Oktaviani S/ Karir & Pendidikan/ 1 comments

Beberapa waktu belakangan, dunia maya sempat dihebohkan oleh isu politik terkait Pemilu (Pemilihan Umum) 2019. Isu ini pun sangat banyak macamnya, namun yang paling heboh adalah ketika muncul pembahasan tentang unicorn saat Debat Kedua Pilpres 2019. Media sosial langsung dibanjiri oleh bermacam-macam komentar oleh warganet, mulai dari penjelasan tentang unicorn sampai muncul meme unicorn yang berhasil mengundang tawa.

Hal ini benar-benar melengkapi persiapan pesta demokrasi April 2019 nanti, dimana kita mengadakan Pemilu untuk memilih Presiden dan Legislatif Indonesia periode 2019-2024.

Ada 2 pertanyaan yang sangat sering ditanyakan selama persiapan menuju pesta demokrasi ini yaitu;

“Pemilu 2019 libur atau tidak, ya?”

“Apa itu Form A5, penting tidak mengurus Form A5, dan bagaimana cara mengurus Form A5?”

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai 2 pertanyaan tersebut diatas. Yuk, simak uraian berikut ini!

Pemilu 2019 Libur atau Tidak?

Selain isu politik di dunia maya, pertanyaan “Pemilu 2019 nanti libur atau tidak?” merupakan salah satu yang paling banyak ditanyakan. Seperti pemilu periode-periode sebelumnya, Pemilu 2019 yang bertepatan tanggal 17 April 2019 ini juga merupakan hari libur nasional. Pemilihan tanggal tersebut juga disesuaikan dengan adanya perayaan Jumat Agung bagi umat Kristiani yang jatuh pada tanggal 19 April 2019. Ketua Panitia Kerja UU Pemilu Lukman Edy menyebutkan, 17 April 2019 yang merupakan hari Rabu sengaja dipilih mengingat adanya Jumat Agung, sehingga dapat mengantisipasi kecilnya jumlah pemilih.

Hal ini cukup rasional, apabila Pemilu diadakan pada 18 April atau 22 April, kemungkinan akan banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan momen ini untuk liburan, sehingga jumlah masyarakat yang berpartisipasi pada Pemilu 2019 akan cenderung kecil.

Kamu berada di sisi mana, liburan panjang atau memanfaatkan hak pilih?

Baca juga: Menikah di Usia Muda, Apa Kelebihannya?

Apa itu Form A5, penting tidak mengurus Form A5, dan bagaimana cara mengurus Form A5?

Hal yang sering juga ditanyakan orang-orang yang bekerja dan tinggal di luar daerah asal; misalnya tinggal di Jakarta namun alamat asal di KTP (kartu TKamu Penduduk) adalah Medan; menjelang Pemilu adalah “Apa itu Form A5, penting tidak mengurus Form A5, dan bagaimana cara mengurusnya?”.

Form A5 adalah formulir yang digunakan sebagai bukti bahwa seseorang berhak memilih di suatu daerah tertentu (domisili) yang bukan daerah asal sesuai dengan E-KTP.

Bagi Kamu yang ingin memilih di luar TPS asal, form A5 sangat penting sebagai syarat untuk dapat memilih di TPS (Tempat Pemungutan Suara) terdekat dengan tempat domisili Kamu saat ini. Adanya form A5 tentu memudahkan Kamu berpartisipasi dalam Pemilu 2019 tanpa harus pulang ke daerah asal.

Sebagai warga negara yang baik, kita dihimbau untuk turut berpartisipasi dalam Pemilu yakni dengan memanfaatkan hak pilih. Jika pada periode sebelumnya form A5 hanya boleh diurus di daerah asal pemilih, saat ini KPU (Komisi Pemilihan Umum) berusaha memudahkan proses pengurusan A5 sehingga setiap warga negara menggunakan hak pilihnya. Berikut ini adalah hal yang perlu Kamu lakukan untuk mengurus form A5:

  1. Cek status hak pilih Kamu dengan memasukkan nama dan NIK di website https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/
  2. Jika nama Kamu sudah terdaftar sebagai pemilih, kunjungi KPU terdekat dengan membawa fotokopi KK dan E-KTP. Jika tidak terdaftar, hubungi kelurahan daerah asal dan minta untuk diurus agar terdaftar sebagai pemilih.

Beberapa KPU tidak mengharuskan adanya KK, namun akan lebih baik bila Kamu sudah menyiapkan KK sehingga tidak perlu bolak-balik mengurusnya.

  1. Begitu Kamu sampai di KPU dan menjelaskan maksud kedatangan Kamu, pihak KPU akan memberikan form untuk mengisi domisili sekarang sehingga  TPS akan disesuaikan dengan TPS terdekat dengan domisili.
  2. Ketika form A5 sudah jadi, pihak KPU akan menghubungi pengurus TPS terdekat dengan alamat domisili dan menginfokan bahwa Kamu berhak memilih di TPS tersebut. Namun untuk menghindari ketidakpastian, cobalah meminta kontak pengurus TPS yang dimaksudkan.
  3. Hubungi pengurus TPS dan beritahu bahwa Kamu berhak memilih di TPS tsb.
pemilu 2019

Nah, itulah cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengurus form A5. Sangat mudah, bukan?

Mengurus form A5 dalam 15 menit, memilih hanya 5 menit, dan dijalani dalam 5 tahun, yakin mau disia-siakan?

Yuk, lindungi hak pilihmu.

Baca juga: Bagaimana Cara Lapor Pajak Pribadi/SPT secara Online, DJP Online?

Share this Post

1 Comment

  1. Katanya untuk ngurus form a5 terakhir tanggal 17 maret kan ya? Nah kalau sampai skrg belum sempat ngurus bagaimana? Apa masih boleh milih?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*