Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Bisnis untuk Pemula yang Menguntungkan?
1. Les Online
2. Freelancer
3. Dropshipper
4. Jualan Snack
5. Katering Makanan
6. Kue dan Dessert
7. Laundry
8. Pet Shop
9. Makeup Artist
10. EO dan WO
11. Jasa Titip
12. Usaha Cuci Motor atau Mobil
Bagaimana Cara Berbisnis untuk Pemula?
1. Fokus Pada Satu Bisnis Saja
2. Buat Perencanaan yang Matang
3. Lakukan Evaluasi
4. Terus Belajar dan Berkembang
Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Bisnis untuk Pemula?
1. Gunakan Tabungan 
2. Pinjam Kerabat atau Teman
3. Sponsor Perusahaan Besar
4. Ajukan Pinjaman Online

Usaha yang Cocok untuk Pemula Tanpa Khwawatir Minim Skill dan Modal

bisnis untuk pemula

Mencari inspirasi bisnis untuk pemula dengan risiko yang ringan? JULOvers berada di tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini JULOvers akan diajak untuk melihat berbagai ide dan peluang bisnis untuk pemula yang bisa dicoba. 

Berbagai bisnis yang akan kamu lihat di bawah ini tidak sulit untuk dilakukan. Bahkan hanya membutuhkan sedikit modal. JULOvers hanya perlu keberanian untuk mencoba serta memberikan usaha yang terbaik. 

Selain berbagai ide bisnis, JULOvers juga akan diberi tahu bagaimana caranya berbisnis dengan baik sampai mencari modal yang dibutuhkan. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari simak informasinya di bawah ini. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Apa Saja Bisnis untuk Pemula yang Menguntungkan?

seorang pria sedang menunjuk grafik di layar laptop

Salah satu hal yang menjadi penghalang bagi para pemula adalah sulitnya mendapatkan ide usaha untuk dikembangkan. Namun tenang saja, ide bisa hadir dari mana saja, salah satunya informasi di bawah ini. Berikut berbagai ide bisnis untuk pemula yang bisa kamu coba.

Baca Juga: Apa itu Konsep Bisnis, Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

1. Les Online

seorang wanita sedang mengajar lewat laptop

Membuka bisnis les atau kursus online dapat mendatangkan keuntungan, dan cocok sebagai ide bisnis untuk pemula. Kamu tidak memerlukan modal untuk melakukannya. Siapkan saja laptop dan materi pembelajaran untuk murid yang akan kamu ajarkan. 

Selain itu pilihan pembelajarannya juga banyak. Mulai dari akademik seperti matematika dan IPA, hingga non-akademik seperti menari dan musik. Skill dan kemampuan yang kamu punya bisa menjadi peluang menjanjikan, bukan?

2. Freelancer

seorang freelancer wanita sedang bekerja di depan laptop

Saat ini pekerjaan freelancer sangat diminati oleh masyarakat khususnya anak-anak muda. Bekerja sebagai seorang freelancer dipilih karena tidak terikat kontrak layaknya bekerja di perusahaan. Jika kamu memiliki kemampuan untuk mendesain website, animasi, dan interior maka freelancer adalah pilihan yang tepat. 

Baca Juga: Ingin Jadi Seorang Freelance? Pahami Dulu Kekurangan dan Kelebihannya di Sini!

Tidak hanya desain, kamu bisa menjual hasil foto, video, atau tulisan yang sudah pernah dibuat. Langsung saja lampirkan di website-website freelance, lalu tunggu pesanan datang. 

3. Dropshipper

seorang dropshipper pria sedang mengantarkan paket

Membuka bisnis dropshipper dapat membawa keuntungan yang besar. Cara kerjanya serupa dengan reseller. Hanya saja kamu tidak perlu menimbun barang di rumah atau gudang. Kamu hanya perlu mencari supplier dengan produk berkualitas tinggi, aman, dan bisa dipercaya. 

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Selanjutnya buat media sosial, e-commerce, dan website untuk menjual produk-produk tersebut. Jika ada pesanan masuk, kamu hanya perlu memberitahukannya ke supplier

Kemudian supplier akan mengemas serta mengirimkan barang kepada pelanggan. Jadi bisa dibilang bahwa seorang dropshipper hanyalah perantara antara supplier dan pelanggan. Ini bisa menjai ide bisnis untuk pemula yang bagus bukan?

4. Jualan Snack

aneka snack di dalam toples bening

Berjualan makanan adalah ide biasa tetapi juga yang paling menguntungkan. Alasannya karena masyarakat terbuka dengan makanan baru yang muncul. Mereka tidak mengkritik dan justru malah ingin mencoba makanan baru tersebut. 

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Kamu bisa mencoba menjual keripik, jajanan sekolah, atau makanan khas daerah. Meskipun bukan sesuatu yang baru, kamu tetap bisa mencoba berbisnis dengan kreasi makanan yang sudah ada. Entah itu menambahkan rasa, membuat bentuk yang berbeda, atau memberikan nilai tambah lainnya. 

5. Katering Makanan

makanan katering siap di dalam wadah

Tinggal di area sekitar universitas atau perusahaan? Katering makanan cocok jadi bisnis untuk pemula yang bisa kamu coba! Sebelum membuatnya, kamu bisa survei lapangan terlebih dahulu. Cari tahu makanan yang mereka sukai.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Apakah banyak pekerja yang membutuhkan makanan siap jadi. Meskipun terlihat bahwa risikonya besar. Tetapi sebenarnya tidak demikian. Kamu tidak perlu khawatir soal makanan basi atau tidak habis. Kamu hanya perlu membuat makanan sesuai dengan pesanan yang ada. 

6. Kue dan Dessert

kue dessert dengan toping fla coklat di atas piring

Bisnis untuk pemula yang satu ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Berbagai kue dan dessert ala Korea bisa menjadi bisnis menguntungkan untuk dicoba. Membuat makanan seperti ini tidak memerlukan modal yang besar. 

Baca Juga: Aneka Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional yang Menjanjikan

Sebagai awal, kamu hanya perlu membuat satu sampai dua kue untuk ditawarkan ke media sosial. Kamu juga bisa membuat beberapa dessert untuk dibagikan kepada kerabat atau teman sebagai cara untuk memasarkan sekaligus survei rasa. Jika hasil survei dan feedbacknya baik maka kamu bisa melanjutkan bisnis tersebut. 

7. Laundry

seorang ibu-ibu sedang merapikan baju di laundry

Bisnis untuk pemula lainnya ialah laundry. Membuka bisnis laundry saat ini sangat menguntungkan. Susahnya mencari asisten rumah tangga yang jujur dan bisa dipercaya membuat masyarakat beralih ke jasa laundry

Meskipun modal yang dikeluarkan cukup besar dari bisnis lainnya. Namun mesin cuci dan mesin pengering yang dibeli bisa bertahan untuk waktu yang lama. Jika dirawat dengan baik, kamu bahkan bisa menggunakannya untuk 5-8 tahun mendatang.  

8. Pet Shop

seorang wanita dan pria sedang menggendong anjing di pet shop

Menyukai hewan peliharaan? Ini bisa jadi peluang untuk membuka tempat penitipan (pet hotel) atau toko barang-barang kebutuhan hewan peliharaan. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dapat mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah. 

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Cocok untuk kamu yang berusia 21 tahun ke atas dan punya penghasilan min. Rp2,5 juta. Bunga ringan, tenor panjang!
Tidak banyak yang membuka pet shop atau pet hotel dengan kualitas bagus. Jadi saat kamu memberikan kualitas produk dan layanan yang sangat baik maka bisnis ini pasti mendatangkan keuntungan besar. 

9. Makeup Artist

kumpulan peralatan makeup artist

Kesenangan kamu terhadap makeup dan produk-produk kecantikan juga bisa dibuat bisnis loh. Semua produk yang sudah pernah kamu beli bisa dijadikan modal untuk mendandani kerabat dan teman-teman. 

Menjadi makeup artist tidak harus mengikuti kursus terlebih dahulu. Keahlian yang sudah kamu asah selama bertahun-tahun bisa menjadi modal awal yang cukup. Kamu bisa mengambil kursus atau sekolah makeup ketika pendapatan yang didapatkan cukup untuk membayar biaya tersebut.

10. EO dan WO

sekumpulan orang sedang berdiskusi di meja

Keadaan pandemi COVID-19 yang makin membaik membuat banyak orang mulai mengadakan pesta ulang tahun dan pernikahan di gedung serta taman. Kamu bisa memanfaatkan keadaan ini untuk membuka EO atau WO.

Baca Juga: Ini Dia 8 Contoh Peluang Usaha di Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

Tentukan target yang kamu tuju, kumpulkan tim berpengalaman, siapkan peralatan, dan buat perencanaan yang matang. Satu acara yang kamu kelola dengan baik dapat menghasilkan pendapatan sebesar Rp10 juta - Rp50 juta. 

11. Jasa Titip

Jasa Titip

Bagi JULOvers yang memiliki hobi jalan-jalan atau sekedar window shopping, maka usaha satu ini sangat cocok bagi kamu. Jasa titip sendiri adalah usaha yang membantu orang-orang ingin membeli barang namun terhalang oleh jarak atau waktu. Jadi, nantinya kamu akan membelikan barang untuk seseorang yang kemudian akan ditebus oleh pembeli sejumlah harga barang dan komisi untukmu

Buat kamu yang masih bekerja, kamu bisa menjalankan bisnis ini disela-sela waktu libur. Kamu juga tidak membutuhkan modal terlalu besar untuk membuka usaha ini.

Lalu, bagaimana kamu dapat mulai membuka usaha ini?

Kamu bisa mulai dengan memposting barang-barang yang kamu temukan ketika kamu sedang berjalan-jalan atau berbelanja di sosial media kamu. Untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas atau grup yang menyediakan wadah bagi para penyedia layanan dan pengguna layanan titip beli.

12. Usaha Cuci Motor atau Mobil

Usaha Cuci Motor atau Mobil

Bagi JULOvers yang memiliki rumah dengan garasi atau petak kosong yang cukup luas, maka kamu bisa mencoba peluang bisnis satu ini.

Layanan cuci motor atau mobil merupakan salah satu usaha yang tidak akan ada matinya. Mengapa? Karena akan selalu ada orang yang membutuhkan jasa cuci untuk motor atau mobil.

Untuk membuka kedua usaha ini memang terblang cukup mahal. Kamu kurang lebih akan membutuhkan modal 7.5 hingga 8 juta rupiah. Untuk usaha cuci mobil sendiri kamu bahkan akan membutuhkan modal hingga puluhan juta.

Modal ini kebanyakan akan digunakan untuk membeli alat, seperti kompresor, selang, tangki, dan jika JULOvers memiliki uang lebih, untuk membeli hidrolik motor atau mobil. Modal tersebut juga belum termasuk biaya sewa tempat.

Namun, keuntungan yang dihasilkan dari usaha ini juga tidak main-main. Kalau usaha kamu sedang ramai, kamu bahkan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Dan karena usaha ini tidak ada matinya, dalam arti akan selalu ada yang membutuhkan, kamu bisa memastikan bahwa investasi kamu akan terbayar pada suatu saat.

kredit digital Julo

Bagaimana Cara Berbisnis untuk Pemula?

seseorang sedang menunjuk layar laptop yang bertuliskan profit

Semua orang pasti ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Berbicara soal keuntungan pasti membutuhkan usaha dan persiapan yang sangat matang. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pebisnis pemula. 

1. Fokus Pada Satu Bisnis Saja

seseorang sedang mendesain di laptop

Peluang bisnis untuk pemula yang bisa kamu jalankan memang banyak. Tetapi jangan langsung memutuskan untuk menjalankan semuanya. Pilihlah satu bisnis yang kamu suka dan terus fokus dalam membangunnya. Memilih bisnis untuk pemula berdasarkan kesukaan akan membuat kamu menjadi lebih disiplin dan berkomitmen. 

2. Buat Perencanaan yang Matang

seorang wanita sedang mendesain di komputer

Membuat perencanaan yang matang sangat penting. Kamu perlu memikirkan semua proses produksi dari awal hingga akhir. Contohnya seperti mencari lokasi, cara produksi, pengemasan, pengiriman, hingga strategi pemasaran yang akan digunakan. 

3. Lakukan Evaluasi

seseorang sedang mengetik di laptop

Setelah semuanya berjalan, jangan lupa melakukan evaluasi mengenai semua teknik dan strategi yang digunakan. Apakah proses produksi dan pengiriman yang dijalankan sudah efektif.

Baca Juga: Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Baru

Apakah uang yang sudah dikeluarkan memberikan pengembalian pendapatan yang maksimal. Menanyakan dua pertanyaan tersebut bisa membantu kamu untuk mengevaluasi bisnis secara objektif. 

