Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
1. Akses Situs Resmi PLN untuk Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang
2. Gunakan Aplikasi Mobile PLN untuk Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang
3. Kunjungi Konter Tempat Pembelian Token
4. Menghubungi Call Center PLN 123
5. Mengajukan Pengaduan Melalui Media Sosial
6. Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang Melalui Email
Beli Token Listrik dengan JULO Kredit Digital!

Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang dengan Mudah

cara-cek-nomor-token-listrik-yang-hilang

JULOvers, tau gak sih, kadang-kadang kamu bisa kehilangan nomor token listrik yang penting banget. Situasi ini bisa terjadi ketika kertas token listrik hilang, terbuang, atau bahkan rusak. Ketika kamu kehilangan nomor token, rasanya pasti bikin khawatir dan bingung, apalagi jika kamu butuh menggunakan listrik dengan segera. Namun, jangan panik dulu deh! Tenang aja, karena artikel ini akan memberikan solusi sederhana buat kamu untuk tahu cara cek nomor token listrik yang hilang dengan mudah. Gak perlu ribet dan panik, yuk langsung simak aja!

Ketika kamu menghadapi situasi di mana nomor token listrikmu hilang, jangan langsung cemas. Ada beberapa cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui cara cek nomor token listrik yang hilang dengan mudah. Kamu akan menemukan bahwa ada beberapa opsi yang bisa kamu ambil untuk mendapatkan nomor tokenmu kembali dengan cepat dan efisien. Jadi gak perlu khawatir lagi untuk cara cek nomor token listrik yang hilang!

Baca Juga: Aplikasi Pinjaman Online, Simak 7 Kelebihan Pakai JULO!

Jadi, bagi kamu yang sedang menghadapi masalah kehilangan nomor token listrik, kamu berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan solusi sederhana untuk cara cek nomor token listrik yang hilang dengan mudah.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang akan disampaikan, kamu akan bisa mendapatkan nomor tokenmu kembali tanpa perlu panik dan khawatir. Jadi, simak terus artikel yang sudah dibuat JULO Kredit Digital ini untuk tahu Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang dengan Mudah!

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

1. Akses Situs Resmi PLN untuk Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang

cara-cek-nomor-token-listrik-yang-hilang

Salah satu cara cek nomor token listrik yang hilang adalah dengan menggunakan situs resmi PLN. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs resmi PLN Buka peramban web favoritmu dan kunjungi situs resmi PLN di alamat yang tertera. Pastikan kamu mengakses situs yang sah dan terpercaya.
  2. Pilih menu "Pelanggan" Setelah halaman utama situs terbuka, cari dan pilih menu yang bernama "Pelanggan". Biasanya, menu ini terletak di bagian atas atau samping halaman.
  3. Pilih "Identitas Pelanggan" dan masukkan IDPEL Di menu "Pelanggan", akan ada beberapa opsi yang ditampilkan. Pilih opsi yang bernama "Identitas Pelanggan" dan lanjutkan dengan memasukkan ID pelangganmu yang biasanya terdapat pada tagihan listrik atau kartu pelanggan.
  4. Cari nomor token listrik Setelah memasukkan ID pelanggan, klik tombol "Cari" atau opsi serupa yang tersedia. Tunggu sejenak sampai situs PLN memberikan informasi terkait 20 nomor token listrik yang sudah kamu beli. Kamu dapat melihat nomor token yang hilang di antara daftar tersebut.

 

2. Gunakan Aplikasi Mobile PLN untuk Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang

cara-cek-nomor-token-listrik-yang-hilang

Selain menggunakan situs resmi PLN, cara cek nomor token listrik yang hilang lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh PLN untuk memudahkan para pelanggannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi PLN Mobile Buka Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS) dan cari aplikasi PLN Mobile. Unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkatmu. Setelah selesai, buka aplikasinya.

  2. Pilih menu "Informasi" Setelah berhasil masuk ke aplikasi PLN Mobile, kamu akan melihat halaman utama dengan berbagai pilihan menu. Pilih menu yang bernama "Informasi".

