Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha dalam Kewirausahaan Hingga Sukses?
1. Review Perkembangan Bisnis Secara Berkala
2. Analisa Keunggulan dan Kelemahan Produk
3. Mencari Tahu Letak Masalah Bisnis
4. Buat Solusi Pemecahan Masalah dengan Segera
5. Melakukan Analisa Kompetitor
6. Perbaiki Strategi Marketing
7. Riset Target Pasar Baru
8. Perbarui Kemasan
9. Lakukan Kolaborasi dengan Bisnis Lain
10. Siapkan Hal-hal Untuk Kondisi yang Tidak Terduga
11. Melakukan Testing Produk

Kembangkan Usaha dengan 11 Cara Mengembangkan Usaha dalam Kewirausahaan

cara mengembangkan usaha dalam kewirausahaan

Cara mengembangkan usaha dalam kewirausahaan perlu JULOvers lakukan supaya bisnis tidak stagnan dan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Terdapat berbagai cara yang bisa JULOvers lakukan, mulai dari mengevaluasi perkembangan bisnis, menganalisa keunggulan dan kelemahan produk, melakukan analisa terhadap kompetitor, dan lain sebagainya. Simak cara mengembangkan usaha tersebut di bawah ini. 

Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha dalam Kewirausahaan Hingga Sukses?

Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha dalam Kewirausahaan Hingga Sukses

Hal yang paling penting dalam mengembangkan usaha hingga sukses yaitu selalu melakukan evaluasi terhadap strategi bisnis yang dijalankan. Jika memungkinkan, lakukan evaluasi setiap bulan bahkan setiap minggu supaya kamu mengetahui berbagai persoalan yang terjadi dalam bisnis. Selain itu, terdapat cara mengembangkan usaha lainnya yang dapat kamu simak di bawah ini.

1. Review Perkembangan Bisnis Secara Berkala

Review Perkembangan Bisnis Secara Berkala

Untuk bisnis yang baru saja dimulai, melakukan review terhadap perkembangan bisnis menjadi satu hal yang penting. JULOvers dapat melakukan evaluasi atas langkah-langkah yang telah diupayakan selama berbisnis. Melakukan review bisnis akan memudahkan kamu untuk menilai dan melihat hal apa saja yang perlu diperbaiki dan dikembangkan.

2. Analisa Keunggulan dan Kelemahan Produk

Analisa Keunggulan dan Kelemahan Produk

Produk yang kurang diminati dapat menjadi salah satu penghambat bisnis yang kamu jalankan. Sebab itu, kamu perlu melakukan analisa kelemahan produk. Jika perlu, kamu bisa bertanya kepada pelanggan, sebaiknya apa yang perlu diperbaiki dari produk yang telah kamu buat.

Baca Juga: Beragam Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Dipraktekkan

Untuk keunggulan produk yang telah ada dapat terus dikembangkan, terutama dari sisi kualitasnya. Sedangkan, kelemahan produk dapat kamu minimalisir dengan memperbaiki produk tersebut dengan inovasi baru.

3. Mencari Tahu Letak Masalah Bisnis

Mencari Tahu Letak Masalah Bisnis

Masalah yang terjadi dalam bisnis merupakan hal yang biasa, tetapi jika kamu tidak segera menyelesaikan masalah tersebut, maka akan mengganggu kestabilan perusahaan. Untuk memulai mencari masalah, kamu bisa berangkat dari lima komponen utama bisnis berikut ini, yakni sumber daya manusia, operasional, keuangan, kepemimpinan, dan pemasaran. Analisa satu per satu komponen tersebut untuk mencari celah masalah yang mungkin terjadi.kredit digital Julo

4. Buat Solusi Pemecahan Masalah dengan Segera

Buat Solusi Pemecahan Masalah dengan Segera

Jika kamu telah menemukan masalah yang terjadi dalam bisnis, selanjutnya buat solusi untuk pemecahan masalah tersebut. JULOvers bisa melakukan one-on-one dengan pihak yang terlibat sebagai salah satu metode penyelesaian masalah. Namun, jika kamu kesulitan mencari pemecahan solusi, jangan sungkan untuk meminta masukan dari berbagai pihak, termasuk keluarga, rekan kerja, mentor, bahkan pasangan.

5. Melakukan Analisa Kompetitor

Melakukan Analisa Kompetitor

Menganalisa kompetitor tentu sudah JULOvers lakukan saat akan menjalankan sebuah bisnis. Namun, menganalisa kompetitor tidak cukup hanya satu kali, lantaran mereka juga akan selalu melakukan inovasi untuk mengembangkan bisnis. 