4. Terus Belajar dan Berkembang

seseorang sedang belajar di laptop sambil menulis di buku

Kesuksesan tidak akan selalu datang dalam waktu yang cepat. Pebisnis yang satu dengan yang lain memiliki waktunya masing-masing. Jadi perbandingan antara bisnis kamu dan orang lain bukan hal yang penting untuk dipikirkan. 

Seharusnya belajar hal baru dan membuat perkembangan menjadi fokus utama dalam membangun bisnis. Selalu berusaha memberikan kualitas terbaik kepada para pelanggan adalah prioritas utama. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Bisnis untuk Pemula?

dokumen yang berisikan langkah memulai bisnis

Uang menjadi aspek krusial dalam semua persiapan yang kamu lakukan. Sering kali uang merupakan alasan banyak orang tidak berani untuk memulai bisnis. Apakah kamu salah satunya?

Baca Juga: Kenali 5 Sumber Modal Usaha Pilihan Pebisnis Ini

Kamu tidak perlu lagi merasa demikian. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan. 

1. Gunakan Tabungan 

seseorang sedang memegang stoples berisikan koin

Menggunakan tabungan pribadi untuk memulai usaha termasuk salah satu cara yang tepat. Kamu jadi tidak memiliki beban utang karena meminjam dari bank atau kerabat. Namun kamu perlu memastikan bahwa jumlah uang di tabungan cukup untuk dana darurat dan modal usaha.

Jangan habiskan semua uang di tabungan agar kamu masih bisa bersiap menghadapi keadaan tidak pasti yang ada pada masa depan. 

2. Pinjam Kerabat atau Teman

seseorang sedang memberikan uang

Jika uang di tabungan tidak cukup maka meminjam dari kerabat atau teman menjadi pilihan selanjutnya. Meskipun lebih mudah meminjam uang dari kerabat, bukan berarti kamu bisa seenaknya saja. 

Kamu tetap harus memberikan proposal bisnis yang memuat detail pengeluaran. Buat juga perjanjian tertulis antara kamu dan kerabat supaya relasi yang sudah dibangun tidak rusak karena masalah pinjaman. 

3. Sponsor Perusahaan Besar

seorang pria sedang menjelaskan rencana bisnisnya

Menggunakan dana sponsor dari perusahaan tentu memudahkan kamu untuk mendapatkan modal. Namun untuk mendapatkannya kamu harus mengikuti berbagai kompetisi atau seminar yang mereka adakan. 

Jika kamu terpilih maka rencana bisnis yang sudah dibuat bisa diberikan sponsor oleh perusahaan tersebut. Itu berarti kamu perlu mempersiapkan proposal bisnis yang detail, unik, dan realistis agar perusahaan menjadi tertarik. 

4. Ajukan Pinjaman Online

seorang pria tampak bahagia di depan laptop

Cara lainnya dilakukan dengan mengajukan pinjaman online melalui bank atau fintech yang sudah terdaftar di OJK. Pinjaman online ini memiliki persyaratan yang mudah dipenuhi. Proses pengajuannya pun cepat. 

Salah satu fintech yang aman ialah JULO. Kamu bisa menggunakan JULO untuk menarik uang agar kebutuhan modal usaha terpenuhi. Limit yang diberikan juga besar. Soal tenor kamu tidak perlu khawatir karena bisa disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan. 

Itu dia berbagai macam bisnis untuk pemula yang bisa kamu coba. Kini kamu lebih mengerti apa saja yang perlu dilakukan ketika akan membuat bisnis. Soal modal bahkan tidak perlu menjadi masalah. Semua cara dan tip yang JULOvers butuhkan untuk memulai suatu bisnis sudah dijelaskan. 

Kalau begitu ini saatnya JULOvers untuk bertindak dan mempraktikkan informasi yang baru saja dipelajari. Jangan lupa untuk download aplikasi JULO agar kamu bisa dengan mudah melakukan transfer atau tarik tunai kebutuhan bisnis. 

JULO merupakan aplikasi kredit digital aman yang siap membantu bisnis kamu melesat. #SiapMelesat bersama JULO? Download aplikasi JULO dan manfaatkan semua promo siap melesat sekarang juga!

Artikel Lainnya