Skip to main content
dana-cepat-tanpa-jaminan-solusi

Kebutuhan Mendesak Bikin Pusing, Dana Cepat Tanpa Jaminan Solusinya

Dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang kita dihadapkan pada keadaan yang membutuhkan uang dalam waktu singkat. Kebutuhan mendesak seperti biaya kecelakaan, atap rumah bocor akibat hujan badai, atau ada sanak keluarga yang sedang sakit, seringkali membuat pusing karena dituntut untuk menghasilkan dana cepat. Bagi sebagian orang yang tahu betul mengelola keuangan, dana cepat seperti ini bisa jadi bukan masalah besar. Namun, bagi sebagian orang kebutuhan dana cepat seperti ini seringkali membuat pusing karena tidak adanya tabungan yang dapat digunakan ketika keadaan mendesak terjadi. Pada saat seperti ini, dana cepat tanpa jaminan bisa menjadi solusi utama.

Apa itu dana cepat tanpa jaminan?

dana cepat tanpa jaminan

Dana cepat tanpa jaminan seringkali diasosiasikan dengan pinjaman online bunga tinggi atau rentenir online. Tidak jarang di media sosial warganet menyebutkan jangan meminjam uang dari penyedia dana cepat tanpa jaminan, karena bunganya melilit, proses collection yang tidak beretika dan lain sebagainya. Hal ini cukup beralasan karena memang tidak sedikit perusahan sejenis ini menetapkan bunga sangat tinggi (1% per hari) dan cenderung memberatkan. Namun yang perlu Anda pahami adalah tidak semua demikian, Anda hanya perlu lebih bijak dalam memilih penyedia layanan yang tepat.

Bagaimana memilih penyedia dana cepat tanpa jaminan dengan tepat?

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda juga harus paham bahwa dana cepat tanpa jaminan didesain untuk membantu Anda ketika mendesak karena untuk meminjam uang dari bank biasanya membutuhkan proses cukup lama yakni waktu 3-4 hari kerja. Bagi Anda yang ingin mengajukan dana cepat tanpa jaminan, cobalah perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Jangan meminjam dari penyedia dana cepat tanpa jaminan yang tidak terdaftar di OJK (Otoritas jasa Keuangan). Dikarenakan tidak terdaftar dan diawasi OJK, perusahaan tersebut cenderung tidak akan mengikuti regulasi yang ditetapkan oleh OJK sehingga besar kemungkinan terjadinya pelanggaran yang dapat merugikan/ memberatkan Anda.
  2. Perhatikan bunga dan jangka waktu pengembalian yang ditawarkan. Tidak dapat dipungkiri dalam keadaan terdesak kita cenderung kurang memperhatikan hal-hal lain dan hanya fokus untuk mendapatkan dana cepat. Ini salah besar karena Anda juga harus fokus pada bunga dan jangka waktu pengembaliannya. Bayangkan, Anda meminjam 1 juta namun harus membayar bunga 1% sehari dan jangka pengembalian 7 hari, dibanding meminjam 2 juta namun dengan bunga 0.33% per hari dan jangka waktu pengembalian 1 bulan. Memperhatikan bunga dan jangka waktu pengembalian saat meminjam dana cepat tanpa jaminan akan sangat bermanfaat.
  3. Pastikan Anda membaca SPHP (Surat Perjanjian Hutang Piutang) sebelum menandatangani. Pada SPHP biasanya akan dijelaskan kesepakatan kedua belah pihak, termasuk informasi denda keterlambatan dan uang muka (provision fee). Penyedia dana cepat tanpa jaminan yang baik biasanya menjelaskan secara terbuka mengenai biaya-biaya yang akan dibayarkan dan kesepakatan lainnya yang tertera di SPHP. Pastikan Anda paham betul isi perjanjian sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Baca juga: List Pinjaman Online Yang Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

Apa untungnya meminjam di penyedia dana cepat tanpa jaminan?

Berikut ini adalah keuntungan yang Anda dapat apabila meminjam dari penyedia dana cepat tanpa jaminan:

  1. Proses cepat, mudah, dan aman. Seperti namanya, pengajuan dana cepat tanpa jaminan cenderung mudah dan aman karena kegiatan operasionalnya diatur oleh regulasi OJK.
  2. Tanpa jaminan. Tidak memerlukan jaminan, sehingga siapa pun dapat mengajukan pinjaman selama memenuhi syarat yang ditetapkan.
  3. Bunga dan jangka waktu pengembalian. Jika Anda cukup jeli dalam memilih penyedia dana cepat tanpa jaminan, Anda akan menemukan beberapa yang menerapkan bunga rendah dan jangka waktu pengembalian relatif lama.

Lebih pilih mana:

  • Pinjam uang ke teman/ saudara namun seluruh keluarga tahu Anda memiliki hutang atau pinjam ke penyedia dana cepat tanpa jaminan yang keseluruhan data Anda dijaga kerahasiaannya kecuali kepada emergency contact yang Anda cantumkan?
  • Pinjam ke tetangga/ kenalan (yang seorang rentenir) yang sudah pasti bunganya lebih tinggi dan tidak memiliki dasar hukum.

Itulah hal yang perlu Anda ketahui mengenai dana cepat tanpa jaminan dan penyedia dana cepat tanpa jaminan. Hal ini sudah pasti bisa menjadi solusi bagi Anda disaat mendesak. Namun, cobalah tetaplah bijak dalam mengajukan dana cepat tanpa jaminan sehingga tidak membebankan di kemudian hari.

Apabila saat ini Anda sedang mencari penyedia dana cepat tanpa jaminan terpercaya, JULO bisa menjadi referensi Anda. Untuk mengajukan pinjaman melalui JULO silahkan klik disini.

Baca juga: Pinjaman Online, Bagaimana Perhitungan Biaya dan Bunganya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *