Bingung Menghitung Bunga Pinjaman? Begini Caranya!

bagaimana-menghitung-bunga-pinjaman

Ketika memutuskan untuk untuk mengajukan pinjaman dana, kamu tentu perlu tahu & paham dengan sistem yang diberlakukan, mulai dari jenis bunga, jumlah angsuran hingga besaran bunga yang harus kamu bayar tiap bulannya. Kita mungkin tidak asing lagi dengan “bunga”, namun banyak masyarakat yang masih belum mengetahui cara menghitung bunga pinjaman yang sebenarnya tidak begitu sulit. Cara menghitung bunga pinjam memang penting untuk dilakukan sebelum meminjam dana. Karena dengan menghitung bunga pinjaman bank, kamu dapat menyesuaikan pendapatan yang kamu dapatkan tiap bulan, dengan uang yang harus kamu keluarkan tiap bulannya untuk membayar cicilan.

bagaimana menghitung bunga pinjaman

Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Tiap jenis pinjaman punya cara menghitung bunga pinjaman yang berbeda, sekalipun memiliki suku bunga yang sama. Pada umumnya, ada 3 jenis cara menghitung bunga pinjaman, yaitu bunga flat, bunga anuitas dan juga bunga efektif.

1.    Suku Bunga Flat

Perhitungan suku bunga flat merupakan cara menghitung bunga pinjaman yang paling mudah dibandingkan dengan suku bunga lainnya, karena cara menghitung bunga pinjamannya akan sama setiap bulan. Besaran bunga flat mengacu pada besaran hutang awal. Bunga flat biasa dikenal juga dengan suku bunga kredit dan besaran bunga dihitung sesuai dengan jangka waktu kredit yang ditentukan. Umumnya, suku bunga ini digunakan untuk pinjaman kredit tanpa agunan/jaminan.

Rumus perhitungan :

Bunga per bulan = (p x l x t) / jb

Keterangan:

p = pokok pinjaman

l = suku bunga

t = jumlah jangka waktu kredit

jb = jumlah bulan dalam jangka waktu kredit

Baca juga: Pinjaman Online, Bagaimana Perhitungan Biaya dan Bunganya?

2. Suku Bunga Efektif

Suku bunga efektif merupakan bunga pinjaman yang dilakukan tiap akhir periode cicilan, JULOvers. Jadi, cara menghitung bunga pinjaman adalah dengan dihitung dari saldo akhir tiap bulannya atau berdasarkan pokok hutang yang tersisa. Jadi, porsi bunga dan pokok dalam angsurannya tiap bulan akan berbeda dan mengecil tiap waktunya, tapi besar angsurannya tetap saja sama. Suku bunga ini biasa digunakan untuk cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Rumus Perhitungan:

Bunga = sp x i x (30 / 360)

Keterangan:

sp = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya

i = suku bunga pertahun

30 = jumlah hari dalam sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

2.    Suku Bunga Anuitas

Terakhir, ada suku bunga anuitas. Jadi, suku bunga anuitas ini sebenarnya merupakan suku bunga efektif yang telah dimodifikasi. Tujuannya adalah untuk memudahkan nasabah untuk membayar cicilan tiap bulannya, karena yang berbeda adalah komposisi bunga dan pokok angsuran saja tiap periode. Bunga tiap bulan akan mengecil, namun angsuran pokok akan membesar. Jadi, angsuran tiap bulan sama, yang membedakannya hanya pokok dan bunga. Memberatkan di awal, meringankan di akhir karena nominal yang semakin mengecil. Cara menghitung bunga pinjaman suku bunga anuitas sama dengan suku bunga efektif.

Rumus Perhitungan:

Bunga = sp x i x (30 / 360)

Keterangan:

sp = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya

i = suku bunga pertahun

30 = jumlah hari dalam sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

Jadi, itu dia cara menghitung bunga pinjaman yang sering digunakan pada umumnya. Kini, kamu tidak perlu bingung kan, darimana asal jumlah cicilan yang selama ini ditentukan pihak pinjaman? Mulai sekarang, gunakan rumus di atas ya sebelum melakukan pinjaman. Dengan melakukan penghitungan terlebih dahulu, kamu bisa lebih mempersiapkan keuangan dengan baik dan sehingga tidak akan ada masalah saat ingin melunasi cicilan tiap bulannya.

menghitung bunga pinjaman

Kamu ingin meminjam dana, namun masih takut dan bingung dengan bunga pinjaman yang besar? JULO bisa jadi solusi dari segala kekhawatiranmu. JULO merupakan kredit pinjaman uang online dengan bunga rendah, mulai dari 0,1% perharinya. JULO juga menawarkan cashback tiap bulannya, untuk nasabah yang selalu membayar cicilan tepat waktu. Undian dengan hadiah-hadiah menarik pun rutin diadakan oleh JULO tiap bulannya untuk memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik untuk para nasabah.

perbedaan julo cicil dan julo mini

Di JULO, kamu dapat meminjam uang yang terbagi dalam dua jenis produk, yaitu:

1. JULO Mini, dengan maksimal pinjaman 1 juta, tenor pengembalian maksimal 30 hari.

2. JULO Cicil, pinjaman hingga 8 juta rupiah, dengan tenor pengembalian maksimal 6 bulan.

Nah, nggak perlu lagi deh khawatir terjerat dengan bunga pinjaman yang tidak sesuai dengan keuangan kamu. Install JULO via Google Playstoremu, dan ajukan pinjamanmu sekarang!

Baca juga: Bunga KTA Online lebih tinggi dibanding KTA Bank, Ini Ciri KTA Online Bunga Rendah

Artikel Terkait

Leave a Comment