Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Apa Mungkin?

pinjam-uang-tanpa-jaminan-mungkin

Beberapa waktu terakhir, kehadiran pinjaman uang tanpa jaminan semakin banyak diperbincangkan. Hal ini dikarenakan, adanya kebiasaan dimana ketika kita meminjam uang ke institusi keuangan, seperti bank atau koperasi, nasabah diminta mengikutsertakan jaminan sebagai bentuk antisipasi apabila nasabah tidak mampu mengembalikan uang yang dipinjam. Semakin berkembangnya tren fintech (financial technology) beberapa tahun terakhir berhasil meningkatkan awareness masyarakat terhadap keberadaan pinjaman uang tanpa jaminan. Hal ini juga didukung fakta bahwa satu tahun terakhir banyak sekali isu yang menimpa fintech, baik isu positif maupun negatif. Salah satu yang paling menyita perhatian publik adalah munculnya pengaduan nasabah yang merasa dirugikan oleh lembaga penyedia pinjaman uang tanpa jaminan ke LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Jakarta, hal ini mendukung semakin disorotnya keberadaaan pinjaman uang tanpa jaminan di masyarakat.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah masyarakat betul-betul paham apa itu pinjaman uang tanpa jaminan dan bagaimana sistem kerjanya?

Kemungkinan tidak, hal ini dikarenakan sebagian orang percaya dan berani membuktikan sendiri kebenaran iklan yang disampaikan oleh lembaga penyedia pinjaman uang tanpa jaminan, namun tidak sedikit juga yang tidak percaya, menganggap pinjaman uang tanpa jaminan adalah penipuan, dan terhasut dengan pemberitaan yang ada di media. Padahal, pinjaman uang tanpa jaminan memang nyata.

Baca juga: Bingung Menghitung Bunga Pinjaman? Begini Caranya!

Cara Kerja Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Pada dasarnya, pinjaman uang tanpa jaminan memiliki cara kerja yang sama dengan pinjaman dari bank. Hal yang paling membedakan adalah tidak adanya jaminan, maksimal limit, bunga, dan proses pengajuan. Berikut ini adalah detail penjelasan masing-masing poin tersebut.

1.Tidak ada jaminan

Seperti namanya, lembaga penyedia pinjaman uang tanpa jaminan tidak akan mensyaratkan jaminan pada nasabah yang ingin mengajukan pinjaman. Hal ini untuk dikarenakan yang menjadi targetnya adalah orang-orang yang membutuhkan uang namun tidak memiliki aset untuk diagunkan.

2.Batas limit pinjaman

Pinjaman uang tanpa jaminan akan menetapkan batas limit pinjaman yang tidak begitu besar, biasanya batas maksimal pinjaman adalah Rp 20 juta. Ini beralasan karena syarat pinjaman yang tidak meminta jaminan.

3.Bunga

Bunga yang ditetapkan oleh pinjaman uang tanpa jaminan biasanya lebih tinggi dibanding bank. Hal ini dikarenakan tidak adanya jaminan yang diberikan nasabah sebagai ganti rugi apabila tidak mampu membayar pinjaman.

4.Proses pengajuan mudah dan cepat

Proses pengajuan pinjaman uang tanpa jaminan lebih mudah dan cepat dibanding pinjaman bank atau koperasi. Pada umumnya, jika ingin mengajukan pinjaman nasabah harus datang ke bank, apabila beruntung nasabah bisa langsung mengisi formulir pengajuan dan melengkapi seluruh berkas yang dipersyaratkan. Namun, jika kurang beruntung nasabah harus mengantri panjang.  Belum lagi jika saat pengajuan, berkas-berkas belum lengkap, nasabah harus bolak-balik bank untuk mengurus pengajuan pinjaman.

Ini jelas berbeda dengan pinjaman uang tanpa jaminan, dalam hal ini ranah fintech (financial technology). Proses pengajuan dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dan melalui smartphone pribadi. Nasabah diberi kebebasan dalam melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, biasanya persyaratan pun dapat dilihat sendiri melalui aplikasi. Ketika seluruh berkas yang disyaratkan lengkap, nasabah bisa langsung mengisi form yang ada di aplikasi dan biasanya semua proses dapat selesai kurang dari 30 menit.

Lembaga penyedia pinjaman online biasanya akan memproses pengajuan dalam 1 hari dan apabila pengajuan disetujui uang akan dikirimkan ke rekening pribadi Anda. Hal ini sangat berbeda dengan pinjaman bank, dimana Anda harus menunggu minimal 3 hari.

Salah satu pinjaman uang tanpa jaminan yang dapar dipercaya yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK adalah JULO. JULO menawarkan pinjaman hingga Rp 8 juta yang bisa Anda cicil hingga 6 bulan. Bunga yang diterapkan juga lebih murah dibanding pinjaman uang tanpa jaminan lainnya, yakni 3-4% sebulan. Pinjaman uang tanpa jaminan lainnya biasanya menerapkan bunga 0.8% sehari dan tenor pengembalian biasanya kurang dari 30 hari.

Jadi, apakah pinjaman uang tanpa jaminan itu mungkin? Tentu saja, jika Anda masih belum percaya, silahkan buktikan sendiri dengan mengunduh aplikasi JULO.

Baca juga: Apa Itu Julo-Julo dan Hubungannya dengan Pinjaman Online JULO?

Artikel Terkait

3 Thoughts to “Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Apa Mungkin?”

    1. Yono

      Pinjam 15 juta buat buka cabang usaha

  1. nenah

    Pijam 20 juta buat biaya sekolah

Leave a Comment