Cara Membedakan Aplikasi Palsu dan Asli di Google Play Store

membedakan-aplikasi-asli-palsu

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan jumlah penetrasi pengguna smartphone, semakin banyak juga bermunculan aplikasi. App Annie sebuah  perusahaan penyedia data terkait pasar aplikasi menyebutkan bahwa pada 31 Oktober 2017 saja, ditemukan terdapat sekitar 50.000 aplikasi baru di iOS App Store dan 150.000 pertambahan aplikasi di Google Play Store. Hal ini semakin membuktikan bahwa pertumbuhan aplikasi semakin pesat dari hari ke hari.

Google melalui Google Play menyediakan banyak aplikasi yang dapat Anda download secara gratis. Namun, seiring dengan pertumbuhannya ternyata semakin banyak pula aplikasi palsu. Aplikasi ini mencoba menyerupai aplikasi asli dan apabila pengguna lengah, kemungkinan akan mengakibatkan mengunduh aplikasi yang salah. Misalnya, Anda ingin mengunduh aplikasi Telegram dari Telegram Messenger LLP. Ketika Anda mencari aplikasi tersebut pada Google Play, akan muncul banyak pilihan aplikasi seperti gambar berikut ini.

Cara Membedakan Aplikasi Asli & Palsu

Tentu kita menginginkan aplikasi asli, namun tidak jarang dikarenakan banyaknya pilihan aplikasi yang ditawarkan, kita menjadi bingung menentukan mana aplikasi asli dan mana aplikasi palsu. Nah, agar Anda tidak salah mengunduh aplikasi palsu atau aplikasi yang bukan sebenarnya Anda inginkan, perhatikan hal-hal berikut sebelum mengunduh sebuah aplikasi.

1. Pastikan nama aplikasi sudah benar

Sebelum mengunduh, pastikan Anda mengecek nama aplikasi dan memastikan nama aplikasi yang akan diunduh sudah sesuai dengan nama aplikasi asli yang dipublikasikan oleh perusahaan.

Untuk kasus Telegram di atas, pastikan nama aplikasinya adalah Telegram.

2. Mengecek developer aplikasi

Setelah memastikan nama aplikasi sudah sesuai, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek developer pembuat aplikasi tersebut. Biasanya terdapat banyak informasi di internet yang menyebutkan nama developer pembuat aplikasi asli yang ingin Anda unduh.

Baca juga: Bunga KTA Online lebih tinggi dibanding KTA Bank, Ini Ciri KTA Online Bunga Rendah

Misalnya untuk kasus Telegram, Anda dapat mencari informasi melalui Google untuk developernya. Developer Telegram adalah Telegram FC LLC.

aplikasi-telegram

Jadi, silahkan cek aplikasi mana yang dikembangkan oleh Telegram FC LLC, itulah aplikasi yang asli.

aplikasi-telegram-playstore

3. Mengecek rating dan review aplikasi

Setelah memastikan developer sesuai, selanjutnya Anda perlu membaca review dan mengecek rating masing-masing aplikasi. Rating menunjukkan tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi tersebut, semakin tinggi rating suatu aplikasi berarti semakin puas penggunanya. Sementara itu, pada review biasanya Anda akan menemukan banyak komentar dari pengguna baik yang bersifat negatif maupun positif. Pastikan Anda membaca review sehingga memiliki gambaran terhadap aplikasi yang akan di download. Aplikasi asli biasanya akan memiliki lebih banyak komentar bersifat positif dibanding aplikasi palsu.

Aplikasi yang baik memiliki rating yang tinggi dan komentar positif.

Pada kasus Telegram diatas, ratingnya adalah 4.4 dari 5 dan review yang diberikan kebanyakan bersifat positif.

rating-playstore

4. Mengecek jumlah download aplikasi

Setelah melakukan ketiga hal tersebut diatas, hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengecek jumlah user yang mengunduh aplikasi tersebut. Semakin besar jumlah download, semakin membuktikan bahwa aplikasi tersebut asli.

Untuk kasus Telegram diatas, aplikasinya sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Berdasarkan keempat kriteria tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Telegram yang asli diberi nama Telegram, dikembangkan oleh Telegram FZ LLC, rating 4.4, dan diunduh lebih dari 100 juta pengguna. Nah, apabila Anda menemukan aplikasi yang tidak sesuai dengan kriteria tersebut diatas, berarti aplikasi tersebut palsu.

Hal ini juga dapat Anda gunakan saat akan mengunduh aplikasi pinjaman online, memang saat ini belum begitu banyak aplikasi palsu untuk pinjaman online, namun tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang akan ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mengembangkan aplikasi palsu pinjaman online.

Bagi Anda yang ingin mengunduh aplikasi pinjaman online JULO, pastikan Anda mengecek keempat kriteria tersebut diatas. Aplikasi JULO sendiri diberi nama JULO – Pinjaman Online Cepat Cair Bunga Rendah, yang dikembangkan oleh PT. JULO Teknologi Finansial, rating 4.1 dari 5, dan sudah diunduh oleh 1 juta pengguna.

aplikasi-JULO-playstore

Yuk, semakin cermat sebelum mengunduh suatu aplikasi.

Baca juga: Gaya Hidup Sosialita, Lakukan Ini Untuk Menambah Penghasilan

Artikel Terkait

5 Thoughts to “Cara Membedakan Aplikasi Palsu dan Asli di Google Play Store”

  1. Hendrik mareta

    Bos kapan saya bisa neeima pinjaman

    1. CS Team

      Halo Bapak Hendrik,
      Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda.
      Boleh informasikan alamat email yang digunakan agar Kami dapat melakukan pengecekan.
      Terima kasih

  2. Hendrik mareta

    Bos saya belum cair juga tolong di bantu bosku

  3. Mohammad Nasir

    Sudah lancar pada aktivitas pinjaman pertama, ngajuin utk ke 2 kali nya, Tahap Reviewnya lama sekali ya….

Leave a Comment