Skip to main content
rekomendasi-peluang-usaha

Rekomendasi Peluang Usaha Mudah Dengan Modal Minim

Sebagian orang mungkin memilih jalan untuk menjadi wirausaha dibandingkan dengan kerja kantoran. Bahkan, banyak juga, pekerja kantoran yang kini memanfaatkan peluang usaha sampingan guna mendapatkan uang tambahan. Stigma masyarakat mungkin berbeda-beda terhadap wirausaha. Ada yang berpikir bahwa profesi tersebut menyenangkan, karena tak perlu bekerja kantoran 8-9 jam setiap harinya, memiliki keuntungan besar, punya pegawai, dan masih banyak lagi. Namun ada juga yang berpikir bahwa pengusaha memiliki risiko tinggi, karena belum tentu memiliki penghasilan yang pasti tiap bulannya. Hal tersebut juga kemudian pertimbangan tiap orang yang ingin mengambil peluang usaha.

Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi yang kian canggih, saat ini siapapun, kapanpun, dan dimanapun, dapat membuka usaha yang dapat dimulai peluang usaha kecil-kecilan. Bahkan tidak ada pula batasan umur bagi mereka yang ingin berkecimpung di dunia usaha. Banyak remaja yang masih duduk di bangku sekolah sudah mulai membuka usaha kecil-kecilan dengan memanfaatkan smartphone mereka. Begitu banyaknya peluang usaha yang hadir di era serba canggih ini. Jika kalian ingin mencari peluang usaha dengan modal minim dan mudah, yuk simak rekomendasi peluang usaha berikut ini!

1.    Dropship

Salah satu peluang usaha yang dapat dijalankan tanpa modal adalah menjadi seorang dropshipper. Modal yang perlu kamu keluarkan hanyalah modal kuota internet dan tenaga untuk membuat caption dan upload foto barang yang menarik. Dropship adalah teknik pemasaran dimana penjual tidak perlu menyimpan stok barang, namun hanya perlu meneruskan order dan detail pengiriman barang ke distributor/supplier/produsen, ketika mendapatkan orderan.

rekomendasi-peluang-usaha-dropship

Sebelum memulai dropship, ada baiknya kamu meriset terlebih distributor/supplier/produsen yang tepat terlebih dahulu. Pilihlah distributor/supplier/produsen yang menjual barang dengan harga murah, sehingga keuntunganmu pun bisa lebih banyak. Akan tetapi, karena barang yang dipesan pembeli akan langsung sampai ke tangan mereka, kamu perlu make sure bahwa online shop kamu terpercaya. Jangan sampai ketika pembeli sudah menerima barang, ada kesalahan kesalahan yang bisa terjadi, seperti salah warna, salah pesanan, ada kerusakkan, bahkan tidak dikirim.

Walaupun dropship adalah salah satu peluang tidak memerlukan modal dalam bentuk uang, kamu perlu menentukan distributor/supplier/produsen dengan baik dan matang ya, karena ini akan berpengaruh besar untuk penjualanmu.

Baca juga: Modal Smartphone, Hasilkan Uang dengan Mudah dan Cepat. Bagaimana Caranya?

2.    Jasa Titip Barang

Jika kamu adalah seseorang yang hobi travelling maupun jalan-jalan ke mall, kamu dapat memanfaatkan peluang usaha jasa titip ini. Banyak orang yang menjadikan hobi mereka travelling maupun hangout ke mall untuk menjadi peluang usaha menghasilkan uang tambahan. Saat ini, banyak online shop yang membuka jasa titip berbagai barang. Mulai dari barang-barang yang dapat ditemukan di mall-mall pada umumnya seperti baju, sepatu, celana, makeup dan lain – lain, hingga memanfaatkan momen travelling ke luar negeri untuk membuka jasa titip makanan atau minuman yang sulit ditemukan di negeri sendiri.

rekomendasi-peluang-usaha-jastip

Biasanya, langganan jasa titip barang yang ada di mall – mall adalah orang orang yang tinggal di luar kota dan jauh dari mall besar. Mereka kesulitan menemukan dan membeli barang barang tersebut sehingga harus menggunakan jasa titip. Tarif jasa titip barang barang yang ada di mall biasanya berkisar 10 – 30 ribu rupiah per itemnya, diluar dari tarif ongkos kirim ekspedisinya, ya. Sedangkan, untuk jasa titip barang atau makanan yang harus dibeli di luar negeri, umumnya tarifnya lebih mahal, berkisar 50 – 150ribu rupiah per item, dan tergantung pada jenis itemnya.

Untuk memulai usaha jasa titip, kamu hanya perlu modal foto yang kamu ambil sendiri, atau dari website resmi toko, lalu upload di media sosial yang kamu gunakan untuk berjualan. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang karena barang dibeli ketika kamu sudah mendapat uang dari pembeli. Yang kamu perlukan hanya ongkos dan tenaga untuk mengambil gambar, mengupload foto, packing barang dan mengirim barang ketika sudah terjual. Jangan lupa juga untuk terus update tentang barang – barang yang sedang in dan banyak dicari orang, sehingga jasa titip kamu banyak diincar.

3.    Reseller

rekomendasi-peluang-usaha-reseller

Yang terakhir adalah reseller. Reseller adalah salah satu peluang usaha dengan modal minim. Walaupun harus mengeluarkan uang untuk membeli barang, kamu dapat mengatur pengeluaranmu untuk membeli barang, atau mengakalinya. Umumnya, para reseller akan mencari distributor/supplier/produsen yang menjual barang dengan harga miring. Lalu mereka akan membeli barang tersebut dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Itu juga yang membedakan reseller dan dropship, karena reseller harus memiliki stok barang yang ingin dijual, sedangkan dropship tidak.

Akan tetapi, reseller dapat mengurangi risiko munculnya kekecewaan dari pembeli. Karena reseller sudah memiliki stok barang dari distributor/supplier/produsen, reseller dapat mengecek dan memastikan terlebih dahulu kondisi barang yang akan dikirim ke pembeli. Dibandingkan dengan jasa titip dan juga dropship, reseller memang membutuhkan effort dan biaya yang paling besar. Selain harus mengeluarkan uang untuk membeli barang, reseller juga harus melakukan hal – hal lain seperti mengambil foto barang, promosi, proses packaging, hingga pengiriman ke ekspedisi.

Nah, itu dia 3 rekomendasi peluang usaha dengan modal minim yang dapat kamu coba untuk mendapatkan tambahan uang. Jika kamu tertarik untuk membuka usaha namun masih kekurangan modal, kamu dapat mengajukan pinjaman online hanya melalui aplikasi JULO! Kamu dapat mengajukan pinjaman maksimal 8 juta rupiah, dengan tenor pengembalian hingga 6 bulan lamanya. Bunga yang ditawarkan juga rendah dan tidak akan menyulitkanmu yang masih mulai merintis usaha. Jadi, usaha mana yang menarik untukmu? Yuk, tulis di kolom komentar!

Baca juga: Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Apa Mungkin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *