Yuk, Kenali Manfaat dan Macam-Macam Asuransi Berikut Ini!

macam-macam-asuransi

Banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia secara tidak langsung membuat kamu tidak asing lagi dengan kata “asuransi”. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi merupakan perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis. Jadi, secara simpel, perusahaan asuransi memberikan pengganti kerugian seperti kehilangan, kesehatan, bahkan kematian kepada pemegang polis. Pemegang polis wajib membayar biaya premi tiap bulannya dengan jumlah yang telah disesuaikan dengan jenis asuransi yang mereka pilih.

Sebelum masuk ke jenis-jenis asuransinya, kita pahami dulu yuk, manfaat asuransi secara garis besar!

1.       Mengalihkan Sejumlah Risiko

Seperti yang tadi dijelaskan, perusahaan asuransi memberikan ganti rugi terhadap pemegang polis. Jadi, ketika ada risiko yang harusnya ditanggung oleh pemegang polis, dialihkan kepada perusahaan asuransi.

2.       Mengurangi Biaya Tak Terduga

Kita tidak bisa menghindari hal-hal seperti penyakit, musibah, bencana alam, dan sebagainya. Kejadian tersebut secara tidak langsung memaksa kita untuk mengeluarkan biaya tak terduga, dan dalam jumlah yang tidak sedikit. Akan tetapi, jika kamu memiliki asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi jiwa, bahkan asuransi kendaraan, tentu pihak asuransi lah yang akan membayar biaya yang seharusnya kamu keluarkan tersebut.

3.       Meminimalisir Kerugian

Seperti halnya dengan poin-poin di atas, kita tidak bisa menghindari kejadian-kejadian yang berisiko. Kita ambil contoh kamu memiliki usaha warung kopi, tiba-tiba ada kejadian tak terduga, yaitu kebakaran terjadi di warung kopi milikmu. Jika kamu memiliki asuransi bisnis yang termasuk dalam asuransi properti, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi untuk warung kopimu tersebut. Akan tetapi, jika kamu tidak memiliki asuransi tersebut, kamu tentu harus memulai bisnis warung kopimu dari awal dan harus mengumpulkan uang kembali.

4.       Menghadirkan Ketenangan

Ketika kamu memutuskan untuk mendaftar asuransi, kamu akan menyisihkan sebagian pendapatan tiap bulannya untuk membayar premi. Secara tidak langsung, kamu menyediakan dana darurat untuk biaya-biaya tak terduga yang mungkin akan kamu lakukan. Oleh karena itu, karena kamu terdaftar asuransi, kamu tidak akan panik ketika harus menghadapi kejadian-kejadian yang mewajibkan kamu mengeluarkan sejumlah uang, sekalipun dalam jumlah besar.

Nah, itu dia manfaat asuransi secara umum. Sekarang, yuk kita kenali dulu jenis asuransi yang paling banyak digunakan dan populer di Indonesia!

1.   Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memberikan keuntungan kepada tertanggung atas kematiannya. Ada dua cara untuk mencairkan dana asuransi jiwa ini, yaitu tertanggung dapat meng-klaim dana sebelum kematiannya, atau perusahaan asuransi akan membayarnya setelah kematian tertanggung. Ada 3 jenis asuransi jiwa yang perlu kamu ketahui:

a.)    Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka merupakan asuransi yang paling terjangkau dibandingkan dengan asuransi jiwa lainnya. Walaupun begitu, jangan khawatir karena tanggungan biayanya tetap besar, kok. Asuransi ini memberikan proteksi dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan tawaran perusahaan, umumnya dalam jangka waktu 5, 10 hingga 20 tahun.

b.)    Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberi proteksi bagi pemegang polis seumur hidupnya. Asuransi ini dapat berfungsi sebagai tabungan yang dananya dapat dipakai ketika kebutuhan darurat.

c.)     Asuransi Dwiguna (Endowment)

Yang terakhir adalah asuransi dwiguna. Asuransi ini menawarkan dua keuntungan, yaitu:

  • Ahli waris dapat tanggungan ketika pemegang polis meninggal dunia.
  • Seluruh uang dapat dicairkan ketika masih hidup.

Umumnya, asuransi ini digunakan sebagai dana pensiun yang dipersiapkan untuk keberlangsungan masa depan.

2.   Asuransi Kesehatan

Sering mendengar pernyataan bahwa kesehatan itu mahal? Memang benar, JULOvers. Ketika kamu sakit, berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk biaya pengobatan? Belum lagi jika harus di rawat inap, kecelakaan, atau harus melakukan operasi yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Asuransi kesehatan merupakan salah satu asuransi paling populer di Indonesia. Asuransi ini menanggung biaya perawatan selama pemegang polis sakit, kecelakaan, maupun meninggal dunia. Pihak asuransi menanggung biaya rawat jalan dan juga rawat inap pemegang polis.

3.   Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan juga merupakan asuransi yang populer dan menjadi favorit banyak orang. Tidak dapat dipungkiri, saat ini, biaya pendidikan memang tergolong mahal dan cenderung terus naik tiap tahun ajaran baru. Biaya pendidikan anak dari kecil hingga ia memasuki jenjang perkuliahan tentu tidak memakan sedikit biaya. Asuransi pendidikan pun menjadi solusi penjamin kehidupan terbaik untuk anak. Jika kamu tertarik untuk mengambil asuransi pendidikan ini, biaya preminya disesuaikan dengan keinginan tingkat pendidikan yang ingin diselesaikan sang anak.

4.   Asuransi Properti & Bisnis

Asuransi ini merupakan asuransi penting untuk melindungi aset properti maupun bisnis yang kamu miliki. Kita tentu tidak bisa menghindari kejadian-kejadian tak terduga seperti kerusakan, kehilangan, musibah hingga bencana alam yang mungkin saja terjadi. Asuransi properti dapat kamu daftarkan untuk tempat tinggalmu, karena tempat tinggalmu merupakan aset penting yang kamu miliki, dan tentunya membutuhkan banyak biaya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sedangkan, kamu dapat mendaftarkan aset bisnismu seperti gudang, kantor, maupun toko untuk asuransi bisnis.

5.   Asuransi Kendaraan

Yang terakhir adalah asuransi kendaraan. Kamu dapat mendaftarkan asuransi kendaraan untuk mobil maupun motor milikmu. Namun, kebanyakan orang mendaftarkan mobil miliknya untuk asuransi ini. Kendaraan merupakan salah satu aset yang juga berharga karena harga pembeliannya pun tidak murah. Ada dua jenis asuransi untuk kendaraan ini, yaitu:

a.)    Asuransi Kendaraan All Risk

Dengan asuransi ini, segala risiko seperti kerusakan ringan, berat, hingga kehilangan ditanggung oleh pihak asuransi.

b.)    Asuransi Kendaraan Total Lost Only (TLO)

Berbeda dengan asuransi all risk, asuransi ini hanya mengganti kerugian kehilangan mobil, atau kerusakan mobil jika biaya perbaikannya minimal 75% atau lebih dari harga kendaraan sebelum rusak.

JULOvers, sudah tahu kan sekarang apa saja asuransi-asuransi yang populer dan paling banyak digunakan di Indonesia? Jangan lupa untuk pahami juga ya, manfaat serta kegunaan umum dari asuransi-asuransi di atas. Asuransi memang dapat menjadi solusi terpercaya untuk meminimalisir risiko dan kerugian atas kejadian-kejadian tak terduga yang bisa saja terjadi padamu maupun keluargamu. Akan tetapi, jika kamu belum sempat atau belum yakin untuk mendaftarkan diri untuk asuransi karena merasa keberatan untuk membayar premi tiap bulan, kamu bisa menggunakan produk JULO sebagai penggantinya.

Dengan JULO, kamu bisa meminjam uang ketika ada kebutuhan darurat seperti biaya kesehatan, pendidikan, modal usaha, bahkan kegiatan konsumtif seperti membeli kendaraan atau barang elektronik. Bunga yang JULO tawarkan pun cukup rendah, mulai dari 0,1% perharinya. Prosesnya pun mudah dan tidak memakan banyak waktu. Tertarik untuk meminjam dana di JULO? Yuk, download aplikasi JULO di Google Playmu dan ajukan pinjaman online sekarang!

Baca juga: Temukan Pengertian, Sejarah, Fungsi, Hingga Jenis-Jenis Koperasi Di sini!

Artikel Terkait

Leave a Comment