan perubahan kelas setelah terdaftar minimal 12 bulan pada kelas yang sedang diikuti.

Baca Juga: Cara Cek Denda BPJS Kesehatan Secara Online

3 Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Terdapat beberapa metode yang memberikan fleksibilitas bagi peserta BPJS Kesehatan untuk menyesuaikan kelas kepesertaan sesuai dengan perubahan kebutuhan atau kondisi finansial. Pilih cara yang paling sesuai dan mudah untuk memastikan kelancaran akses layanan kesehatan yang optimal.

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Mengubah kelas kepesertaan BPJS Kesehatan kini bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi Mobile JKN. Pertama, unduh dan masuk ke aplikasi menggunakan nomor KTP. Di menu utama, pilih opsi 'Ubah Data Peserta', kemudian masukkan pilihan kelas baru yang Kamu inginkan. Setelah itu, konfirmasi perubahan dengan menekan tombol 'Simpan'. Perlu diingat, perubahan ini akan berlaku untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar di bawah akun yang sama.

2. Melalui Layanan Care Center 1500400

Alternatif lain adalah dengan menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di nomor 1500400. Sampaikan keinginan untuk mengubah kelas kepesertaan kepada petugas yang melayani. Mereka akan membantumu dalam proses perubahan dan memastikan semua informasi diperbarui sesuai kebutuhan.

3. Mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Terdekat

Jika Kamu lebih memilih melakukan perubahan secara langsung, kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Jangan lupa membawa dokumen penting seperti KTP, Kartu Keluarga, dan kartu BPJS Kesehatan. Di kantor, Kamu akan diminta untuk mengisi formulir perpindahan kelas dan menandatanganinya di atas materai, sebagai konfirmasi resmi atas perubahan yang diinginkan.

Bayar Tagihan BPJS Tepat Waktu di JULO

Untuk memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan sepenuhnya, sangat penting untuk membayar iuran secara tepat waktu. JULO Kredit Digital menyederhanakan pembayaran ini melalui sebuah platform yang mudah dan cepat.

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membayar iuran BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi JULO:

  1. Buka aplikasi JULO pada smartphone. Jika belum terinstal, Kamu bisa mengunduhnya dari Google Play Store.
  2. Navigasikan ke opsi 'BPJS Kesehatan' yang tersedia di menu utama.
  3. Input nomor BPJS Kesehatan dan tentukan periode pembayaran yang ingin diselesaikan.
  4. Kamu bisa memilih tenor pembayaran hingga 9 bulan, dengan limit pembayaran yang dapat mencapai hingga Rp50 juta. Hal ini memberikan fleksibilitas lebih dalam mengatur cash flow bulanan dan mengurangi beban keuanganmu.

Melakukan pembayaran iuran BPJS melalui JULO tidak hanya memudahkanmu dalam mengelola keuangan, tetapi juga menjamin bahwa JULOvers tidak akan mengalami keterlambatan pembayaran yang bisa berujung pada denda atau gangguan layanan kesehatan. Nikmati ketenangan pikiran dengan memilih opsi kredit yang fleksibel dari JULO.
 

Tagihan Online JULO

Bayar Tagihan Makin Mudah dengan JULO!

Tinggal pilih periode bayar dan tenor cicilan, limit kredit JULO bisa dipakai untuk aktifkan perlindungan BPJS.

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Rahasia Renovasi Rumah Sesuai Budget Tanpa Boros
Keuangan & Bisnis
pemenang-bonus-cuankita-2024-dua-mingguan