Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Pahami Dulu Konsep Pay Later 
Prioritaskan Kebutuhanmu dalam Menggunakan Pay Later
Membuat Anggaran dan Rencana Pembayaran
Menghindari Over Limit dan Tunggakan
Manfaatkan Promosi dan Cashback
Memilih Layanan Pay Later yang Terpercaya

Bagaimana Langkah Bijaksana Yang Dapat Dilakukan Dalam Penggunaan Pay Later? Terapkan Agar Bermanfaat dan Mencegah Masalah Keuangan

Teknologi finansial terus berkembang, memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan. Salah satu inovasi terbaru yang banyak diminati adalah layanan "pay later" atau bayar nanti. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang atau jasa sekarang dan membayarnya di kemudian hari, sering kali tanpa bunga atau dengan bunga yang rendah.

Meskipun terdengar menarik, penggunaan layanan pay later juga memiliki risiko jika tidak digunakan dengan bijaksana. Lalu, bagaimana langkah bijaksana yang dapat dilakukan dalam penggunaan pay later?

Pahami Dulu Konsep Pay Later 

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang langkah bijaksana yang dapat dilakukan dalam penggunaan pay later, yuk kita pahami dulu konsep pay later.

  1. Layanan pay later hadir sebagai solusi bagi mereka yang membutuhkan fleksibilitas dalam pembayaran. Keuntungan utama dari layanan ini adalah kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja. Kamu dapat memperoleh barang atau jasa yang diinginkan tanpa harus langsung membayar dengan uang tunai atau mengurangi saldo rekening bank.
  2. Selain itu, beberapa layanan pay later menawarkan program cicilan tanpa bunga atau dengan bunga rendah, yang tentu sangat menarik bagi banyak konsumen. Namun, penting untuk memahami bahwa pay later bukanlah uang gratis. Setiap transaksi pembelian yang dilakukan dengan memanfaatkan pay later pada akhirnya harus dibayar.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik dan memastikan bahwa mereka mampu membayar tagihan yang akan datang. Memahami konsep dasar dan keuntungan dari layanan pay later adalah langkah pertama yang penting dalam penggunaannya secara bijaksana.

Prioritaskan Kebutuhanmu dalam Menggunakan Pay Later

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan pay later, menentukan kebutuhan dan prioritas harus kamu lakukan terlebih dahulu. Mengapa demikian?

  1. Memanfaatkan pay later untuk kebutuhan yang mendesak dan esensial seperti perbaikan rumah, pendidikan, kebutuhan medis, atau kebutuhan bulanan adalah penggunaan yang lebih bijaksana dibandingkan menggunakannya untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif seperti fashion, hiburan, atau sejenisnya. Dengan membiasakan diri mengutamakan penggunaan pay later untuk memenuhi kebutuhan prioritasmu, kamu akan terhindar dari tagihan pay later yang membengkak akibat penggunaan yang konsumtif. 
  2. Menentukan prioritas dari sejumlah kebutuhanmu juga dapat membantu kamu untuk menghindari pengeluaran secara berlebihan. Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkan layanan ini secara optimal tanpa menimbulkan beban finansial di masa depan dan mencegah kamu mengalami gagal bayar tagihan pay later akibat pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pemasukan yang kamu miliki.

Membuat Anggaran dan Rencana Pembayaran

Setelah menentukan apa saja yang menjadi kebutuhan prioritasmu, selanjutnya kamu dapat membuat anggaran dan rencana pembayaran. Adanya anggaran dapat membantumu menyusun strategi belanja kebutuhan prioritas secara tepat. Sedangkan, membuat rencana pembayaran dapat membantumu membayar tagihan pay later secara tepat waktu.

Lalu, bagaimana caranya membuat anggaran dan rencana pembayaran yang tepat?

