Begini Cara Bangkitkan Motivasi Kerja Ketika Jenuh Melanda

bangkitkan-motivasi-kerja-2

Ketika harus dihadapkan dengan tanggung jawab, beban kerja dan deadline yang banyak dan bertubi-tubi, hal yang wajar jika seorang pekerja akhirnya merasa jenuh. Terutama, untuk para pekerja yang telah bekerja dalam hitungan tahun. Secara tidak langsung, hal-hal tersebut membuat motivasi kerja anda jadi menurun. Kalau sudah begitu, tentunya anda bisa kewalahan. Pekerjaan anda bisa saja tidak beres, atau malah akan membuat kesalahan-kesalahan saat menyelesaikan pekerjaan anda. Belum lagi, teguran dari atasan yang bisa semakin menurunkan motivasi kerja anda.

Nah, agar tidak terlalu lama larut dalam kejenuhan, yuk, simak cara untuk bangkitkan motivasi kerja yang dapat anda terapkan!

1.    Coba Untuk Lebih Bersyukur

motivasi-kerja-bersyukur

Ingatkan diri anda bahwa untuk lebih bersyukur dengan keadaan yang anda miliki saat ini. Mendapatkan sebuah pekerjaan bukanlah hal mudah untuk dicapai. Hingga saat ini, masih ada ratusan ribu bahkan jutaan orang di seluruh dunia yang masih mencoba untuk mendapatkan pekerjaan untuk bertahan hidup. Namun anda telah memiliki pekerjaan tersebut. Tanamlah hal-hal positif di pikiran anda, dan perbanyak beribadah.

2.    Mengingat Kembali Tujuan Bekerja

Setiap orang yang memutuskan untuk bekerja, tentunya memiliki masing-masing tujuan yang berbeda. Seperti halnya, ada seseorang yang bekerja untuk menghidupi keluarga kecil serta pendidikan anaknya, ada juga orang yang bekerja untuk membiayai orangtuanya, ada juga yang bekerja karena tuntutan memenuhi biaya kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dan masih banyak lagi tujuan-tujuan bekerja berbeda yang mungkin dimiliki oleh tiap orang.

motivasi-kerja-mengingat-tujuan-bekerja

Ketika anda mulai merasa jenuh, ingatlah kembali tujuan anda bekerja. Taruh foto keluarga dan orang tua anda di meja kerja anda misalnya. Hal tersebut diharapkan dapat menyadarkan dan mengembalikan motivasi kerja anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Lapor Pajak Pribadi/SPT secara Online, DJP Online?

3.    Beristirahat Sejenak

Jika anda benar – benar merasa jenuh dengan pekerjaan anda saat ini, ada baiknya anda memikirkan diri sendiri terlebih dahulu. Selama ini anda telah lelah bekerja 8-9 jam perhari, 5-6 hari perminggunya. Berikanlah reward untuk diri anda sendiri. Ajukan cuti dan berliburlah.

motivasi-kerja-istirahat-sejenak

Berlibur dapat menghilangkan penat dan tentunya bisa menjadi jalan untuk refreshing. Atau, anda dapat melakukan hal – hal yang selama ini anda tidak bisa lakukan karena harus bekerja. Misalnya piknik bersama keluarga, mendatangi tempat makan yang sedang ramai dibicarakan, berolahraga, dan masih banyak lagi. Carilah kegiatan positif yang kiranya dapat membangkitkan motivasi kerja anda.

4.    Jaga Stamina & Kesehatan Tubuh

Semangat dan motivasi kerja juga dapat dipengaruhi oleh kondisi tubuh. Fisik yang lelah, tidur yang kurang, hingga makan yang tidak sehat juga dapat memperburuk motivasi kerja anda. Mulailah menata kembali kegiatan anda. Jika tanggung jawab dan pekerjaan anda telah selesai, perbanyaklah waktu tidur anda. Lakukan olahraga ringan jika ada waktu kosong. Serta, atur pola dan jenis makanan anda dengan baik.

motivasi-kerja-jaga-stamina

Kebanyakan pekerja lupa untuk mengkonsumsi makanan dengan baik dan benar karena terlalu fokus dengan pekerjaan yang harus ia lakukan. Cobalah untuk mengutamakan hidup yang sehat agar tubuh terasa lebih segar dan motivasi kerja anda bisa kembali seperti biasa.

Bekerja memanglah bukan perkara mudah, risiko yang hadapi tidak sedikit, tanggung jawab yang muncul banyak, dan beban yang harus dipikul semakin hari semakin berat. Namun, semua akan terasa indah ketika tujuan anda bekerja sudah tercapai. Ketika anda bekerja untuk membiayai pendidikan anak anda, semua kejenuhan anda akan terbayar saat anak anda dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik. Ketika anda bekerja untuk biaya pengobatan orang tua, anda pasti akan merasa lega dan bersyukur saat orang tua anda akhirnya sembuh dari penyakitnya. Rasa lelah dan tetesan keringat yang selama ini muncul ketika anda harus berjuang untuk bekerja tiap harinya, hilang dalam sekejap berkat kesabaran dan usaha anda.            

Kejenuhan dalam bekerja memang bisa datang kapanpun dan dalam situasi apapun. Namun, motivasi kerja pun bisa kembali dan hadir dalam bentuk apapun. Bagi anda yang sedang merasa jenuh dan lelah, silahkan coba 4 cara diatas untuk mengembalikan motivasi kerja anda ya, JULOvers! Tetap semangat dan kuat karena tidak ada kerja yang sia-sia untuk dilakukan jika kita bekerja dengan hati dan ikhlas.

Baca juga: Tunjangan Hari Raya (THR), Bagaimana Ketentuan Perhitungannya?

Artikel Terkait

Leave a Comment