Skip to main content
kredit-tanpa-agunan-kta

Apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Kita kini mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata “Agunan”. Sebagian dari kamu mungkin sering membacanya atau mendengar kata agunan yang selalu berhubungan dengan bank. Namun tahukah kamu, apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Secara simpel, KTA adalah dapat diartikan sebagai salah satu jenis peminjaman uang tanpa jaminan pada bank yang membebankan calon peminjam.

kredit tanpa agunan

Biasanya, syarat umum pengajuan KTA adalah adalah karyawan atau wirausaha dengan range usia 21 – 55 tahun. Jumlah pinjaman bervariasi, mulai dari 5 hingga 250juta rupiah. Selain itu, bunga banknya pun sangat kompetitif antar bank satu dengan bank lainnya, yang persentasenya rata-rata tidak sampai 6% pertahun. Terdengar mudah dan menarik ya? Namun, sebelum mengajukan pinjaman, kita perlu menelaah lebih dalam nih, seputar kelebihan dan kekurangan KTA untuk jadi pertimbangan!

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

1. Proses Tergolong Cepat

Ketika kita mengajukan KTA, prosesnya memang tergolong sangat cepat dan mudah, lho. Waktu pencairan dana bisa kamu dapatkan dalam kurun waktu 3 – 7 hari saja, tergantung proses verifikasi bank dan kelengkapan dokumen nasabah. Menarik bukan? Nah, untuk kamu yang membutuhkan pinjaman dana dalam waktu cepat ataupun butuh dana untuk keperluan darurat dan mendesak, KTA tentu sangat membantumu mendapatkannya.

2. Syarat Mudah Tanpa Agunan

Dulu, saat mendengar kalimat “pinjam di bank”, mungkin orang akan minder duluan. Terutama untuk orang-orang yang belum memiliki asset penting, karena syarat peminjaman uang dahulu cukup sulit dan perlu jaminan yang besar. Dengan hadirnya KTA dengan syarat tanpa agunan ini, tentu memudahkan kita yang belum mempunyai asset penting untuk dijadikan jaminan. Pada dasarnya, Agunan terbagi dalam dua jenis, yaitu Agunan Berwujud dan Tidak Berwujud. Agunan Berwujud contohnya adalah kendaraan, rumah, bangunan, dsb. Sedangkan Agunan Tidak Berwujud dapat berupa sertifikat tanah, saham, dan surat surat penting lainnya. Karena KTA adalah Kredit Tanpa Agunan, tentu memudahkan kita untuk mengajukan pinjaman, kan?

Baca juga: Apakah yang Dimaksud dengan Agunan?

Apa Kekurangan KTA?

Akan tetapi, walaupun terdengar mudah dan instan, KTA juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan, lho. Apa saja ya kekurangannya?

1. Limit Lebih Kecil

Dibandingkan dengan kredit yang menggunakan agunan, KTA adalah kredit dengan limit pinjaman yang lebih rendah dan terbatas. Jumlahnya tergantung dari kebijakan masing-masing bank, umumnya dimulai dari kisaran 3 juta hingga 200 juta rupiah.

2. Bunga Relatif Tinggi

Selain limit yang lebih kecil, dibandingkan dengan kredit dengan agunan, bunga KTA relatif lebih tinggi. Hal ini disebabkan tidak adanya jaminan yang diberikan kepada pihak bank dan bisa menjadi tolak ukur nominal kredit yang ditentukan bank kepada calon nasabah. Obvious reason!

3. Harus Punya Kartu Kredit

Hal yang satu ini adalah hal yang cukup krusial dan perlu diperhatikan oleh calon peminjam. Calon Peminjam KTA adalah mereka yang disyaratkan untuk memiliki kartu kredit dengan masa kepemilikan minimal 1 tahun. Dan hal ini menjadi salah satu hal yang sering membuat ajuan peminjaman ditolak. Namun, jika tidak memiliki kartu kredit, kamu bisa menggunakan layanan payroll dari bank tersebut.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang apa itu KTA serta kelebihan dan kekurangannya. Yang perlu diingat, seiring perkembangan teknologi, kini juga telah menjamur berbagai pinjaman uang tanpa agunan dan dapat dilakukan secara online. Pinjaman online tersebut biasa kita kenal dengan Financial Technology (Fintech), JULOvers. KTA online yang menawarkan proses peminjaman lebih mudah dan cepat ini juga bisa jadi pertimbangan kamu, lho. Salah satunya adalah JULO. JULO adalah kredit pinjaman uang online tanpa agunan, dengan bunga paling rendah yaitu 0,1% perhari. Selain itu, JULO juga sudah terdaftar & diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan! Jadi, nggak perlu khawatir lagi kalau yang sudah menipis dipertengahan bulan, atau butuh dana darurat dan mendadak. Tinggal install aplikasi JULO dan ajukan pinjamanmu, sekarang!

Baca juga: Kebutuhan Mendesak Bikin Pusing, Dana Cepat Tanpa Jaminan Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *