Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Ini Dia Cara Mengatur Keuangan Pribadi selama Ramadan yang Mudah Dilakukan
Membuat Anggaran Khusus Ramadan
Membeli Kebutuhan dengan Bijak
Menggunakan Aplikasi Keuangan
Menyusun Rencana Pengeluaran untuk Lebaran
Zakat dan Infaq sebagai Prioritas Utama
Pertimbangkan untuk Memasak Sendiri
Pengeluaran Anti Boncos dengan Manfaatkan Paylater di JULO!

6 Cara Efektif Mengatur Keuangan Pribadi Selama Ramadan

mengatur keuangan

Tantangan yang dihadapi selama Ramadan bukan hanya menahan lapar dan haus, melainkan mengatur keuangan pribadi. Salah satu tantangan utamanya adalah pengeluaran terkait dengan persiapan berbuka puasa dan sahur, serta pembelian kebutuhan khusus untuk menyambut lebaran.

Beberapa orang sering terjebak dengan kondisi ini. Menganggap selama bulan Ramadan, bisa menghemat banyak pengeluaran, namun yang terjadi justru sebaliknya. Tanpa disadari, selama bulan Ramadan pengeluaran rutin seperti belanja bulanan dan biaya hidup ternyata meningkat. 

Nah, kalau sebelumnya sudah terlanjur boros gimana dong? Tenang, kamu masih tetap bisa mengatur keuangan pribadi dengan bijak selama Ramadan. Berikut tips dari JULO Kredit Digital!

Ini Dia Cara Mengatur Keuangan Pribadi selama Ramadan yang Mudah Dilakukan

Bagi kamu yang mengalami kesulitan mengatur keuangan, simak beberapa tipsnya di bawah ini ya! 

Membuat Anggaran Khusus Ramadan

Saat memasuki bulan Ramadan, langkah pertama yang perlu diambil untuk memulai mengatur keuangan adalah membuat anggaran khusus untuk kebutuhan selama bulan puasa.

mengatur keuangan

Tentukan alokasi dana untuk berbuka puasa, sahur, zakat, dan amal lainnya. Bahkan, untuk kebutuhan kecil sekali pun. Dengan memiliki anggaran yang jelas, kamu dapat lebih mudah mengendalikan pengeluaran dan mencegah pemborosan.

Membeli Kebutuhan dengan Bijak

Selama Ramadan, belanja kebutuhan makanan dan persiapan berbuka puasa bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar. Inilah yang membuat kamu kesulitan mengatur keuangan, sebab yang terlihat sepele ternyata lumayan berdampak pada keuanganmu. 

mengatur keuangan

Membeli dengan bijak, mencari diskon, atau promo, serta membuat daftar belanjaan yang terperinci dapat membantu kamu menghemat uang dan menghindari pembelian impulsif. Belilah sesuai kebutuhan,bukan karena "lapar mata" saja.

Baca juga: Tips Tetap Produktif saat Berpuasa

Menggunakan Aplikasi Keuangan

Nggak ada salahnya saat belajar mengatur keuangan kamu dibantu dengan aplikasi keuangan tertentu. Manfaatkan teknologi untuk membantu mengatur keuangan kamu, kalau kamu merasa masih belum begitu mahir melakukannya. 

Ada banyak aplikasi keuangan yang dapat membantu kamu memantau pemasukan, pengeluaran, dan bahkan menyusun rencana tabungan. Dengan memanfaatkan teknologi ini, kamu dapat lebih mudah melacak dan mengelola keuangan pribadi selama Ramadan.

Menyusun Rencana Pengeluaran untuk Lebaran

Tradisi yang sudah begitu melekat saat perayaan lebaran ialah mudik, membeli kue dan juga membeli baju baru. Nah, kalau tradisi ini sudah menjadi bagian dari kebiasaan kamu, buatlah rencana pengeluaran khusus untuk kebutuhan ini. 

mengatur keuangan

Mulai biasakan mengatur keuangan dengan menetapkan batas anggaran untuk membelinya dan pertimbangkan membelinya dengan harga yang terjangkau, namun tidak mengurangi kualitasnya. 

Ambil promo: Rebutan THR: Raih Cashback hingga 1 Juta!

Zakat dan Infaq sebagai Prioritas Utama

Mengatur keuangan jangan sampai membuatmu lupa akan kewajiban yang harus ditunaikan. Dalam mengatur keuangan selama Ramadhan, berikan prioritas tinggi pada zakat dan infaq. Tentukan jumlah yang akan kamu sumbangkan dan sisihkan dana tersebut sejak awal bulan. 

Ini bukan hanya bentuk kewajiban keagamaan, tetapi juga membantu kamu memberikan kontribusi positif pada masyarakat dan lingkungan sekitar akan kewajibanmu. Dengan begitu, saat mengatur keuangan tidak hanya kamu yang mendapatkan manfaatnya - orang lain juga. 

Pertimbangkan untuk Memasak Sendiri

Jika mungkin, pertimbangkan untuk memasak hidangan berbuka puasa dan sahur sendiri. Ini tidak hanya lebih hemat, tetapi juga memberikan kebebasan dalam memilih bahan makanan yang sehat dan sesuai dengan selera kamu. 

Nggak bisa dipungkiri, harga makanan yang sudah jadi bisa lebih mahal walaupun praktis. Jika kamu bertekad untuk mengatur keuanganmu lebih baik lagi, nggak ada salahnya untuk memasaknya sendiri agar pengeluaranmu lebih hemat. 

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

Dengan menerapkan tips di atas, kamu dapat meningkatkan pengelolaan keuangan pribadi selama bulan Ramadan, dan mengatur keuanganmu lebih baik lagi. 

Pengeluaran Anti Boncos dengan Manfaatkan Paylater di JULO!

Bagi kamu yang masih kesulitan mengatur keuangan karena banyaknya kebutuhan pribadi, manfaatkan kemudahan menggunakan paylater di aplikasi JULO. Caranya:

  • Klik fitur ‘E-commerce’ di aplikasi JULO dan pilih logo E-commerce (contoh: Shopee).
  • Tambah Virtual Account dengan pilih Bank dan masukkan kode nomor pembayaran Virtual Account dari Tokopedia.
  • Masukkan nominal, jangka waktu tenor, dan konfirmasi pembayaran melalui PIN dan tanda tangan.

Kamu nggak perlu lagi kelabakan membeli kebutuhan pribadimu saat sedang mengatur keuanganmu, karena di JULO, dengan limit kredit sampai Rp50 juta sekali pengajuan, bayarnya bisa belakangan!

 

Checkout di Shopee Tanpa Galau!

Beli barang sekarang, bayarnya bisa nanti pakai limit kredit digital. Belanja jadi makin leluasa, siap Hidupkan Hidupmu dengan JULO Paylater!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
pinjaman online bunga kecil
Gaya Hidup
cara-transfer-kuota-telkomsel