Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
1. Tentukan Destinasi dan Durasi Liburan
2. Rencanakan Transportasi
3. Akomodasi
4. Biaya Makan
5. Aktivitas dan Hiburan
6. Siapkan Dana Darurat
7. Jangan Lupakan Asuransi Liburan
8. Hitung Total Budget Liburanmu

7 Panduan Lengkap Menghitung Budget Liburan Impian

Panduan Lengkap Menghitung Budget Liburan Impian

Siapa sih yang nggak suka liburan? Mengambil jeda sejenak dari rutinitas harian dan dapat pengalaman baru bisa bantu kamu melepas stres sekaligus jadi momen buat reset. Tapi, sebelum niatkan untuk liburan, kamu perlu persiapan yang matang terutama soal budget. Kalau tidak, bisa-bisa liburan malah jadi beban di kantong.

Apa saja sih yang harus diprioritaskan saat merencanakan liburan? Yuk, kita bahas cara menghitung budget liburan dengan tepat supaya liburan kamu tetap asik tanpa khawatir soal keuangan.

1. Tentukan Destinasi dan Durasi Liburan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih destinasi dan menentukan berapa lama kamu akan liburan. Menentukan destinasi dan durasi ini harus direncanakan dari jauh hari karena pemilihan waktu sangat menentukan seberapa besar budget yang akan kamu keluarkan nanti.

Penentuan ini akan mempengaruhi keseluruhan budget, mulai dari tiket transportasi, akomodasi, hingga biaya hidup di tempat tujuan. Misalnya, liburan seminggu di Bali tentu akan berbeda biayanya dengan liburan sebulan di Eropa.

2. Rencanakan Transportasi

Setelah menentukan destinasi, saatnya menghitung biaya transportasi. Kamu perlu mempertimbangkan biaya tiket pesawat, kereta, atau bahkan sewa mobil jika diperlukan. Jangan lupa juga menghitung biaya transportasi lokal di destinasi tujuan, seperti taksi, bus, atau ojek.

Sebaiknya kamu beli tiket dari jauh hari atau manfaatkan promo diskon tanggal kembar yang buat harga tiketnya lebih murah. Kalau kamu liburan saat high season, pastikan kamu menyewa transportasi dari jauh-jauh hari ya, agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Baca juga: Perkiraan Biaya Liburan ke Singapura 5 Hari 4 Malam

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

3. Akomodasi

Akomodasi bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama liburan. Cari tahu berbagai opsi penginapan yang sesuai dengan budget kamu, mulai dari hotel, hostel, hingga Airbnb. Bandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan, lalu pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Kamu juga bisa tanyakan pada teman-teman yang sebelumnya sudah pernah berlibur ke tempat tujuan wisata. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi detail tentang penginapan via internet. Pastikan kamu mencari informasi dari situs resmi, sehingga informasinya akurat dan ter-update.

Setelah beli tiket, yang perlu kamu lakukan adalah booking penginapan jauh-jauh hari agar mendapatkan harga lebih murah. Oh iya, penentuan lokasi akomodasi ini juga akan berpengaruh ke budget transportasi di kota tersebut. Semakin dekat ke tujuan-tujuan wisata, ongkos transportasinya akan semakin murah.

4. Biaya Makan

Makanan adalah kebutuhan utama, namun budget makan adalah hal yang sangat fleksibel dan mengikuti kebutuhan masing-masing individu. Misalnya, tujuan liburan untuk city-strolling atau wisata kuliner tentu berbeda. Pokoknya atur budget dengan bijak sesuai kebutuhanmu, ya.

Coba cari tahu kisaran harga makanan di destinasi tujuanmu melalui YouTube atau platform media sosial lainnya. Carilah rekomendasi tempat makan yang murah tapi enak, simak beragam informasinya baik berupa feed, story, reels, maupun video durasi panjang. Pertimbangkan apakah makanannya cocok dengan seleramu dan yang paling penting catat informasi harga makanannya. 

Jika memungkinkan, kamu bisa memenuhi kebutuhan makan selama liburan dengan cara masak sendiri. Kamu bisa mengulik informasi jenis dan harga bahan masakan yang ada di area destinasi liburanmu melalui internet atau platform media sosial. Cara ini bisa jadi membuat biaya makanmu menjadi lebih sedikit. Apapun pilihanmu, jangan lupa untuk mencatat total biaya makan yang kamu perlukan ya.

