Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
5 Ide Menu Sahur dan Berbuka Puasa Menyambut Ramadhan
1. Tahu Cabe Garam
2. Ayam Kecap
3. Sayur Bayam
4. Sup Ayam
5. Telur Ceplok Bumbu Kecap
 
Dapatkan Tambahan Modal dengan JULO!

5 Resep Hemat Anak Kosan Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan 2024

berbuka-puasa

Marhaban ya Ramadhan!

Tidak terasa, bulan puasa sudah di depan mata. Semua umat muslim pastinya sangat antusias menyambut serunya kegiatan sahur dan berbuka puasa yang akan dijalani sepanjang bulan ini. Bagaimana tidak? Selain menjadi ajang untuk memperbaiki ibadah, nyatanya bulan Ramadhan juga selalu memberikan kesan tersendiri bagi sebagian besar orang, mulai dari momen berkumpul bersama keluarga saat sahur dan berbuka puasa hingga keseruan-keseruan yang dirasakan saat berbuka puasa bersama teman kerja atau rekan kerja.

Menjelang 21 hari menuju bulan Ramadhan, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari kembali memperbaiki rutinitas harian hingga memikirkan menu berbuka puasa. Jangan sampai rutinitas harian yang berubah saat pagi dan malam hari, membuat kalian tidak maksimal menjalani ibadah sepanjang bulan puasa. Pastikan kamu menyiapkan dirimu dengan perlahan mulai mengatur pola istirahat, pola makan, dan aktivitas lainnya. 

Baca Juga: Ikuti Cara Menghitung Bunga Pinjaman Yang Mudah Berikut Ini

Untuk menambah semangat dalam beribadah, tentunya kamu juga dapat mulai memikirkan rangkaian menu yang akan disantap, baik saat sahur maupun saat berbuka puasa. Khusus menu  berbuka puasa, biasanya semakin bervariasi menu yang disajikan maka semakin seru juga menantikan dan menikmati detik-detik berbuka puasa sepanjang bulan Ramadhan. Apa lagi jika dikombinasikan dengan beragam rasa yang menggoyang lidah, mulai dari manis, asin, asam, atau bahkan pedas Nah, kira-kira apa saja ya aneka menu yang dapat disajikan saat sahur dan berbuka puasa? Yuk, simak 5 menu sahur dan berbuka puasa berikut dari JULO Kredit Digital untuk menjadi inspirasimu!

5 Ide Menu Sahur dan Berbuka Puasa Menyambut Ramadhan

berbuka-puasa

Yuk simak menu menunya disini!

1. Tahu Cabe Garam

berbuka-puasa

Untuk kamu Si Pecinta menu masakan pedas, menu yang satu ini dapat menjadi andalan saat berbuka puasa. Ditemani dengan sepiring nasi hangat, kamu pun akan terbuai dengan perpaduan pedas, asin, dan gurih yang nikmat yang menemati waktu berbuka puasamu. Kamu dapat membuat menu yang satu ini dengan petunjuk berikut ini.
 

Bahan-bahan:

2 buah tahu, potong dadu

5 siung bawang putih

8 buah cabai rawit

3 sdm tepung bumbu serbaguna

garam dan lada bubuk, secukupnya

air secukupnya

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

Cara membuat:

Didihkan air dan taburkan garam juga merica secukupnya. Lalu, masukkan tahu dalam rebusan dan masak selama 10 menit. Setelah itu, angkat tahu dan gulingkan pada tepung serbaguna, ratakan. Selanjutnya, panaskan minyak, goreng tahu hingga kecokelatan, angkat, dan tiriskan. Kemudian, panaskan teflon, tumis bawang putih dan cabai rawit hingga mengering. Terakhir, masukkan tahu goreng, oseng-oseng, lalu angkat. Tahu cabai garam siap disajikan.

2. Ayam Kecap

berbuka-puasa

Mudah dan diterima hampir semua lidah, apa lagi kalau bukan menu berbahan ayam. Nah untuk aneka menu sahur dan berbuka puasa kali ini, kamu dapat emmilih ayam kecap sebagai andalan. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak berikut ini.

 

Bahan-bahan:

300 gram ayam potong

2 siung bawang putih

1 ruas jahe

200 ml air

5 buah cabai rawit

2 butir bawang merah

merica bubuk secukupnya

2 sendok makan kecap manis

minyak goreng secukupnya

1 sendok teh gula pasir

garam secukupnya

 

Baca Juga: Kartu Kredit VS Debit, Mana yang Lebih Perlu?

 

Cara memasak:

Goreng ayam setengah matang, tiriskan

Tumis bawang merah dan bawang putih, tambahkan jahe memar, irisan cabai hingga harum. Beri garam dan merica bubuk, lalu tuang air secukupnya. Setelah mendidih, masukkan ayam serta tmbahkan kecap dan gula pasir secukupnya. Masak sampai ayam matang dan kuah menyusut hingga separuhnya. Ayam kecap pun siap dinikmati untuk menemanimu sahur dan berbuka puasa.

3. Sayur Bayam

berbuka-puasa

Hangat, enak, dan bergizi itulah kesan yang selalu muncul saat menyeruput kuah hangat dari sayur bayam. Tidak heran jika sayur bayam dapat dijadikan menu untuk sahur dan berbuka puasa. Selain tinggi serat, sayur bayam juga kaya akan nutrisi. Bayam mengandung beragam jenis antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin, selain itu bayam juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E, Magnesium, Zat besi, Asam folat, Kalsium, dan Kalium. Jadi dengan menyantap menu yang satu ini, nutrisi sahur dan berbuka puasamu akan tetap tercukupi. Memasak sayur bayam juga sangat mudah. Berikut ini bahan-bahan dan cara memasak sayur bayam untuk menu sahur atau berbuka puasa.