Untuk itu, lakukan analisa kompetitor secara berkala atau sesuai dengan kebutuhan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan mereka. Selain dapat memahami strategi bisnis mereka, analisa kompetitor dapat membantu kamu membuat strategi bisnis baru untuk mengalahkan para kompetitor tersebut. 

6. Perbaiki Strategi Marketing

Perbaiki Strategi Marketing

 

Sebuah bisnis dapat berkembang dengan pesat jika mengaplikasikan strategi pemasaran yang tepat. Jika tingkat penjualan bisnis kamu stagnan, artinya kamu perlu melakukan analisa terhadap strategi pemasaran yang dilakukan.

Untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan mempermudah proses pembelian, pertimbangkan untuk mengimplementasikan aplikasi omnichannel yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan berbagai saluran penjualan, baiktoko online dan offline.

Dari hasil analisa tersebut, JULOvers bisa menemukan solusinya, baik itu memperbaiki strategi atau justru menggantinya dengan strategi yang baru. Sambol melakukan evaluasi, JULOvers perhatikan juga tren marketing yang sedang berkembang untuk dijadikan referensi dalam membuat strategi bisnis yang baru. 

Baca Juga: Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Baru

7. Riset Target Pasar Baru

Riset Target Pasar Baru

Selain menerapkan strategi marketing yang kurang tepat, kurang luasnya target pasar menjadi penyebab bisnis kamu tidak berkembang. Nah, cara mengembangkan usaha dalam kewirausahaan atau bisnis yang sedang dijalankan bisa dilakukan dengan riset target pasar baru. Setelah menemukan target pasar, lakukan rebranding supaya produk yang ditawarkan relevan dengan target pasar tersebut.

8. Perbarui Kemasan

Perbarui Kemasan

Memperbarui kemasan produk dapat menjadi salah satu cara yang efektif dalam mengembangkan usaha. Hal ini dilakukan supaya konsumen tidak merasa bosan dengan kemasan yang selama ini telah diterapkan. Saat mendesain kemasan baru, kamu dapat menyesuaikan gayanya dengan target pasar. 

Misalnya, JULOvers membuat produk untuk target pasar usia 20-30 tahun, maka desain kemasan harus sesuai dengan gaya remaja menuju dewasa. Menyesuaikan gaya produk dengan target pasar juga berlaku jika kamu akan membuat iklan promosi.

9. Lakukan Kolaborasi dengan Bisnis Lain

Lakukan Kolaborasi dengan Bisnis Lain

Kolaborasi dengan bisnis lain dapat memperkuat reputasi brand bisnis yang sedang kamu jalankan. Apalagi bisnis yang diajak kerjasama telah dikenal banyak orang dan lebih populer dari bisnis kamu. Di sini, kamu bisa meniru dan memodifikasi strategi bisnis yang dilakukan oleh bisnis tersebut. 

Selain bekerjasama dengan bisnis lain, kamu bisa berkolaborasi dengan influencer untuk mempromosikan produk bisnis kamu. Cara ini terbukti efektif dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan omset penjualan. 

10. Siapkan Hal-hal Untuk Kondisi yang Tidak Terduga

Siapkan Hal-hal Untuk Kondisi yang Tidak Terduga

Dunia bisnis sangat dinamis, bahkan tren bisnis hari ini bisa tiba-tiba menghilang keesokan harinya. Untuk menghadapi situasi yang demikian, kamu perlu mempersiapkan hal-hal untuk kondisi yang tidak terduga, baik itu rencana lain, dana darurat, dan lain sebagainya. Pastikan bisnis yang kamu jalankan memiliki inovasi yang dapat beradaptasi dengan cepat untuk menghadapi perubahan.

11. Melakukan Testing Produk

Melakukan Testing Produk

Penting untuk melakukan testing produk setiap kamu mengeluarkan produk baru. Hal ini akan sangat membantu mengembangkan bisnis dan meningkatkan omset penjualan. Bahkan kamu bisa melakukan eksperimen produk-produk baru kepada target pasar yang berbeda. Ini dilakukan guna menghadapi dunia bisnis yang dinamis. 

Namun, menemukan produk yang relevan dengan kebutuhan pasar membutuhkan proses trial and error. Sehingga semakin sering kamu bereksperimen, maka akan semakin banyak insight guna membuat produk terbaik.

Nah, itu dia cara mengembangkan usaha dalam kewirausahaan untuk menjadi sukses. Selain melakukan cara-cara di atas, penting juga untuk mengembangkan bisnis dengan menambah modal usaha. JULOvers bisa mendapat tambahan modal melalui aplikasi kredit digital dengan cara yang mudah, yaitu cukup dengan mengisi form dan melampirkan KTP. Dana akan langsung cair ke rekening kamu. Dapatkan promo siap melesat dengan  download aplikasi JULO sekarang juga.