Pengajuan Pinjaman Online Ditolak, Mungkin Ini Alasannya

alasan-pinjaman-online-ditolak

Pinjaman online tanpa agunan sering sekali ditemukan di sosial media, seolah mengetahui bahwa Anda sedang membutuhkan dana tambahan. Di tengah mudahnya pengajuan online yang sering sekali hanya bermodalkan KTP dan Slip Gaji, tidak jarang juga orang-orang mengalami penolakan pengajuan pinjaman online.

Pengajuan pinjaman yang ditolak seperti ini juga sering sekali menimbulkan rasa bingung oleh nasabah, karena tidak mengetahui penyebab penolakan tersebut.

Alasan Pinjaman Online Anda Ditolak

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab mengapa pengajuan pinjaman online Anda ditolak. Yuk, simak uraian berikut selengkapnya.

1. Syarat dokumen yang diminta kurang lengkap atau kurang jelas

Meskipun pengajuan pinjaman online terbilang gampang, bukan berarti Anda dapat menganggap remeh proses pengajuannya. Dikarenakan proses approval pengajuan cukup mudah, perusahaan pinjaman online menjadi sangat berhati-hati pada dokumen yang Anda unggah. Dokumen Anda sangat menentukan dalam memutuskan apakah Anda layak untuk diberi pinjaman atau tidak. Permasalahan yang sering terjadi adalah nasabah tidak melampirkan dokumen yang disyaratkan dengan lengkap atau kualitas dokumen yang diunggah kurang jelas. Apabila masalahnya terdapat pada dokumen, biasanya perusahaan pinjaman online yang menghubungi Anda baik melalui aplikasi, email, atau SMS yang menginfokan agar Anda segera melengkapi berkas yang diminta atau mengunduh ulang berkas dengan kualitas lebih jelas.

alasan pinjaman online ditolak

2. Jumlah pinjaman melebihi limit maksimal pinjaman

Selain dokumen, hal yang sering terjadi juga adalah pengaju mengajukan pinjaman lebih besar dari limit kredit yang ditetapkan oleh perusahaan pinjaman online.

Misalnya, pada aplikasi disebutkan limit pinjaman Anda adalah Rp 5 juta, namun ketika pengajuan Anda mengajukan pinjaman Rp 6 juta. Dikarenakan, nominal pinjaman yang Anda ajukan lebih besar dari kredit limit Anda maka besar kemungkinan pinjaman Anda akan ditolak. Oleh karena itu, cobalah untuk mengajukan pinjaman online kurang dari limit atau maksimal sesuai dengan limit yang diberikan. Apabila Anda rajin melakukan pembayaran pinjaman, di kemudian hari besar kemungkinan limit Anda akan ditingkatkan karena dinilai sebagai nasabah yang baik.

Baca juga: Bingung Menghitung Bunga Pinjaman? Begini Caranya!

3. Anda Tidak Dapat  Dihubungi

Dalam proses verifikasi pengajuan pinjaman, nasabah diminta untuk memasukkan email atau nomor HP yang dapat dihubungi. Tujuannya adalah perusahaan pinjaman online perlu melakukan verifikasi bahwa Anda benar mengajukan pinjaman online dan data yang dimasukkan adalah data pribadi Anda bukan data orang lain.

Apabila Anda tidak dapat dihubungi, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman Anda akan ditolak untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan orang lain.

4. Nama Peminjam dan Nama Rekening Penerima Pinjaman Berbeda

Perbedaan nama seperti ini juga sering sekali terjadi, dimana nama peminjam dan nama rekening penerima pinjaman yang dimasukkan ke dalam aplikasi berbeda. Misalnya, nama Anda sesuai KTP adalah Mekar Suryanita, sementara pada saat pengajuan Anda memasukkan rekening atas nama Bima Mahardika (suami Anda). Atau, nama Anda ketika mengajukan adalah Mekar Suryanita, sementara nama di rekening Anda adalah Mekar Surya atau Mekar S. Apabila Anda melakukan hal ini, besar kemungkinan pengajuan pinjaman online Anda akan ditolak untuk menghindari adanya penipuan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan data pribadi Anda ketika mengajukan pinjaman online untuk menghindari penolakan pengajuan.

4. Wilayah Tempat Tinggal di Luar Wilayah Layanan

Tidak semua perusahaan pinjaman online melayani seluruh area di Indonesia, mungkin ada satu atau dua pinjaman online, namun pada umumnya pinjaman online masih melayani beberapa area saja. Apabila Anda tinggal di daerah yang bukan merupakan area layanan pinjaman online, maka sangat besar kemungkinan Anda ditolak. Maka cobalah untuk mengajukan pinjaman online yang mencakup wilayah tempat tinggal Anda.

Itulah beberapa alasan yang kemungkinan menyebabkan pengajuan pinjaman online Anda diterima. Cobalah untuk menghindari poin-poin tersebut diatas sehingga pengajuan pinjaman online Anda semakin cepat diproses dan tidak ditolak oleh perusahaan penyedia pinjaman online. Jika saat ini Anda berencana untuk mengajukan pinjaman online, Anda dapat mengajukan pinjaman di JULO.

Baca juga: Jangan Mengajukan Pinjaman Online Untuk 4 Keperluan Ini

Artikel Terkait

7 Thoughts to “Pengajuan Pinjaman Online Ditolak, Mungkin Ini Alasannya”

  1. Lili kusmiyati

    Susah masuk to pengisian data n pngajuan pinjman yg dtuju.. Knap ya…

    1. Halo Ibu Lili,

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda. Mohon informasikan kesulitan Anda secara detail dengan menyertakan screenshot, kemudian kirimkan ke cs@julo.co.id.

      Kami tunggu email dari Anda.

      Terima kasih

  2. saya mau ganti perangkat hp saya

  3. Muhammad Zaim syiddiqi

    Mohon Info nya , apa setelah pelunasan Pinjaman kedua masih bisa untuk mengajukan Pinjaman kembali dengan limit yang naik dari sebelumnya ?

    bagaimana caranya kalau bisa …

    trm ksh,

  4. Rezky amelia

    Saya pernah pengajuan di julo….taoi ditolak…terus sebulan saya pengajuan lagi gak bisa…..gimana ini ya

  5. Saipudin

    Bagaimana cara saya mengantikan nomor telepon yg baru sedangkan nomor yg sudah tidak dipakai itu masih didalam datanya

Leave a Comment