Indira A/ Tentang Pinjaman JULO/ 0 comments

Kita perlu mengapresiasi dan turut merasa terbantu dengan kemudahan-kemudahan yang bisa kita dapatkan berkat perkembangan teknologi yang kian canggih tiap waktunya. Akan tetapi, perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak membuat kita terbebas dari hal-hal yang berbahaya dan tidak diinginkan seperti penipuan. Penipuan hingga kini masih kerap terjadi, terlebih lagi dengan kemudahan teknologi yang seakan membuka jalan dan modus baru bagi para oknum untuk melakukan penipuan. Tidak dapat dipungkiri bahwa oknum-oknum yang melakukan penipuan saat ini sudah sangat canggih dan mengikuti perkembangan zaman, sehingga mampu lebih banyak mendapatkan korban.

Kita dapat mengambil contoh dari banyaknya fake account yang kini merajalela di media sosial. Sudah sejak lama dan bukan rahasia umum lagi bahwa banyak korban yang telah tertipu oleh fake account di media sosial, terutama Instagram. Beragam jenis penipuan dapat dilakukan oleh fake account-fake account ini dengan modus yang bermacam-macam, termasuk dalam penipuan uang yang mengatasnamakan perusahaan pinjaman online. Maraknya penipuan mengatasnamakan pinjaman online saat ini membuat kamu harus lebih berhati-hati dan waspada lagi dalam mencari tahu dan memilih pinjaman online yang tepat untuk membantu keuanganmu.

Ciri-ciri Fake Account

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengidentifikasi fake account di Instagram:

1.   Jumlah Following Tidak Wajar

Cara pertama yang dapat mengindikasikan sebuah akun Instagram merupakan fake account atau tidak adalah dengan cara melihat dari jumlah following akun tersebut, lalu dibandingkan dengan jumlah followers yang akun Instagram tersebut miliki. Kebanyakan fake account yang ada di Instagram memiliki jumlah following yang tidak wajar dan tidak sebanding dengan jumlah followers yang mereka miliki. Jangan lupa juga untuk memperhatikan akun-akun yang merupakan followers mereka. Kebanyakan fake account memiliki followers akun tidak jelas seperti akun spam karena hasil dari beli followers.

Berikut adalah contohnya:

2.   Tag tidak jelas

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk melihat apakah akun Instagram tersebut merupakan fake account atau tidak adalah dengan cara melihat & mengecek hasil dari tagged photosnya. Sebagian besar akun asli pasti memiliki tagged photos yang jelas, misalnya untuk pinjaman online, ada tagged photos dari karyawan, partnership, acara, dari nasabah, dan sebagainya. Jika tagged photosnya merupakan foto-foto tidak jelas, atau bahkan tidak ada tagged photos sama sekali, kamu boleh meragukan keaslian akun tersebut, JULOvers.  

3.   Followers Mencurigakan

Jika kamu masih belum yakin lagi apakah akun tersebut merupakan fake account atau real account, kamu dapat mengecek dari akun-akun followersnya. Apakah followers dari akun tersebut merupakan akun real, atau malah akun-akun tidak jelas seperti akun yang didapatkan dari hasil membeli followers.

4.   Tidak Verified

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk membedakan mana fake account dan real account adalah dengan mencek tanda centang biru yang mereka miliki dalam profil Instagramnya. Jika memiliki tanda centang biru, berarti akun tersebut merupakan verified account yang telah melewati proses dari Instagram. Memang tidak semua akun asli memiliki tanda centang biru ini, namun tanda ini bisa menjadi pertimbangan untuk kamu mengecek keaslian akun Instagram.

5.   Likes & Comments Tidak Sebanding

Poin ke-5 ini juga dapat menjadi tolak ukur untuk menilai apakah akun Instagram yang kamu maksud merupakan fake account atau tidak. Likes & comments dalam suatu akun merupakan bentuk engagement & interaksi yang dapat kamu nilai dari jumlahnya. Jika akun tersebut memiliki banyak followers namun tidak sebanding dengan jumlah likes & commentsnya (misalnya followers 5.000, rata-rata likes & comments di bawah 10), bisa jadi akun tersebut membeli followers, JULOvers. Kamu juga bisa memperhatikan komen-komen yang masuk, apakah komen tersebut sesuai dengan gambar yang dipost, atau hanya komen spam yang tidak jelas.

6.   Ukuran Foto Berantakan/Tidak Sesuai

Fake account yang ingin menyerupai suatu akun biasanya mencuri tanpa izin foto yang dimiliki oleh real account. Maka, kamu dapat juga melihat dari ukuran foto yang mereka upload, sesuai atau tidak, resolusinya pecah atau tidak. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan juga apakah akun yang kamu maksud merupakan fake account atau tidak, JULOvers.

7.   Fitur “About This Account/Tentang Akun Ini”

Cara terakhir untuk memastikan sebuah akun Instagram merupakan fake account atau tidak adalah dengan memanfaatkan fitur Instagram yang bernama “About This Account/Tentang Akun Ini”. Fitur ini merupakan informasi tambahan tentang sebuah akun Instagram untuk memastikan kevalidan sebuah akun. Isinya terdiri dari tanggal akun tersebut bergabung dengan Instagram, iklan yang dijalankan, perubahan username, hingga followers yang dimiliki. Berikut cara untuk menggunakan fitur About This Account/Tentang Akun Ini:

  1. Klik tombol seperti yang ditandai pada gambar di bawah

 2. Klik “About This Account/Tentang Akun Ini”

Itu dia JULOvers beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memastikan sebuah akun Instagram adalah fake account atau tidak. Maraknya penipuan yang terjadi saat ini mewajibkan kamu untuk terus waspada dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial, terutama ketika ingin memilih pinjaman online. Tidak sedikit lho, orang yang tertipu dengan fake account media sosial yang mengatasnamakan pinjaman online. Jadi, harus lebih waspada dan cari informasi sebanyak-banyaknya ya, JULOvers!

Untuk terus membasmi maraknya fake account, berikut ini adalah akun resmi yang dimiliki oleh JULO:

Jika kamu menemukan fake account yang mengatasnamakan JULO, silahkan laporkan melalui email di cs@julo.co.id untuk kami tindaklanjuti. Tetap waspada agar terhindar dari penipuan ya, JULOvers!

Baca juga: Punya Keluhan atau Pertanyaan? Jangan Khawatir, Hubungi Call Center JULO!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*