 

Bahan-bahan:

2 siung bawang putih, iris halus

2 sdt garam

300 gr daun bayam

1 sdt gula pasir

100 gr wortel, iris bulat tipis

1 liter air

4 butir bawang merah, iris halus

3 cm temu kunci (jika suka)

2 lembar daun salam

 

Cara memasak:

Rebus air hingga mendidik. Lalu, masukkan bawang merah, bawang putih, daun salam, dan temu kunci. Tunggu sampai layu. Setelah bumbu mulai layu dan mengeluarkan aroma, lalu masukkan wortel, masak wortel setengah matang. Terakhir masukkan daun bayam dan didihkan lagi sebentar. Sayur bayam pun siap disantap!

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

4. Sup Ayam

berbuka-puasa

Sup ayam dikenal sebagai salah satu comfort food. Selain kaya nutrisi karena terdiri dari aneka sayur dan protein. Sup ayam juga adalah salah satu menu yang mudah dibuat untuk sahur dan berbuka puasa, Berikut ini adalah bahan dan cara memasak sup ayam.

 

Bahan-bahan:

1 kuntum brokoli

1 batang seledri

3 buah wortel

1/2 kubis/kol ukuran sedang

1 kuntum kembang kol

Air untuk merebus secukupnya

8 buah buncis

1 batang bawang perai

minyak goreng secukupnya

 

Bumbu halus:

Merica secukupnya

5 siung bawang putih

4 siung bawang merah

Garam dapur secukupnya

 

Cara memasak:

Potong dan iris semua sayuran sesuai selera. Lalu, tumis bawang merah, bawang putih, garam, dan merica sampai harum. Setelah mengeluarkan aroma harum. Didihkan air di panci dan masukkan bumbu tumis. Masukkan sayuran mulai dari wortel, buncis, kembang kol, brokoli, lalu kubis dan jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Terakhir, masukkan bawang perai dan seledri sebelum sop diangkat. Sup ayam pun siap untuk disajikan.

5. Telur Ceplok Bumbu Kecap

berbuka-puasa

Telur adalah bahan baku wajib yang harus tersedia di setiap rumah. Selain tinggi protein, pengolahan telur untuk santapan harian juga terbilang sangat mudah. Oleh karena itu, telur juga dapat dijadikan salah satu bahan baku andalan saat menyiapkan menu sahur dan berbuka. Telur ceplok bumbu kecap misalnya. Selain mudah, menu yang stau ini juga akan terasa lezat untuk dinikmati saat bulan ramadhan. Berikut ini cara memasak menu telor ceplok bumbu kecap untuk menu sahur dan berbuka puasa.

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

Bahan:

6 butir telur, goreng ceplok, sisihkan

1 buah tomat, potong-potong

daun bawang secukupnya, potong-potong

1/2 buah bawang bombay, potong panjang

3 siung bawang putih, cincang halus

3 Buah cabai merah besar, potong serong

3 buah cabai hijau besar, potong serong

cabai rawit sesuai selera, potong serong

sedikit lada halus

1 sdm saus tiram

1 sdm kecap asin

2 hingga 3 sdm kecap manis (sesuai selera)

sedikit garam

300 ml air

 

Cara memasak:

Tumis bawang putih, cabai rawit dan sebagian bawang bombay hingga harum, lalu masukkan cabai merah dan cabai hijau, tumis hingga layu, tuangkan air, aduk rata, bubuhi saus tiram, kecap asin, kecap manis, lada halus dan sedikit garam

Tunggu hingga mendidih lalu masukkan telur ceplok, aduk pelan saja, lalu masukkan tomat, masak hingga meresap, sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang dan sebagian sisa bawang bombaynya, aduk rata, koreksi rasa, angkat dan sajikan.

Baca Juga: JULO Menyalurkan Lebih Dari 70% Dana Untuk Pinjaman Produktif Nasabah

Itulah tadi 5 ide menu yang dapat disantap saat sahur dan berbuka puasa. Untuk kualitas rasa yang sempurna, kamu dapat membeli bahan-bahan berkualitas di toko offline atau online langgananmu. 

 

Dapatkan Tambahan Modal dengan JULO!

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Ketinggalan informasi program bantuan modal usaha 2023? Tunggu informasi selanjutnya untuk program serupa di tahun depan ya. Sambil menunggu, gunakan JULO Kredit Digital untuk tambahan modal usahamu.  Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Seluruh kebutuhan buka usaha bisa terselesaikan sekarang, bayarnya belakangan! Proses pembayaran di JULO juga secepat kilat, cocok untuk kebutuhan darurat saat proses pembayaran listrik. Terakhir, bunganya rendah mulai dari 0,1%/hari sehingga pembayaran pun ringan dan transparan. Apalagi sekarang kamu bisa mendapatkan limit yang tinggi bisa sampai Rp50 juta!

JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan AFPI sehingga seluruh produk, fitur, dan prosedur pelaksanaan pada JULO sudah sesuai dengan peraturan lembaga pengawasan keuangan di Indonesia.  Tak hanya itu, JULO juga memiliki ISO/IEC 27001 yang mengatur Sistem Manajemen Keamanan Informasi sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan datamu, JULOvers!Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

Punya usaha jadi lebih mudah dan cepat, siap Hidupkan Hidupmu dengan JULO Kredit Digital! 

BUKA-BERKAH

Menangkan Hadiah Umroh Gratis dari JULO BUKA BERKAH

Transaksi dengan fitur apa saja dari JULO minimum 300 ribu rupiah dan menangkan undian Umroh Gratis dari JULO BUKA BERKAH!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Rahasia Renovasi Rumah Sesuai Budget Tanpa Boros
Keuangan & Bisnis
pemenang-bonus-cuankita-2024-dua-mingguan