  3. Cari "Informasi Tagihan dan Token Listrik" Di dalam menu "Informasi", cari dan klik opsi yang bernama "Informasi Tagihan dan Token Listrik". Biasanya, opsi ini terletak di bagian atas atau tengah halaman.

  4. Masukkan ID pelanggan dan temukan nomor token listrik Setelah memilih opsi "Informasi Tagihan dan Token Listrik", masukkan ID pelangganmu yang biasanya tertera pada tagihan listrik atau kartu pelanggan. Setelah itu, informasi mengenai pembelian token listrik terakhir beserta nomor tokennya akan muncul di layar. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah melakukan cara cek nomor token listrik yang hilang.

3. Kunjungi Konter Tempat Pembelian Token

cara-cek-nomor-token-listrik-yang-hilang

Cara cek nomor token listrik yang hilang berikutnya, salah satunya adalah dengan datang kembali ke tempat pembelian token.

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah mendatangi toko atau konter tempat kamu membeli token listrik sebelumnya. Umumnya, tempat-tempat tersebut masih menyimpan catatan transaksi terbaru.

Jika ada, mereka dapat membantu mencari cara cek nomor token yang hilang berdasarkan bukti transaksi yang telah kamu lakukan. Jika tidak ada bukti cetak yang tersedia, mereka mungkin memiliki akses ke aplikasi yang digunakan untuk penjualan token, dan dapat melakukan cara cek nomor token listrik yang hilang melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: Pinjaman Online Bunga Rendah, Gimana Peraturan dari OJK?

Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan informasi penting seperti ID pelanggan dan catatan tanggal serta waktu pembelian. Semua informasi ini akan membantu mempercepat proses cara cek nomor token listrik yang hilang dan membantu mereka menemukan nomor token yang hilang dengan lebih mudah. Dengan cara ini, kamu dapat memperoleh kembali nomor token listrik yang diperlukan untuk keperluanmu.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

4. Menghubungi Call Center PLN 123

cara-cek-nomor-token-listrik-yang-hilang

Apabila langkah di atas tidak bisa menyelesaikan masalah  =cara cek nomor token listrik yang hilang yang kamu hadapi, kamu dapat menghubungi call center PLN dengan nomor 123. Caranya sangat mudah yakni:

  • Siapkan nomor meteran atau ID pelangganmu
  • Hubungi nomor 123 diawali dengan kode area domisilimu
  • Jelaskan kepada petugas terkait masalah token yang kamu alami. Jika petugas bertanya nomor meteranmu, berikan nomornya dengan benar
  • Tunggu petugas melakukan pengecekan riwayat pembelian token beserta dengan nomor token yang terakhir kamu beli. Catat dengan baik nomor token yang diberikan oleh petugas dan masukkan ke meteran.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Mudah

Banyak pelanggan yang mungkin belum terlalu paham bahwa nomor token itu tidak sama dengan ID pelanggan. Nomor token adalah 20 digit nomor yang kamu dapatkan saat membeli token dan harus dimasukkan ke dalam meteran untuk mengisi pulsa listriknya. Sementara itu nomor ID pelanggan atau nomor meteran adalah 11 digit nomor yang dibutuhkan saat akan membeli token.

Jangan lupa melakukan pembayaran tagihan listrik online tepat waktu setelah mengetahui nomor listrik token agar terhindar dari denda. Gunakan JULO Kredit Digital sebagai solusi pembayaran tagihanmu dengan mudah. 

5. Mengajukan Pengaduan Melalui Media Sosial

cara-cek-nomor-token-listrik-yang-hilang

PLN juga menyediakan layanan pengaduan melalui akun media sosial resmi mereka. Kamu dapat memanfaatkannya untuk melaporkan masalah cara cek nomor token listrik yang hilang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi media sosial seperti Twitter atau Facebook. Cari akun resmi PLN dan pastikan bahwa itu adalah akun yang sah dan terverifikasi.
  2. Hubungi admin terkait melalui fitur Direct Message (DM) atau pesan pribadi. Kirim pesan langsung ke akun PLN tersebut dan sampaikan kebutuhanmu untuk mengetahui nomor token yang hilang. Pastikan untuk menyebutkan juga tanggal, jam, dan metode pembelian yang kamu gunakan.
  3. Sertakan nomor ID pelangganmu. Informasikan nomor ID pelangganmu yang terkait dengan akun listrikmu. Ini akan membantu tim PLN dalam melakukan pengecekan dan memberikan informasi yang akurat.
  4. Tunggu respons dari admin PLN. Setelah mengirimkan pesan pengaduan, tunggu sampai admin melakukan pengecekan dan memberikan cara cek nomor token yang hilang kepada kamu melalui pesan balasan. Pastikan untuk memperhatikan notifikasi atau pesan dari akun PLN tersebut.
Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

6. Cara Cek Nomor Token Listrik yang Hilang Melalui Email

cara-cek-nomor-token-listrik-yang-hilang

Selain melalui media sosial, kamu juga dapat mengajukan pengaduan melalui email. Meskipun tidak secepat melalui aplikasi, email tetap menjadi alternatif yang efektif. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kirimkan pengaduan melalui email. Tulis pengaduan mengenai kehilangan nomor token listrik yang kamu alami dan kirimkan ke alamat email pln123@pln.co.id. Sampaikan secara jelas masalah yang kamu hadapi dan pastikan untuk menyertakan nomor ID pelanggan, tanggal, jam, dan metode pembelian token.

  2. Tunggu balasan dari tim PLN. Setelah mengirimkan email pengaduan, tim PLN akan melakukan pengecekan dan memberikan respons dalam waktu 24 jam. Pastikan untuk memeriksa kotak masuk emailmu secara berkala untuk melihat jawaban dari tim PLN.

Dengan mengajukan pengaduan melalui media sosial atau email, kamu dapat memperoleh bantuan dan informasi mengenai cara cek nomor token listrik yang hilang. Pastikan untuk memberikan informasi yang lengkap dan akurat agar proses cara cek nomor token listrik yang hilang dapat dilakukan dengan baik oleh tim PLN.

Beli Token Listrik dengan JULO Kredit Digital!

Tarik Dana Online dengan JULO

Bayar listrik online anti ribet dengan JULO Kredit Digital! Bisa pilih bayar tagihan atau isi token listrik, pakai limit kredit sekarang bisa cicil saat gajian. Cukup dengan tiga langkah mudah, cek tagihan listrik PLN serta bayar listrik online di JULO saja! Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik fitur ‘Listrik PLN’ di aplikasi JULO.
  2. Pilih ‘Tagihan’ dan masukkan nomor meter atau ID pelanggan.
  3. Pilih tenor jangka waktu. Konfirmasi pembayaran listrik online dengan PIN dan tanda tangan.

Bagaimana, JULOvers, membeli token listrik bayar nanti di aplikasi JULO sangat mudah, bukan? Kamu tidak perlu lagi ribet beli token ke warung atau kesulitan bayar listrik ketika kamu belum gajian. Selain mudah, JULO Kredit Digital juga sudah berizin OJK dan kamu bisa mendapatkan limit hingga Rp15 juta.

Tidak perlu khawatir bayar cicilan karena bunga yang dikenakan hanya 0,1% per hari dan tenor sampai sembilan bulan. JULOvers juga bisa menyesuaikan pengembalian dengan tanggal gajian, semua urusan pembayaran kamu dijamin lebih mudah, deh.

Jadi tunggu apalagi? Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat bersama JULO Kredit Digital!

dana tunai

Pinjaman Uang Online Cepat Cair dan Resmi Tanpa Agunan di JULO

Nikmati mudahnya proses pengajuan tarik dan kirim dana pinjaman uang online dengan JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Cara Pengiriman Anti Telat dan Pelacakan Terkendali dengan Shopee Express
Gaya Hidup
sicepat
27 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza