Yuk, Pelajari Apa Itu Equity (Ekuitas) di Sini

apa-itu-ekuitas-equity

Apa yang terlintas dipikiran JULOvers saat mendengar istilah ini? Mungkin sebagian orang mendefinisikan sebagai harta yang digunakan untuk membiayai suatu kegiatan usaha. Definisi tersebut tidaklah salah. Namun apakah pengertian ekuitas atau equity lebih tepatnya?

Equity adalah ekuitas atau besarnya hak residual atas aktiva suatu perusahaan setelah dikurangi keseluruhan kewajiban di dalam neraca.

Mari kita pelajari lebih lanjut pengertian dari equity (ekuitas), penjabarannya, dan klasifikasi pada suatu pemilik entitas atau harta perusahaan.

Pengertian Equity

Equity adalah besarnya hak atau kepentingan pemilik atau entitas pada harta suatu perusahaan. Jika mengingat persamaan dalam akuntansi, diketahui bahwa sisi kiri merupakan harta dan sisi kanan merupakan utang dan ekuitas. Sisi kiri menunjukkan besarnya sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan sisi kanan merupakan besarnya kepentingan kreditor dan pemilik terhadap harta suatu perusahaan.

Istilah ekuitas atau equity adalah berasal dari kata ekuitas yang berarti kekayaan bersih perusahaan. Jadi, pada prinsipnya equity adalah kekayaan bersih yang diperoleh dari investasi seorang pemilik perusahaan dan juga dari hasil suatu kegiatan usaha yang dikelola. Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) tahun 2002 Pasal 49, pengertian ekuitas atau equity adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban.

Equity = Aktiva (Harta) - Pasiva (Utang)

Ekuitas atau equity adalah formulasi dari total aktiva dikurangi total pasiva. Ekuitas atau equity adalah bagian hak pemilik dalam perusahaan yaitu selisih antara aktiva dan kewajiban yang ada. Namun ekuitas tidak dapat dijual atau tidak memiliki ukuran nilai jual perusahaan. Pada dasarnya ekuitas atau equity adalah berasal dari investasi pemilik dan hasil usaha perusahaan. Ekuitas akan berkurang dengan adanya penarikan kembali penyertaan oleh pemilik, pembagian keuntungan atau karena kerugian.

Secara sederhana, Ekuitas atau equity adalah sebuah perkiraan yang mencerminkan besarnya hak atau kepentingan pemilik perusahaan pada harta perusahaan. Kalau sesuai pada persamaan dasar akuntansi, kolom sisi kiri (debet) berisi kelompok harta dan pada sisi kanan (kredit) berisi kelompok hutang dan ekuitas.

Mengingat ekuitas atau equity adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban dalam neraca, dengan demikian jumlah (besarnya) ekuitas sama dengan selisih antara aktiva dan kewajiban perusahaan.

Elemen Ekuitas (Equity)

Pada suatu perusahaan perseroan, ekuitas dibagi menjadi beberapa elemen. Berikut merupakan macam-macam elemen dari ekuitas:

  1. Modal Disetor

Modal disetor pada equity adalah besarnya uang yang disetorkan oleh pemegang saham. Modal disetor dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Modal Saham, merupakan jumlah nominal peredaran suatu saham
  • Agio/Disagio Saham, merupakan selisih antara setoran pemegang dengan jumlah nominal saham. Agio memiliki arti sebagai selisih di atas nominal, sedangkan Disagio adalah selisih di bawah nominal.

1. Laba Tidak Dibagi

Laba tidak dibagi pada equity adalah kumpulan dari laba tahun-tahun sebelumnya yang tidak dibagi sebagai dividen. Laba ini berasal dari dalam perusahaan. Jenis modal laba tidak dibagi ini sewaktu-waktu dapat diminta oleh yang bersangkutan (pemegang saham) sebagai dividen.

2. Modal Penilaian Kembali

Modal penilaian kembali pada equity adalah selisih nilai buku lama (buku periode sebelumnya) dengan nilai buku yang baru dicatat sebagai modal penilaian kembali.

3. Modal Sumbangan

Modal sumbangan pada equity adalah modal yang timbul akibat sebuah perusahaan dalam memperoleh aktiva yang berasal dari sumbangan.

4. Modal Lain-lain

Modal lain-lain pada equity adalah modal pada cadangan laba tidak dibagi seperti cadangan untuk ekspansi, cadangan penurunan harga persediaan, cadangan pelunasan obligasi dan sebagainya. Jumlah laba tidak dibagi yang sudah dicadangkan tidak bisa diminta kembali sebagai dividen.

Contoh Ekuitas (Equity)

Kita dapat melihat beberapa ekuitas yang terdapat pada suatu entitas berbentuk Perseroan Terbatas (PT) sebagai contoh. Berikut merupakan contoh dari ekuitas:

  1. Modal Perseroan Terbatas yang terdiri atas saham.
  2. Saham yang terdiri dari; Saham Preferen, Saham Biasa, dan Akun Tambahan Modal Disetor.
  3. Modal yang berasal dari sumbangan (donated capital) dapat dilaporkan sebagai bagian dari tambahan modal disetor.
  4. Premium (agio) atau discount (disagio) dari penjualan saham, baik saham biasa maupun saham preferen.
  5. Selisih penilaian kembali aktiva tetap, untuk perusahaan yang melakukan revaluasi aktiva tetap berdasarkan peraturan pemerintah.
  6. Retained Earnings (laba ditahan) atau Deficit/Accumulated Losses.

Itu dia pembahasan tentang ekuitas atau equity.  Semoga bermanfaat bagi JULOvers sekalian dan terima kasih banyak atas kunjungannya!

Baca juga: Sedang Mencari Pinjaman Online Terbaik? JULO Jawabannya!

Artikel Terkait

Leave a Comment