Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Itu Scaling Gigi?
Manfaat Scaling Gigi
1. Mencegah Terjadinya Penyakit Gusi
2. Membuat Nafas Segar, Senyum Cerah, dan Percaya Diri Meningkat
3. Mencegah Gigi Berlubang
4. Membantu Gigi Berumur Lebih Panjang
Prosedur Scaling Gigi
Estimasi Biaya Scaling Gigi di Berbagai Fasilitas Kesehatan
1. Estimasi Biaya Scaling Gigi di Puskesmas
2. Estimasi Biaya Scaling Gigi di Klinik
3. Estimasi Scaling Gigi di Rumah Sakit
Kamu Membutuhkan Dana Scaling Darurat?

Estimasi Biaya Scaling Gigi Lengkap di Fasilitas Kesehatan

estimasi biaya scaling gigi

 

Ingin tahu biaya scaling gigi di berbagai instansi kesehatan? Berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, 56% penduduk Indonesia mengeluhkan permasalahan pada gigi dan mulut. Namun, hanya 11% saja yang mendatangi fasilitas kesehatan resmi untuk mendapatkan perawatan, termasuk scaling.

Hal ini menunjukkan kepedulian dan pemahaman akan pentingnya tindakan kesehatan gigi dan mulut (kesgilut) di tengah masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Jadi, sebelum membahas estimasi biaya, sebaiknya kamu mengenal lebih jauh dulu tentang scaling gigi dan manfaatnya.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Apa Itu Scaling Gigi?

Mengutip dari laman resmi Ciputra Hospital (2024), scaling merupakan prosedur medis yang dilakukan untuk membersihkan karang gigi. Karang gigi alias dental calculus merupakan kotoran yang mengeras pada permukaan gigi, biasanya dari penumpukan sisa makanan.

Kotoran tersebut lama tidak dibersihkan, sehingga terus menumpuk dan kemudian menjadi keras, serta berubah warna menjadi kehitaman. Jika dental calculus sudah terbentuk, tidak mungkin lagi membersihkan dengan sikat gigi atau larutan kumur, melainkan dengan tindakan scaling.

Scaling sendiri dulu menggunakan peralatan konvensional seperti sonde, pinset, dan sejenisnya yang terbuat dari stainless steel dan memiliki ujung runcing serta tajam. Namun saat ini, berkat perkembangan teknologi, cukup menggunakan satu alat, yaitu scaler elektronik yang lebih praktis dan cepat.

Baca juga: Pentingnya Perlindungan Kesehatan, Mengapa Harus Memiliki BPJS?

Manfaat Scaling Gigi

Bila sudah mendapatkan diagnosa karang gigi menumpuk, maka kamu wajib mulai memikirkan estimasi biaya scaling gigi di Puskesmas maupun fasilitas kesehatan lainnya. Opsi perawatan scaling harus kamu ambil sebagai solusi, karena manfaatnya banyak. Bersumber dari Halodoc (2023), berikut serangkaian manfaatnya.

1. Mencegah Terjadinya Penyakit Gusi

Biaya scaling gigi yang kamu bayarkan sebanding dengan manfaat satu ini, yaitu mencegah terjadinya penyakit pada gusi. Sebagaimana kamu tahu, gusi merupakan tempat gigi tertanam. Bila gigi mengalami penumpukan karang penuh bakteri, tentu berimbas buruk pula pada kesehatan gusi.

Gusi berpotensi mengalami peradangan atau dalam istilah medis disebut gingivitis. Bila kamu biarkan berlarut tanpa perawatan medis, dapat semakin parah hingga menjadi periodontitis alias radang gusi akut pemicu gigi tanggal, ulkus atau luka lecet pada gusi, dan pembengkakan alias abses.

2. Membuat Nafas Segar, Senyum Cerah, dan Percaya Diri Meningkat

Manfaat berikutnya memiliki gigi yang terbebas dari dental calculus adalah kamu terhindar dari bau mulut, bisa tersenyum lebih cerah dan lebar, serta otomatis kepercayaan diri meningkat. Sementara dengan karang gigi, napasmu akan bau dan tidak percaya diri tersenyum, apalagi bicara.

3. Mencegah Gigi Berlubang

Biaya scaling gigi BPJS maupun non BPJS yang kamu bayar mampu mencegah munculnya gigi berlubang (karies). Sebab, perkembangbiakan bakteri dan kuman pada karang gigi akan memudahkan pengikisan lapisan gigi (enamel) hingga membuatnya berlubang dan berakibat sering terasa nyeri.

4. Membantu Gigi Berumur Lebih Panjang

Manfaat lainnya dari menjalani perawatan dan membayar biaya scaling gigi adalah membantu gigi kamu jadi berusia lebih panjang. Sebab, hilangnya dental calculus meminimalisir kerusakan lapisan dan jaringan gigi, sehingga bisa terus sehat dalam periode yang panjang.

Prosedur Scaling Gigi

Sudah paham bukan betapa penting melakukan tindakan scaling gigi? Bagaimana dengan prosedur membersihkan karang gigi secara medis tersebut? Sesuai dengan biaya scaling gigi di klinik dan fasilitas kesehatan lainnya, prosesnya memang cukup panjang, sebagaimana mengutip dari laman MyDents berikut.

  1. Pemeriksaan dilakukan pada pasien, untuk mengetahui kondisi keparahan kasus karang giginya.
  2. Dokter atau spesialis mengisi rekam medis sebagai arsip data dan acuan, bila pasien kemudian hari melakukan pemeriksaan lanjutan.
  3. Tenaga medis wajib menggunakan masker dan sarung tangan selama tindakan.
  4. Tidak boleh memakai perhiasan ataupun aksesoris lainnya.
  5. Alat hand instruments (scaling konvensional) dan ultrasonic instrument (scaling elektronik) disiapkan di meja, begitu pula dengan air kumur pasien.
  6. Pasien wajib menggunakan penyangga pipi (cheek retractor) Proses pembersihan karang gigi dilakukan dengan membagi area rahang menjadi empat bagian, yaitu kiri atas, kanan atas, kiri bawah, dan kanan bawah. Pembersihan berlangsung per regio.
  7. Bila sudah selesai seluruh regio, penyangga pipi dilepas dan pasien berkumur dengan larutan kumur.

Prosedur bisa berlangsung antara 20-60 menit, tergantung tingkat keparahan kasus. Biasanya, biaya scaling gigi juga bergantung pada kerumitan pengerjaannya. Semakin tebal karang gigi, maka membutuhkan waktu lebih lama dan otomatis juga biaya semakin tinggi.

Baca juga: Jantung Sehat, Hidup Tenang! Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda!

Estimasi Biaya Scaling Gigi di Berbagai Fasilitas Kesehatan

Jadi, berapa sebenarnya perkiraan biaya yang perlu kamu siapkan bila melakukan perawatan scaling di berbagai fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas, klinik, dan rumah sakit? Inilah estimasi biaya perawatan kesehatan gigi dan mulut tersebut di berbagai instansi kesehatan.

1. Estimasi Biaya Scaling Gigi di Puskesmas

Pertama, perkiraan biaya untuk tindakan membersihkan karang gigi di Puskesmas. Pasien non BPJS dan asuransi kesehatan lainnya bisa dikenakan biaya sekitar Rp80.000,00 – Rp100.000,00 untuk keseluruhan rahang. Jika memiliki asuransi atau BPJS, maka gratis, karena termasuk tindakan medis, bukan estetik. Meskipun demikian, scaling kadang memang dianggap sebagian analis kredit sebagai tindakan estetika, sehingga klaim asuransi sering sulit cair untuk perawatan yang satu ini. Padahal, menurut medis, pembersihan karang gigi cenderung mengarah pada tindakan menjaga kesehatan gigi dan mulut, bukan kecantikan.

2. Estimasi Biaya Scaling Gigi di Klinik

Sementara untuk biaya scaling gigi di klinik biasanya menyesuaikan daerahnya. Jabodetabek umumnya mulai Rp150.000,00 – Rp500.000,00 untuk kasus ringan sampai sedang, bisa mencapai Rp1.000.000,00 untuk karang gigi parah. Sementara di Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai kisaran Rp100.000,00 – Rp300.000,00 saja.

3. Estimasi Scaling Gigi di Rumah Sakit

Sama seperti pembersihan karang gigi di klinik, di rumah sakit juga biasanya berdasarkan daerahnya. Namun kisarannya sekitar Rp100.000,00 – Rp350.000,00 untuk rumah sakit daerah dan swasta menengah di seluruh daerah Indonesia. Sementara untuk swasta kelas atas bisa lebih dari Rp1.000.000,00.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Cocok untuk kamu yang berusia 21 tahun ke atas dan punya penghasilan min. Rp2,5 juta. Bunga ringan, tenor panjang!

Kamu Membutuhkan Dana Scaling Darurat?

Tentunya biaya scaling gigi tidak terlalu membebani, jika sejak awal sudah menyiapkan dana darurat untuk tindakan kesehatan atau terdaftar BPJS dan produk asuransi. Namun, bagaimana jika tidak memiliki semuanya, sedangkan kamu harus segera melakukan pembersihan karang gigi? Tidak perlu panik, ya!

Sebab, kamu bisa cicil biaya kesehatan dengan JULO Paylater, termasuk untuk perawatan scaling gigi. JULO Paylater adalah produk pembiayaan khusus tindakan medis di lebih dari 25.000 fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan JULO.

Pahami cara bayar beragam biaya kesehatan dengan JULO! Ikuti 3 langkah praktis di bawah ini:

  1. Klik fitur Biaya Kesehatan pada aplikasi JULO.
  2. Tambahkan detail rumah sakit tujuan seperti nama rumah sakit / klinik / apotek / aplikasi kesehatan, no. rekening / VA, dan nama pasien.
  3. Masukkan jumlah pembayaran dan pilih tenornya. Lalu, konfirmasi pembayaran dengan PIN dan Tanda Tangan Elektronik. Selesai, deh!

Kamu bisa bayar biaya kesehatan online dan offline seperti rumah sakit, klinik, apotek, lab atau aplikasi kesehatan. Lunasi biaya kesehatan sekarang, bayarnya bisa belakangan saat gajian!

tarik dana

Cicil Biaya Kesehatan di Puluhan Ribu Faskes dengan JULO!

Dapatkan limit hingga 50 Juta, Cicilan Ringan dengan Tenor Hingga 9 Bulan.

Artikel Lainnya