Baca juga: Ini Dia Tips Menabung untuk Liburan, Supaya Perjalananmu Lebih Menyenangkan!

5. Aktivitas dan Hiburan

Liburan tak lengkap tanpa aktivitas seru, kan? Nah, kamu perlu menyisihkan budget khusus untuk biaya masuk ke tempat wisata, tiket konser, tour guide, dan aktivitas lainnya. Budget-nya bisa kamu susun saat kamu sedang membuat daftar aktivitas (itinerary) yang ingin kamu lakukan.

Penting untuk membuat itinerary agar liburanmu menyenangkan tapi tetap terkontrol, jadi pengeluaranmu juga gak bablas. Adanya daftar aktivitas juga memberikanmu kepastian tentang destinasi apa saja yang bakal dikunjungi, aktivitas atau hiburan apa saja yang ingin dilakukan, durasi waktu liburan, sehingga kamu bisa menghitung total biaya liburan yang kamu perlukan dengan pasti.

6. Siapkan Dana Darurat

Selalu ada kemungkinan munculnya biaya tak terduga selama liburan, seperti biaya medis atau keperluan mendadak lainnya. Untuk itu, sebaiknya kamu siapkan dana darurat minimal 10% dari total budget liburan. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang dan siap menghadapi hal-hal yang tak terduga.

Baca juga: 7 Tips Liburan Hemat Tanpa Menguras Isi Dompet

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Cocok untuk kamu yang berusia 21 tahun ke atas dan punya penghasilan min. Rp2,5 juta. Bunga ringan, tenor panjang!

7. Jangan Lupakan Asuransi Liburan

Selain dana darurat, asuransi liburan  bisa sangat membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Mulai dari kehilangan bagasi, pembatalan penerbangan, hingga keadaan darurat medis, asuransi liburan bisa melindungi kamu dari kerugian finansial yang besar.

Pastikan kamu memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan destinasi liburan kamu. Cek juga apa saja yang ditanggung oleh asuransi tersebut agar kamu bisa lebih tenang selama menikmati liburan. Jangan lupa untuk mencatat biaya asuransi liburan yang harus kamu keluarkan ya.

8. Hitung Total Budget Liburanmu

Setelah menghitung masing-masing kebutuhan biaya, saatnya kamu menghitung total budget biaya liburan yang kamu perlukan. Pastikan setiap biaya telah kamu cantumkan dalam daftar perhitungan untuk dijumlahkan, jangan sampai ada rincian biaya yang terlewati ya. Kalau setelah menghitung semua biaya ternyata budget liburan kamu masih kurang, gak perlu khawatir, ada JULO yang siap membantumu.

Dengan perencanaan yang matang, liburan impian bisa tetap menyenangkan tanpa harus menguras kantong. Penting untuk mempertimbangkan setiap aspek biaya mulai dari transportasi, akomodasi, hingga aktivitas yang ingin dilakukan. Dengan menghitung setiap pengeluaran secara rinci, kamu dapat mengontrol budget liburan agar sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dana darurat dan mempertimbangkan asuransi liburan, sehingga kamu bisa menikmati liburan dengan lebih aman dan tenang.

Nikmati liburan impian tanpa khawatir soal dana berlebih dengan bantuan JULO. Layanan Pinjaman Dana Online dari JULO menawarkan fleksibilitas tenor hingga 9 bulan, sehingga kamu bisa mencicil dengan ringan dan nyaman. Manfaatkan tenor maksimal agar pembayaran lebih terjangkau dan tidak memberatkan keuangan. Dengan JULO, kamu bisa menikmati liburan tanpa khawatir soal biaya mendadak atau kebutuhan tak terduga. Yuk, wujudkan liburan "happy and worry free" dengan JULO sekarang juga!

JULO, Solusi Tepat Liburanmu

Penuhi biaya liburanmu dengan pinjaman dana online dari JULO yang aman dan praktis.

Artikel Lainnya

Karir & Pendidikan
ukuran-kertas
Keuangan & Bisnis
contoh peluang usaha