Lagi Butuh Uang, Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank?

cara-pinjam-uang-di-bank

Tidak bisa dipungkiri kita pernah dihadapkan pada keadaan membutuhkan dana tambahan, misalnya saat tertimpa musibah, dana tambahan pernikahan, biaya tambahan pendidikan anak, tambahan renovasi rumah, reparasi kendaraan, dll. Di saat-saat seperti ini yang kita butuhkan adalah orang atau lembaga yang mau memberikan pinjaman. Bagi beberapa orang, meminjam kepada orang terdekat mungkin menjadi pilihan utama. Namun, pada umumnya orang-orang akan memutuskan untuk meminjam ke lembaga keuangan, baik pinjam uang di bank maupun non-bank. Namun, cara pinjam uang di bank dan non- bank juga sedikit berbeda. Sebelum membahas cara pinjam uang di bank, sebaiknya pahami terlebih dahulu penjelasan mengenai bank berikut ini.

Pengertian Bank

Bank menurut Undang-undang No 10 Tahun 1998 tentang Perbankan diartikan sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bank yang sering kita temui seperti BNI, Mandiri, BCA, Permata, dan CIMB Niaga merupakan bank umum. Bank umum ini melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau menganut prinsip syariah, yang dalam kegiatannya berjasa dalam lalu lintas pembayaran. Dalam kegiatan operasionalnya, bank umum diatur oleh Bank Indonesia.

Hal ini menjadi salah satu penyebab sebagian orang lebih memilih untuk meminjam di bank karena dinilai lebih aman dibanding lembaga lainnya.

Sebelum Pinjam Uang di Bank, Cek Status Finansial dan Sesuaikan Produk yang Dibutuhkan.

Sebelum meminjam uang di bank sebaiknya perhatikan status finansial Anda. Bank memiliki dua jenis produk kredit yaitu, KMG (Kredit Multiguna) dan KTA (Kredit Tanpa Agunan). Kredit Multiguna adalah produk kredit yang membutuhkan jaminan seperti surat tanah, surat kendaraan bermotor, dan aset lainnya. Sementara, KTA adalah kredit tanpa agunan dimana Anda dapat meminjam uang di bank tanpa menggunakan agunan/jaminan.

Apabila Anda membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar dan memiliki aset untuk diagunkan pilihlah KMG, namun apabila sebaliknya pilihlah produk KTA.

Baca juga: Apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Perhatikan Bunga Pinjaman Sebelum Setuju untuk Pinjam Uang di Bank.

Setelah mengetahui produk yang dibutuhkan, yang perlu Anda pahami selanjutnya adalah bunga pinjaman yang ditetapkan oleh bank. Setiap bank menetapkan bunga dan biaya yang berbeda-beda. Pastikan Anda mengerti betul perhitungan bunga dan biaya yang ditetapkan oleh bank sebelum menyetujui pinjaman uang yang ditawarkan oleh bank.
Dengan melakukan hal ini akan menghindarkan Anda dari tuntutan biaya yang tidak Anda pertimbangkan sebelumnya.

Sebelum Pinjam Uang di Bank, Pastikan Kolektibilitas Kredit Anda Baik.

Hal yang sangat penting Anda perhatikan saat pinjam uang di bank adalah pastikan bahwa kolektibilitas kredit Anda baik. Apa itu Kolektibilitas Kredit? Kolektibilitas kredit diartikan sebagai status pembayaran cicilan kredit Anda kepada debitur, dalam hal ini bank biasanya akan melakukan BI checking. Ada 5 tingkat kualitas kolektibilitas kredit yaitu sebagai berikut:

  • Kualitas 1 status lancar, dimana debitur membayar utang tepat waktu atau kredit lancar
  • Kualitas 2 status Dalam Perhatian Khusus (DPK), dimana debitur menunggak selama 1-90 hari.
  • Kualitas 3 status Kredit Kurang Lancar, dimana debitur menunggak 91-120 hari.
  • Kualitas 4 status Diragukan, dimana debitur menunggak selama 121-180 hari.
  • Kualitas 5 status Macet, dimana debitur menunggak lebih dari 180 hari.

Semakin baik status kolektibilitas kredit Anda, semakin besar kemungkinan pinjaman disetujui oleh bank.

Baca juga: Utang atau Kredit Macet, Bagaimana Cara Menghindarinya?

Lalu, Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank?

cara-pinjam-uang-di-bank

Tidak sedikit orang malas meminjam uang di bank karena cara pinjam uang di bank dinilai ribet. Nah, setelah memahami produk kredit yang telah disebutkan diatas, berikut ini akan dibahas cara pinjam uang di bank yang perlu Anda perhatikan.

1. Cara pinjam uang di bank paling dasar yang perlu Anda ketahui adalah cari tahu persyaratan yang diminta oleh bank

Perlu Anda ingat, setiap bank menetapkan syarat yang berbeda, maka dari itu sebaiknya sebelum meminjam uang di suatu bank cobalah untuk mencari informasi dokumen yang disyaratkan baik melalui website, call center bank, dll. Hal ini akan menghemat waktu Anda saat pinjam uang di bank karena seluruh persyaratan telah disiapkan.

2. Lengkapi persyaratan yang ditetapkan

Seperti yang telah disebutkan diatas, setiap bank menetapkan syarat yang berbeda, namun terdapat 2 syarat yang pasti ditetapkan oleh bank yakni:

  • Anda Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 tahun

Selain kedua hal tersebut diatas, bank juga akan mensyaratkan hal berikut ini:

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Fotokopi Buku Tabungan atau Rekening Koran
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotokopi Slip Gaji (beberapa menetapkan jumlah minimal gaji yang diperbolehkan meminjam uang di bank)
  • Fotokopi Akta Nikah
  • Surat Keterangan Domisili
  • Dokumen penyerahan agunan/jaminan (khusus produk KMG)

Baca juga: Bunga KTA Online lebih tinggi dibanding KTA Bank, Ini Ciri KTA Online Bunga Rendah

3. Ajukan pinjaman dengan datang ke Bank langsung atau secara online

Pengajuan pinjaman bank dapat Anda lakukan dengan 2 cara yaitu mendatangi bank langsung atau secara online. Apabila Anda memiliki waktu untuk mengajukan langsung, Anda dapat langsung mendatangi bank terdekat dan Anda akan diarahkan kepada customer service yang akan membantu pengajuan pinjaman Anda. Namun, apabila merasa cara pinjam uang di bank langsung menyita banyak waktu, sebaiknya ajukan secara online melalui financial aggregator.

Selain itu, apabila cara pinjam uang di bank membuat Anda frustasi, terdapat lembaga keuangan non-bank yang bisa Anda jadikan opsi. Lembaga keuangan non-bank yang belakangan ini sering disebut-sebut adalah pinjaman online. Pinjam uang di penyedia pinjaman online pada dasarnya mirip dengan pinjam uang di bank, namun persyaratan dan cara peminjaman lebih mudah dibanding dibanding cara pinjam uang di bank.

Salah satu pinjaman online yang dapat Anda jadikan referensi adalah JULO. JULO memberikan pinjaman dengan limit s/d 8 juta dan durasi pengembalian hingga 6 bulan. Bunga yang ditetapkan juga lebih rendah dibanding pinjaman lain yaitu 3-4% sebulan.

Baca juga: Pinjaman Online, Bagaimana Perhitungan Biaya dan Bunganya?

Artikel Terkait

One Thought to “Lagi Butuh Uang, Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank?”

  1. susiyanti

    Selamat siang

    saya sduah 3x ngajuin dana di JULO susah ngk di acc melulu kenapa y??

Leave a Comment