Kenapa Harus Membayar Cicilan Tepat Waktu?

membayar-cicilan-tepat-waktu

Kemudahan kredit memberikan Anda kesempatan untuk dapat memenuhi kebutuhan yang terkadang tidak cukup bila dipenuhi dengan uang tunai yang Anda miliki. Membeli rumah, kendaraan, peralatan elektronik, bahkan untuk memenuhi kebutuhan harian seperti makanan saat ini sudah dapat Anda penuhi dengan mudah melalui fasilitas kredit.

Namun, dibalik kemudahan yang tersedia, ada tanggung jawab yang juga harus Anda kerjakan yaitu membayar cicilan kredit tepat waktu. Berikut ini, 3 hal yang menjadi alasan pentingnya membayar cicilan tepat waktu.

Pentingnya Membayar Cicilan Tepat Waktu

1. Kesempatan Mengajukan Pinjaman Berikutnya

Sejarah pembayaran yang baik juga menjadi kesempatan bagi Anda untuk dapat mengajukan pinjaman berikutnya. Saat Anda lalai membayar cicilan dengan tepat waktu maka kesempatan Anda untuk mendapat pinjaman lagi sangatlah kecil. Beberapa penyedia pinjaman online, JULO misalnya, bahkan memberikan kesempatan  Anda untuk mendapatkan bunga yang lebih kecil daripada pinjaman pertama Anda bila Anda melakukan pembayaran tepat waktu. Sesuatu yang tidak akan Anda dapatkan apabila Anda telat membayar cicilan Anda.

Anggaplah pinjaman online seperti JULO sebagai solusi dana darurat Anda, dengan sejarah pembayaran yang baik Anda dapat mengajukan pinjaman  JULO kapan saja karena Anda tidak tahu di kemudian hari mungkin akan ada kebutuhan mendadak yang tidak bisa diprediksi.

alasan membayar cicilan tepat waktu

2. Bonus Cashback Yang Menarik

Pinjaman online JULO bahkan memberikan bonus cashback bagi Anda yang membayar cicilan tepat waktu atau sebelum tanggal jatuh tempo. Cashback ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama Anda untuk mengembalikan pinjaman sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan. Cashback tersebut dapat dicairkan oleh Anda setelah pinjaman lunas dan dapat digunakan untuk pembayaran cicilan pada pinjaman selanjutnya. Namun bila Anda tidak ingin menggunakannya untuk pembayaran cicilan berikutnya, Anda dapat menggunakan cashback untuk membeli pulsa di aplikasi JULO atau meminta JULO untuk mentransfer cashback ke nomor rekening Anda.

Baca juga: Bonus Cashback JULO

3. Waspada Terhadap Denda Keterlambatan

Jika ada pelanggaran, maka ada pinalti. Demikian juga yang terjadi apabila Anda lalai dalam membayar kewajiban cicilan Anda, tentu saja ada sejumlah denda yang harus Anda bayarkan. Pinjaman online JULO, mengenakan denda sebesar 5% dari jumlah pinjaman atau sebesar Rp 55.000,00 untuk JULO Cicil dan Rp 50.000,- untuk JULO Mini dilihat dari yang paling besar. Denda tersebut tentu bukanlah jumlah yang sedikit, daripada uang Anda digunakan untuk membayar denda, lebih baik digunakan untuk hal lain.

Membayar cicilan pinjaman tepat waktu atau sebelum tanggal jatuh tempo sangat penting untuk dilakukan untuk menjaga agar sejarah kredit Anda tetap baik. Buatlah pengingat di kalender handphone Anda supaya Anda terhindar dari kelupaan membayar cicilan.

So, sudah bayar cicilan belum?

Baca juga: Tenor Pinjaman, Apakah Itu?

Artikel Terkait

One Thought to “Kenapa Harus Membayar Cicilan Tepat Waktu?”

  1. Angelina mamusung

    Kalau saya bayar cicilan julo lunas sebelum jatuh tempo
    Apakah saya dapat meminjam kembali?

Leave a Comment