Skip to main content
apakah-tenor-adalah

Tenor Pinjaman, Apakah Itu?

Bagi Anda yang pernah mengajukan kredit ke bank maupun non-bank, Anda pasti pernah mendengar istilah tenor. Tenor biasanya diasosiasikan dengan satuan bulan. Ketika Anda meminjam di bank atau lembaga non-bank, Anda akan ditanya ingin mengajukan pinjaman dengan tenor berapa lama, 6 bulan, 12 bulan, atau bahkan lebih.

apakah tenor pinjaman itu


Nah, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan tenor?

Tenor adalah jangka waktu pinjaman yang ditetapkan atas kesepakatan debitur dan kreditur, dimana selama jangka waktu tersebut Anda harus membayar cicilan angsuran setiap bulannya.

Bagaimana cara menentukan tenor pinjaman?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tenor adalah jangka waktu cicilan kredit yang disepakati oleh kedua belah pihak. Dalam menentukan tenor suatu pinjaman, dipertimbangkan beberapa hal, yakni besar pinjaman, kesanggupan debitur membayar pinjaman, dan permohonan debitur sendiri.

Misalnya, Andi seorang wirausaha, mengajukan pinjaman ke bank untuk dana tambahan memperluas bisnis warung makan miliknya. Saat ini Andi hanya memiliki warung makan di daerah Jakarta Selatan. Namun, setelah melakukan beberapa analisis Andi menyadari kalau ternyata bisnis ini akan semakin berkembang apabila dia membuka cabang di Bandung dan Surabaya. Akhirnya, Andi mengajukan proposal pinjaman ke bank sebesar Rp 300 juta.

Awalnya Andi mengajukan tenor 6 bulan, namun berdasarkan analisis yang dilakukan bank, permohonan pinjaman Andi disetujui sebesar Rp 250 juta dengan tenor adalah 30 bulan.

Dalam hal ini, bank kemungkinan menilai nominal pinjaman Andi cukup besar dan Andi dinilai kurang mampu membayar untuk jumlah Rp 300 juta dengan tenor 6 bulan.

Contoh lainnya, Widia adalah seorang staff administrasi di sebuah perusahaan swasta di Jakarta Barat. Widia mengajukan pinjaman sebesar Rp 2 juta di salah satu pinjaman online dan tenor adalah 3 bulan. Widia ingin menggunakan dana tersebut sebagai tambahan modal bisnis sampingannya karena harus melakukan pre-order beberapa barang. Dalam sebulan bisnis sampingannya dapat menghasilkan Rp 3-4 juta. Widia juga sudah pernah melakukan pinjaman di pinjaman online tersebut dengan histori pembayaran yang baik.

Tidak sampai sehari, permohonannya disetujui sesuai dengan nominal dan tenor yang diajukannya.

Dalam hal ini, pinjaman online menilai Widia sebagai nasabah yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan pinjaman dalam tenor 3 bulan.

Berdasarkan kedua ilustrasi tersebut diatas, Anda bisa membedakan kapan bank atau lembaga non-bank akan menetapkan tenor panjang dan pendek kepada nasabah. Nominal pinjaman kecil biasanya akan disarankan untuk mengambil tenor kurang dari 24 bulan, sementara jika nominal pinjaman cukup besar akan disarankan untuk mengambil tenor lebih dari 24 bulan.

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat, tenor 24 bulan berarti Anda akan membayar dana yang dipinjam beserta bunganya secara dicicil setiap bulannya selama 24 bulan, bukan membayar langsung seluruh dana yang dipinjam 24 bulan kemudian.

Apakah terdapat perbedaan bunga antara tenor pendek dan panjang?

Bunga yang ditetapkan untuk pinjaman dengan tenor pendek biasanya lebih tinggi dibandingkan tenor panjang.

Baca juga: Pilih Mana, Pinjaman Uang Online Tenor Singkat atau Panjang?

Sebagai contoh:

JULO salah satu pinjaman online yang memiliki 2 jenis produk, yaitu JULO Mini dan JULO Cicil.

  1. JULO Mini adalah pinjaman dengan limit Rp 500 ribu – Rp 1 juta dan tenor adalah 1 bulan. Bunga yang ditetapkan untuk pinjaman ini adalah 0.33% sehari atau setara dengan 10% untuk tenor sebulan.
  2. JULO Cicil adalah pinjaman dengan limit Rp 2 – 8 juta dan tenor adalah 3 – 6 bulan. Adapun bunga yang ditetapkan untuk produk ini adalah 0.1% sehari atau setara dengan 3-4% sebulan.

Dari contoh tersebut terlihat kan, perbedaan bunga antara pinjaman tenor pendek dan panjang.

Nah, Anda sudah cukup paham dong apa yang dimaksud dengan tenor saat mengajukan pinjaman?

Baca juga: Bunga KTA Online lebih tinggi dibanding KTA Bank, Ini Ciri KTA Online Bunga Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *