Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Tips Bijak Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial 
Mengatur Keuangan dengan Menyusun Anggaran
Mengurangi Hutang
Membangun Dana Darurat
Investasi untuk Masa Depan
Belajar Literasi Keuangan
Kreatif dalam Peningkatan Pendapatan
Pemanfaatan Teknologi Finansial
Bangun Bisnis Kreatif dengan Bantuan Tarik Dana Tunai di JULO

7 Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial

mengatur keuangan

Mengatur keuangan di era digital saat ini bukan lagi sekadar kebutuhan, tetapi menjadi sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh generasi milenial agar kondisi keuangan tetap stabil. 

Dihadapkan pada kemajuan teknologi, berbagai opsi gaya hidup dan tekanan untuk mencapai kesuksesan finansial, membuat generasi ini harus bisa beradaptasi dengan mencari berbagai solusi untuk mencapai kondisi ekonomi yang sehat. 

Beberapa cara mengatur keuangan yang bijak pun mungkin sudah dilakukan, namun tidak membuahkan hasil. Berikut rangkuman dari JULO Kredit Digital, cara mengatur keuangan untuk kamu generasi milenial.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Tips Bijak Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial 

Nah, untuk kamu para kaum generasi milenial, simak cara mengatur keuangan di bawah ini - supaya kondisi keuanganmu jauh lebih baik. 

Mengatur Keuangan dengan Menyusun Anggaran

Langkah pertama dalam mengatur keuangan adalah menyusun anggaran. Generasi milenial sering tergoda untuk menghabiskan uang pada hal-hal yang instan, seperti makanan cepat saji atau belanja online secara impulsif. 

Dengan menyusun anggaran, kamu dapat memprioritaskan pengeluaran, mengidentifikasi pos-pos biaya, dan mengalokasikan dana dengan bijak. Jadi, nggak ada lagi deh uang untuk pengeluaran yang nggak penting. 

Mengurangi Hutang

Mengelola hutang adalah elemen penting dalam mengatur keuangan. Tanpa kamu sadari, berhutang justru membuat kondisi finansialmu nggak akan stabil. Generasi milenial seringkali dihadapkan pada beban hutang pendidikan, kredit kendaraan, atau kartu kredit yang membuat mereka kesulitan mengatur keuangan

Selama berkomitmen untuk belajar mengatur keuangan, penting bagi kamu untuk merencanakan pembayaran hutang dengan strategi yang efektif, seperti membayar hutang dengan suku bunga tinggi terlebih dahulu dan menghindari menambah hutang yang tidak perlu.

Ambil promo: Raih Cashback hingga 1 Juta!

Membangun Dana Darurat

Masa depan memang nggak ada yang tahu. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk belajar mengatur keuangan, kamu perlu memiliki dana darurat yang cukup untuk mengatasi keadaan darurat, seperti kehilangan pekerjaan atau biaya medis yang tak terduga. 

Membangun dana darurat memberikan perlindungan finansial dan memberikan ketenangan pikiran. Kamu bisa pisahkan dana darurat pada rekening yang berbeda supaya kamu nggak kebingungan untuk tetap konsisten saat mengatur keuangan.

Investasi untuk Masa Depan

Mengatur keuangan belum lengkap kalau kamu nggak belajar menginvestasikan uang. Ya, menginvestasikan uang adalah kunci untuk membangun kekayaan jangka panjang. Dalam era digital ini, banyak platform investasi yang mudah diakses, seperti saham, reksa dana, atau bahkan investasi berbasis teknologi seperti cryptocurrency

Dengan memahami risiko dan memilih investasi yang sesuai dengan tujuan keuanganmu, kamu yang berstatus generasi milenial dapat memastikan masa depan finansial yang lebih stabil.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Belajar Literasi Keuangan

Kalau kamu kesulitan dalam mengatur keuanganmu, nggak ada salahnya untuk memperbanyak ilmu dengan mengikuti kursus online, membaca buku, atau menghadiri seminar keuangan, untuk meningkatkan pemahaman kamu tentang keuangan. 

Baik itu tentang investasi, pajak, dan perencanaan keuangan. Dengan pengetahuan yang lebih baik, kamu dapat membuat keputusan finansial yang lebih cerdas, karena kamu sudah mengetahui ilmunya. Proses mengatur keuangan pun jadi lebih mudah.

Kreatif dalam Peningkatan Pendapatan

Mengatur keuangan juga ada kaitannnya dengan penghasilan yang kamu miliki. Kalau selama ini kendalanya ada pada minimnya penghasilan, kamu bisa meningkatkan pendapatan dengan cara kreatif yang bahkan mungkin belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Kamu bisa mempertimbangkan sumber pendapatan tambahan, seperti bekerja lepas, berinvestasi dalam keterampilan baru, atau bahkan memulai bisnis kecil. Ini bisa membantu kamu membangun keuangan yang lebih tangguh.

Pemanfaatan Teknologi Finansial

Era digital ini sudah banyak memudahkan kita dalam berbagai hal, termasuk dalam mengatur keuangan. Bagi kamu generasi milenial atau siapapun bisa memanfaatkan aplikasi financial atau fintech untuk melacak pengeluaran, menyusun anggaran, atau bahkan mengelola portofolio investasi. 

Fintech juga menyediakan opsi pembayaran digital yang efisien, memudahkan kamu dalam mengelola keuangan secara online. Dengan begitu, nggak ada lagi deh alasan untuk nggak bisa belajar mengatur keuangan. 

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Bangun Bisnis Kreatif dengan Bantuan Tarik Dana Tunai di JULO

Nah, untuk kamu yang sedang belajar mengatur keuangan dengan berniat membangun bisnis kreatif,  mulai ajukan pinjaman dana tarik tunai di JULO sekarang. Caranya

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di  Home Page.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Nikmati keuntungan dengan limit maksimal pinjaman sampai dengan Rp50 juta dengan durani tenor maksimal 9 bulan. Jangan khawatir, di JULO tanpa ada biaya tambahan. Karena JULO Kredit Digital mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari.

Top Up Saldo GoPay jadi Makin Praktis pakai JULO!

Kamu hanya tinggal isi data nomor HP dan nominal, saldo GoPay kamu bisa langsung terisi. Bisa dicicil nanti ketika gajian, siap Hidupkan Hidupmu dengan fitur top up saldo GoPay di JULO Paylater!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Rahasia Renovasi Rumah Sesuai Budget Tanpa Boros
Keuangan & Bisnis
pemenang-bonus-cuankita-2024-dua-mingguan