Ringankan Cicilan Mobilmu dengan Cara Ini

ringankan-cicilan-mobil

Mobil saat ini banyak dibutuhkan karena dianggap dapat memudahkan mobilitas seseorang. Saat ini, lumrah rasanya jika seseorang yang sudah berpenghasilan, lajang maupun berkeluarga, memilih untuk membeli mobil untuk memenuhi keperluan dan menunjang aktivitasnya setiap hari. Akan tetapi, harga mobil memang tidaklah murah. Bahkan, untuk seseorang dengan gaji menengah atau sebatas UMR, mobil bahkan tidak bisa dibeli dalam 3-5x gaji yang didapatkan.

Baca juga: Memilih Mobil Murah Sesuai Kebutuhan dengan Budget 100 jutaan

Solusi terbaik untuk membeli mobil murah bagi kalian yang belum memiliki uang yang cukup untuk membeli mobil dengan pembayaran cash, adalah dengan mengajukan cicilan mobil. Istilah cicil mungkin bisa terdengar mudah, karena tidak mengharuskan kita untuk membayar lunas suatu barang jika ingin kita miliki. Namun, bisa juga cicil mobil terdengar memberatkan, karena pasti akan selalu diikuti dengan bunga cicilan yang cukup besar. Walau demikian, sebelum memilih mobil yang ingin kamu beli, dan cara pembayaran apa yang ingin kamu pilih, yuk, simak tips berikut ini agar cicilan mobil tidak memberatkanmu selama beberapa tahun kedepan!

1.    Pikirkan Secara Matang, Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Sebagian besar orang mungkin lebih memilih untuk membeli mobil dalam keadaan baru dengan berbagai pertimbangannya. Akan tetapi, masih banyak juga orang yang mempertimbangkan untuk membeli mobil murah yang bekas karena alasan harga yang lebih murah. Jika kamu ingin meringankan beban cicilan mobilmu, pilihlah mobil bekas berkualitas.

Ada dua hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin membeli mobil bekas:

A.   Mengetahui Harga Pasaran Mobil

Sebelum kamu memilih mobil yang ingin kamu beli, pastikan kamu mengetahui harga pasaran terbarunya. Buatlah perbandingan dari berbagai website mobil di internet karena tiap orang pasti memberikan harga yang berbeda-beda. Jangan sampai kamu harus merogoh kocek lebih besar dibandingkan harga mobil serupa lainnya karena kamu tidak tahu harga pasaran mobil murah yang kamu pilih. Besaran harga tentu mempengaruhi uang muka hingga cicilan mobilmu.

B.   Cek Kendaraan Mobil

Walaupun bisa didapatkan dengan harga murah, kamu perlu mengecek terlebih dahulu kondisi mobil murah kamu sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena tidak dalam kendaraan baru, tentu banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Jika memungkinkan, bawalah seseorang yang paham betul tentang mesin mobil, atau bawa seorang montir untuk mengecek kondisi mobil tersebut. Jangan tergiur dengan harga murah dan cicilan mobil ringan ya, JULOvers.

Namun, jika kamu memutuskan untuk membeli mobil baru, pilihlah mobil murah dengan kualitas lumayan baik. Banyak merek mobil dengan kualitas cukup mumpuni yang dijual dengan harga murah di pasaran. Mobil-mobil tersebut mungkin dapat menjadi pertimbanganmu. Semuanya kembali lagi kepada budget yang kamu miliki dan sesuaikan dengan kebutuhan pribadimu. Jangan sampai karena mengikuti keinginan saja, keuanganmu jadi sulit di kemudian hari, ya.  

2.    Bayar Uang Muka Lebih Besar

Uang muka adalah hal yang perlu dipikirkan kembali dan diperhitungkan baik-baik. Normalnya memang uang muka mobil adalah sebesar 20-25% dari harga awal. Akan tetapi, jika kamu memiliki uang lebih, rasanya lebih baik jika kamu dapat menambah jumlah uang muka dari jumlah yang ditawarkan sebelumnya. Dengan merogoh kocek lebih banyak untuk uang muka, otomatis cicilan mobilmu akan lebih ringan. Lebih baik mengeluarkan uang lebih banyak di awal pembayaran dan mengeluarkan uang lebih kecil tiap bulannya kan?

3.    Negosiasi Harga & Manfaatkan Promo

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk meringankan beban cicilan mobil adalah dengan cara menegosiasikan harga dan memanfaatkan promo yang ada. Mobil bekas tentunya akan lebih mudah untuk dinegosiasikan dibandingkan dengan mobil baru yang biasanya sudah memiliki harga pasti yang ditentukan oleh dealer. Jika ingin menegosiasikan mobil yang kamu inginkan, berikan kesan baik terlebih dahulu terhadap penjual. Menguasai kondisi, fitur, hingga harga mobil di pasaran juga dapat menjadi nilai plus. Hal tersebut akan memudahkan kamu untuk melakukan negosiasi dan mendapatkan harga terbaik yang menguntungkan.

Sedangkan, jika kamu memilih untuk membeli mobil baru, kamu dapat memanfaatkan promo dan potongan harga yang diberikan oleh dealer. Biasanya, jika kamu membeli mobil baru, dealer akan menawarkan berbagai keuntungan yang menarik, sehingga dapat kamu jadikan perbandingan dan pilihan. Selain itu, setelah mendapatkan informasi harga dari dealer dan juga leasing, lakukan simulasi kredit. Dengan melakukan simulasi kredit, kamu dapat melihat kemampuanmu untuk membayar, kamu juga bisa melihat besaran bunga yang harus kamu bayarkan untuk mobil tersebut.

Itu dia tips yang dapat dilakukan sebelum membeli mobil murah jika kamu ingin meringankan beban cicilan mobilmu. Dalam membeli apapun, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan beberapa hal untuk menghemat dan meminimalisir pengeluaran serta cicilan mobil yang harus kamu keluarkan tiap bulannya. Dalam hal ini misalnya, jika kamu menemukan mobil bekas berkualitas dan cocok dengan kebutuhanmu, jangan paksakan dirimu untuk melawan gengsi dengan harus membeli mobil baru. Sebaliknya, jika kamu merasa mampu dan memiliki budget lebih untuk membeli mobil baru, jangan menahan uangmu secara berlebihan dengan memilih mobil bekas yang berujung tidak sesuai dengan kebutuhanmu hanya karena tergiur dengan harga murah dan cicilan ringan.

Jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk membeli mobil. Karena harga mobil tidaklah murah, jangan terburu-buru dalam memutuskan membeli mobil. Selalu ingat untuk membandingkan harga dan melakukan riset dengan baik. Nah, jika kamu sudah menemukan mobil murah yang ingin kamu beli namun kekurangan uang untuk membayar uang muka ataupun cicilan mobilnya, ajukan saja pinjamanmu di JULO. Dengan bunga rendah mulai dari 0,1% per hari, JULO akan membantu segala kebutuhanmu tanpa memberatkanmu untuk mengembalikan pinjamannya. Yuk, install aplikasi JULO via Google Play sekarang!

Baca juga: Tips & Informasi Penting Seputar Mudik Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019

Artikel Terkait

Leave a Comment