  1. Kamu dapat membuat anggaran belanja dengan memanfaatkan pay later berdasarkan kebutuhan dan prioritas yang telah kamu buat sebelumnya. Nah, selanjutnya kamu bisa cari tahu masing-masing harga dari setiap list kebutuhan prioritas. Hal ini bertujuan untuk membantumu membuat anggaran dengan jumlah yang jelas, sehingga kamu dapat memastikan pengeluaran dengan menggunakan pay later tidak lebih besar dari pemasukanmu. Buatlah anggaran dalam jangka waktu tertentu, misalnya selama satu bulan.
  2. Dari anggaran yang sudah kamu buat, selanjutnya lengkapi dengan rencana pembayaran. Kamu dapat membuat rencana pembayaran berdasarkan jumlah anggaran. Anggaplah jumlah anggaran tersebut sebagai tagihan pay later yang harus dibayar nantinya. Kemudian, hitung jumlah pemasukan yang akan kamu dapatkan, baik yang bersumber dari gaji atau pemasukan tambahan lainnya. Bandingkan jumlah pemasukan dengan anggaran, pastikan jumlah pemasukanmu dapat meng-cover jumlah agaran, sehingga kamu dapat membayar tagihan pay later dengan lancar tanpa adanya tunggakan.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Menghindari Over Limit dan Tunggakan

Salah satu risiko terbesar dalam penggunaan pay later adalah overlimit atau penggunaan yang melebihi batas yang ditentukan. Hal ini bisa terjadi jika kamu tidak mengontrol pengeluaran dan terus berbelanja tanpa mempertimbangkan batasan yang ada. Overlimit dapat menyebabkan denda tambahan dan menambah beban keuangan kamu.

Selain itu, penting untuk menghindari tunggakan pembayaran. Keterlambatan dalam membayar tagihan pay later tidak hanya akan dikenakan denda, tetapi juga bisa merusak skor kredit kamu. Skor kredit yang buruk akan menyulitkan kamu untuk mengakses layanan keuangan lainnya di masa depan. Karena itu, pastikan kamu dapat membayar tagihan tepat waktu dan menghindari over limit.

Manfaatkan Promosi dan Cashback

Banyak layanan pay later menawarkan promosi dan cashback bagi pengguna baru maupun pengguna setia. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Promosi dan cashback dapat membantu kamu menghemat uang dan mengurangi jumlah total yang harus dibayar.

Namun, jangan tergiur dengan promosi yang mengarah pada pembelian impulsif. Pastikan bahwa barang atau jasa yang kamu beli memang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas kamu. Promosi dan cashback sebaiknya dimanfaatkan untuk pembelian yang telah direncanakan sebelumnya dan bukan untuk menambah daftar belanjaan yang tidak perlu.

Checkout Keranjang E-Commerce Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Beli gadget sampai furnitur bisa dicicil hingga 9 bulan. Pas untuk kamu yang berusia 21 tahun dan penghasilan min. Rp2,5 juta!

Memilih Layanan Pay Later yang Terpercaya

Tidak semua layanan pay later memiliki kebijakan dan ketentuan yang sama. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih layanan pay later yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Lakukan riset terlebih dahulu tentang berbagai platform penyedia layanan pay later. Simak syarat dan ketentuan, bunga yang akan dikenakan, serta kebijakan terkait pembayaran dan denda.

Pastikan juga untuk membaca ulasan dari pengguna lain yang telah menggunakan layanan tersebut. Layanan pay later yang baik biasanya menyediakan informasi dan menawarkan layanan pelanggan secara transparan dan responsif. Memilih layanan yang tepat akan memberikan rasa aman dan memastikan bahwa kamu tidak terjebak dalam kebijakan yang dapat merugikanmu.

Layanan pay later menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan bagi pengguna, namun juga memiliki risiko jika tidak digunakan dengan bijaksana. Karenanya, penting buat kamu untuk selalu memanfaatkan layanan pay later dengan bijak, juga berhati-hati saat memilih platform layanan pay later agar tidak terjebak dalam ketentuan yang merugikan dan menghindari masalah keuangan di masa depan.

Terapkan Langkah Bijaksana Dalam Penggunaan Pay Later dan Rasakan Manfaatnya!

Rasakan Manfaat Payleter Sekarang Juga!

Artikel Lainnya