Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Pengertian Usaha Franchise
Rekomendasi Bisnis Franchise dengan Untung Besar
Bisnis Franchise Makanan Korea
Bisnis Franchise Fast Food 
Bisnis Franchise Minimarket Modal Kecil
Bisnis Franchise Minimarket Modal Besar
Bisnis Franchise Laundry
Bisnis Franchise Minuman Kekinian
Cari Modal Usaha? Gunakan JULO Kredit Digital!

20+ Ide Bisnis Franchise, Punya Usaha Lebih Gampang!

Ide Bisnis Franchise

Bisnis franchise atau waralaba adalah salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi wirausahawan pemula yang ingin memperoleh untung besar. Pasalnya, produk yang dijual lebih mudah menjangkau target pasar karena telah memiliki reputasi.

Tertarik untuk menjajal peluang usaha ini? Yuk simak penjelasan dan rekomendasi waralaba berikut!

Pengertian Usaha Franchise

nintendo-switch

Franchise atau waralaba adalah skema bisnis yang memungkinkan pemilik bisnis (franchisor) untuk memberikan izin pada pihak lain (franchise) untuk menjual produk milik franchisor menggunakan merek dagang dan sistem operasionalnya.

Biasanya, produk yang dijadikan bisnis franchise sudah terkenal di kalangan masyarakat atau terbukti berhasil sehingga lebih mudah untuk dikenali konsumen.

Rekomendasi Bisnis Franchise dengan Untung Besar

Berikut ini telah kami rangkum 30 peluang usaha waralaba yang dapat kamu coba.

Bisnis Franchise Makanan Korea

Ide Bisnis Franchise Makanan Korea

Akhir-akhir ini, makanan Korea sangat populer di berbagai kalangan. Bahkan omzet perharinya pun dapat mencapai jutaan rupiah. Nah, ini dia beberapa penyedia waralaba makanan Korea dengan modal kecil dan untung besar yang dapat kamu coba:

  1. Kimbab Ina: Terdapat beberapa paket yang dapat kamu pilih, mulai dari Paket Orini Korean Yangnyom Chicken seharga Rp4.7 juta hingga Paket Puja Saran Korean Yangnyom Chicken seharga Rp30 juta. 
  2. Holdak: Modal yang harus kamu siapkan berkisar Rp100 juta, sudah termasuk harga booth dan alat-alat dapur.
  3. Posarang: Modal untuk Paket Gerobak berkisar Rp40 juta, sedangkan untuk Paket Gerobak Plus adalah Rp55 juta.
  4. Samwon: Biaya franchise SamWon sangat terjangkau, bahkan mulai dari Rp1 jutaan saja.
  5. Moshi Moshi: Harga paket ditentukan dari ukuran gerobak. Harga untuk gerobak 2x1.2m yakni Rp18.9 juta, sementara untuk ukuran 2x1.5m adalah Rp35 juta.
  6. Mugunghwa: Mugunghwa memiliki 3 paket berbeda, mulai dari Rp65 juta, Rp90 juta, dan Rp150 juta

Bisnis Franchise Fast Food 

Bisnis franchise yang sudah pasti meraup untung besar karena memiliki reputasi tinggi dan terbukti larisnya adalah waralaba makanan cepat saji. Ada beberapa merek yang dapat kamu pilih, seperti McDonald’s, KFC, Pizza Hut, Subway, dan Dunkin’ Donuts.

Adapun modal awal bisnis franchise makanan cepat saji umumnya tergolong tinggi, misalnya saja McDonald’s dengan modal awal Rp4.5 miliar- Rp32 miliar, modal franchise KFC sebesar Rp1.5 miliar - Rp2 miliar, Pizza Hut hingga Rp32 miliar, Subway sekitar Rp1 miliar - Rp2 miliar, dan Dunkin’ Donuts mulai dari Rp1.6 miliar hingga Rp25 miliar.

Bisnis Franchise Minimarket Modal Kecil

Bisnis Franchise Minimarket

Usaha franchise minimarket juga dapat menghasilkan untung besar, lho. Apalagi jika kamu membukanya di area perkotaan. Berikut ini pilihannya:

  1. LeuMart: Modal awal untuk waralaba berbentuk warung adalah Rp32 juta sedangkan untuk gerai minimarketnya adalah Rp74 juta, keduanya sudah termasuk perlengkapan dan produk.
  2. Homart: Minimarket ini cukup dikenal masyarakat meskipun eksistensinya masih terbilang baru. Untuk menjadi franchisee, kamu cukup mengeluarkan modal mulai dari Rp60 juta.
  3. Rajawali Mart: Modal awal waralaba yang perlu kamu siapkan adalah sekitar Rp150 juta.
  4. Lotte Grosir: kamu cukup menyediakan investasi sebesar Rp77 juta saja untuk menjadi franchisee minimarket popular yang satu ini.

Bisnis Franchise Minimarket Modal Besar

Jika kamu memiliki modal di atas Rp200 juta, tidak ada salahnya untuk memilih beberapa bisnis franchise minimarket ternama berikut:

  1. Alfamidi: Meski modal awalnya mencapai Rp1.2 miliar, namun laba yang dapat diraup dari bisnis franchise Alfamidi cukup besar, yakni hingga Rp800 juta.
  2. Alfamart: Biaya bisnis franchise Alfamart ditentukan oleh jumlah rak yang diinginkan. Untuk tipe 9 rak, biayanya Rp300 juta, sedangkan tipe 45 rak dihargai senilai Rp500 juta.
  3. Indomaret: Untuk membuka gerai Indomaret, kamu perlu menyiapkan lahan seluas 150 hingga 200 meter persegi dan modal sebesar Rp400 juta.

Bisnis Franchise Laundry

Ide Bisnis Franchise Laundry

Selain makanan dan minimarket, bisnis franchise juga tersedia dalam peluang usaha laundry lho. Peluang usaha ini sangat mungkin menghasilkan untung besar apabila kamu membukanya di area kost mahasiswa.

  1. SuperWash: Harga outlet waralaba laundry SuperWash berkisar antara Rp45 juta hingga Rp115 juta dengan omzet 150-200kg perhari.
  2. Mr. Klin: Modal waralaba Mr.Klin cukup terjangkau, yakni Rp36 juta hingga Rp67 jutaan saja.
  3. CleanLite: Jika kamu ingin membuka bisnis laundry koin, maka CleanLite dapat menjadi salah satu pilihan waralaba. Modal awal untuk usaha ini sekitar Rp65 juta hingga Rp360 juta.
  4. Simply Fresh: kamu juga bisa membuka bisnis franchise melalui binatu terbesar di Indonesia ini dengan modal antara Rp45 juta sampai Rp115 juta.

Bisnis Franchise Minuman Kekiniannintendo-switch

Bisnis franchise yang satu ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi popularitas dan omzetnya. Berikut ini beberapa pilihannya:

  1. Mixue: Untuk membuka bisnis Mixue, kamu perlu merogoh modal sekitar Rp700 juta, dengan peluang omzet Rp10 juta perhari.
  2. Teh Poci: Biaya awal waralaba Teh Poci sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp5 jutaan, dengan omzet minimal Rp9 juta perbulan.
  3. Es Teh Indonesia: Estimasi modal awal waralaba Es Teh adalah Rp120 juta, dengan omzet kurang lebih Rp5 juta perhari.
  4. Janji Jiwa: Meskipun modal awal waralaba Janji Jiwa mencapai Rp150 jutaan, namun omzetnya cukup menjanjikan, yakni kurang lebih Rp140 juta tiap bulannya.

Nah itu dia beberapa rekomendasi peluang usaha franchise yang dapat kamu pilih. Pastikan untuk melakukan riset lokasi, selera konsumen, dan menghitung modal terlebih dahulu sebelum memilih, ya!

Cari Modal Usaha? Gunakan JULO Kredit Digital!

pinjaman-online-legal

Mau mulai jadi pengusaha bisnis franchise tapi bingung cari pinjaman modal usaha limit tinggi? Tenang, ada JULO Kredit Digital untuk awali perjalanan usahamu! Tarik dana tunai hingga Rp15 juta, cair cepat, anti ribet! JULO Kredit Digital juga sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Selain aman dan terpercaya JULO Kredit Digital juga memiliki limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasi, di JULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 20.000 hanya dengan mendaftar di JULO Kredit Digital menggunakan kode promo HIDUPKAN ,lho! Jadi tunggu apalagi? Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

 

Cari Modal Usaha Makin Gampang dengan JULO!

Wujudkan mimpi punya usaha dengan fitur Tarik Dana di JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Cara Pengiriman Anti Telat dan Pelacakan Terkendali dengan Shopee Express
Gaya Hidup
sicepat
27 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza