Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Biaya Perpanjangan SIM C
1. Biaya Dasar Perpanjangan SIM C
2. Biaya Tambahan
3. Biaya Apabila SIM Hilang atau Rusak
Cara Mengefisiensi Biaya Perpanjangan SIM C
Kredit Motor Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu

 Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu

Hai JULOvers!

Pernahkah kamu berpikir tentang biaya perpanjangan SIM C? Kami di sini ingin memudahkanmu dengan memberikan informasi yang lengkap dan mudah dimengerti.

Biaya Perpanjangan SIM C

Penting untuk diingat bahwa setiap kali SIM C (Surat Izin Mengemudi Kelas C) kamu habis masa berlakunya, perpanjanglah sesegera mungkin. Namun, sebelum pergi ke kantor SAMSAT terdekat, penting untuk mengetahui biaya-biaya yang terkait.

1. Biaya Dasar Perpanjangan SIM C

Biaya dasar perpanjangan SIM C bervariasi tergantung pada wilayah masing-masing. Pastikan kamu mengecek informasi terbaru di kantor SAMSAT atau situs web resmi mereka. Biasanya, biaya dasar mencakup perpanjangan SIM dan penerbitan fisik SIM baru. PNBP SIM C masih tergolong lebih terjangkau, yaitu Rp75.000,00. Namun SIM ini juga dikenai tarif tambahan tes kesehatan dan asuransi yang sama. Jadi,  total biaya perpanjangan SIM C adalah Rp130.000,00.

2. Biaya Tambahan

Selain biaya dasar, mungkin ada biaya tambahan yang perlu kamu pertimbangkan. Contohnya adalah biaya administrasi dan pelayanan. Pastikan untuk menanyakan hal ini kepada petugas yang bertugas agar tidak ada kejutan tidak menyenangkan. Saat memperpanjang SIM, wajib mengikuti tes psikologi dengan biaya Rp 60.000. Ada juga biaya tambahan lainnya, yakni cek kesehatan Rp 25.000 dan asuransi Rp 50.000.

3. Biaya Apabila SIM Hilang atau Rusak

Jika SIM C-mu hilang atau rusak, ada kemungkinan kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk penggantian. Jangan lupa melaporkan kehilangan SIM secepat mungkin dan ikuti prosedur yang ditentukan. Biaya dasar perpanjangan SIM C sebesar Rp 75.000 untuk SIM yang Hilang.

Cara Mengefisiensi Biaya Perpanjangan SIM C

Tentu saja, kita semua ingin menghemat sebanyak mungkin, bukan? Berikut beberapa tips untuk membantu kamu mengelola biaya perpanjangan SIM C:

  1. Perpanjang Sebelum Masa Berakhir: Jangan tunggu hingga SIM-mu benar-benar habis masa berlakunya. Perpanjanglah beberapa minggu sebelumnya untuk menghindari biaya keterlambatan.

  2. Pahami Jenis Biaya: Pastikan kamu memahami jenis-jenis biaya yang dikenakan. Ini akan membantu kamu menghindari biaya yang tidak perlu.

  3. Simak Informasi Terkini: Pastikan kamu selalu mendapatkan informasi terkini mengenai biaya perpanjangan SIM C dari sumber resmi seperti kantor SAMSAT.

  4. Jaga SIM C-mu dengan Baik: Hindari kehilangan atau merusak SIM C-mu. Selalu simpan di tempat yang aman dan hindari membawa dompet secara sembarangan.

Dengan memahami biaya perpanjangan SIM C dan mengambil langkah-langkah yang tepat, proses ini akan menjadi lebih mudah dan efisien. Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas SAMSAT jika ada hal yang kurang jelas. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat berkendara dengan SIM C yang baru!

Ingatlah, JULOvers, keselamatan di jalan adalah yang utama. Tetap patuhi aturan lalu lintas dan jaga SIM C-mu dengan baik. Salam Berkendara!

Kredit Motor Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Khusus di aplikasi JULO, kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan limit Rp50 juta dan tenor 9 bulan serta bunga yang sangat ringan, hanya 0,1% per hari! Pinjaman online bunga rendah bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin segera memiliki motor idaman. Tidak perlu khawatir juga karena tanggal tagihan pembayaran di aplikasi JULO bisa disesuaikan dengan tanggal gajian kamu.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman online juga jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan bank. Semua proses pendaftaran dan pengajuan bisa diselesaikan secara online, kamu tidak perlu ribet urus dokumen dan pinjaman yang diminta bisa langsung cair.

Melalui fasilitas pinjaman online yang ada, kamu bisa segera mencari motor idaman dan menyelesaikan semua pembayarannya di depan, sehingga nantinya kamu hanya perlu mengurus cicilan ke platform pinjaman online. Setelah beberapa waktu, motor yang kamu idamkan pun bisa lunas sesuai tenor yang disepakati.

Jadi, tunggu apa lagi? Buat kamu yang pengen beli motor tapi gak punya uang, segera ajukan pinjaman dana online di aplikasi JULO. Selain dana cepat cair, JULO juga aman karena diawasi langsung oleh OJK. Apalagi sekarang limit JULO bisa sampai 50 juta, lho! Jangan lupa pula untuk menggunakan promo siap melesat agar bisa mendapatkan cashback dan banyak hadiah menarik lainnya. Dapatkan motor impian dengan pinjaman online bunga ringan dari JULO!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Cara Pengiriman Anti Telat dan Pelacakan Terkendali dengan Shopee Express
Gaya Hidup
sicepat
27 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza