Yuk, Cari Tahu Tentang Harbolnas di Sini!

Penggemar belanja online tentu sudah tidak asing lagi dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)? Apakah kamu salah satunya, JULOvers? Jika ya, apakah kamu tahu tentang seluk beluk hingga sejarah dari Harbolnas itu sendiri? Tahun ini merupakan tahun ke-7 sejak pertama kalinya Harbolnas dicetuskan lho, JULOvers. Dalam artikel kali ini, JULO akan membahas tentang pengertian dan sejarah Harbolnas itu sendiri. Yuk, simak artikel berikut ini!

Harbolnas merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional dimana merupakan hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja daring atau online yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Harbolnas juga diharapkan dapat memajukan industri e-commerce di Indonesia yang notabene merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan pengguna internet yang cukup tinggi. Para pelaku e-commerce ini tentu memiliki ingin memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja online melalui Harbolnas ini.

Nah, pada tahun 2012 silam, kata Harbolnas ini pertama kali dicetuskan oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia yang bergabung pada Asosiasi Ecommerce Indonesia (Idea). Jika kita kilas balik ke tahun 2012 lalu, e-commerce belum sangat populer seperti saat ini kan, JULOvers? Kepercayaan terhadap belanja online pun belum setinggi sekarang. Setelah kata Harbolnas dicetuskan, e-commerce Lazada untuk pertama kalinya mengadakan Harbolnas pada tanggal 12 Desember 2012. tiap Harbolnas, kamu bisa mendapatkan promo menarik hingga diskon besar-besaran dari beragam website e-commerce, marketplace dan website bisnis online lainnya.

Di sejumlah negara besar seperti Amerika, Inggris, Jepang dan Kanada, terdapat juga acara diskon besar-besaran serupa yang dilakukan secara tahunan. Warga negara-negara tersebut merayakan liburan yang dikenal dengan nama Thanksgiving Day (hari libur di Amerika Utara memperingati syukuran panen akhir tahun). Nah, pada perayaan tersebut, terdapat acara yang dinamakan Black Friday yang biasanya dilakukan pada hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving. Pada Black Friday ini, toko-toko di negara tersebut akan buka lebih lama daripada biasanya dan juga saling berlomba-lomba untuk menawarkan diskon hingga cuci gudang demi menarik minat para pembeli. Sedangkan, untuk e-commerce di negara-negara tersebut, mereka biasanya mengadakan acara yang bernama Cyber Monday dimana beragam e-commerce akan memberikan promo dan diskon  besar-besaran di website mereka. Cyber Monday pada umumnya diadakan pada hari Senin setelah Black Friday.

Promo besar-besaran Harbolnas mungkin biasa dikenal dengan kampanye 12.12 (12 Desember) yang diadakan oleh para pelaku e-commerce. Namun, karena minat terhadap belanja online saat ini pertumbuhannya semakin tinggi, para e-commerce mulai mengadakan kampanye untuk menyambut puncak Harbolnas dari beberapa bulan sebelumnya. Coba kita tengok e-commerce Shopee yang mulai mengkampanyekan dan menyambut Harbolnas dengan promo 9.9, 10.10, hingga 11.11. Tidak hanya Shopee, e-commerce lain seperti Lazada, Bukalapak, Blibli dan beragam e-commerce lainnya pun juga melakukan hal serupa untuk terus menarik minat beli masyarakat.

Pada tahun 2018 lalu, Harbolnas melakukan pemasaran ribuan produk lokal pada beragam website e-commerce Indonesia dengan tujuan memperkenalkan lebih banyak produk lokal dari UMKM Indonesia. Tahun 2018 lalu pun, Harbolnas mengangkat tema besar “Belanja Untuk Bangsa” yang diharapkan dapat mendorong produsen lokal untuk ikut berpartisipasi pada Harbolnas ini. Lebih dari 300 e-commerce ikut berpartisipasi pada Harbolnas 2018 silam. Kira-kira apa ya, tema besar Harbolnas 2019 ini? Kita tunggu saja ya, JULOvers!

Source: google.co.id

Yang paling menarik dari Harbolnas adalah promo besar-besaran dari beragam website bisnis online yang berlomba-lomba untuk menarik minat beli masyarakat. Ribuan produk, beragam voucher, potongan harga hingga hadiah akan diberikan guna meningkatkan jumlah pembeli saat Harbolnas berlangsung. Apakah kamu termasuk yang tertarik untuk memborong barang dari website e-commerce favoritmu, JULOvers? Jika ya, jangan sampai kalap berbelanja pada tanggal 12.12 mendatang ya! Jangan sampai menghabiskan gaji, apalagi seluruh tabunganmu karena lupa diri melihat beragam promo, voucher, diskon dari e-commerce e-commerce favoritmu.

Tapi tenang! JULO punya solusi terbaik untuk kamu yang memang sudah mempersiapkan diri untuk memborong belanjaan pada saat Harbolnas 12.12 mendatang. Nggak perlu khawatir dan nggak perlu bingung lagi dompet kosong saat Harbolnas berlangsung! Kamu hanya perlu mendownload aplikasi JULO via Google Play Storemu atau download di sini, melengkapi data hingga mensubmit dokumen yang diminta. Setelah itu, kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan atau jaminan hingga 8 juta rupiah, lho! Kamu bisa mencicilnya hingga 6 bulan lamanya. Semua prosesnya online, JULOvers. Kamu bisa mendapatkan pinjaman hanya dengan melengkapi form dan submit data di handphone, tanpa perlu ribet keluar rumah atau mencari pinjaman lainnya. Yuk, belanja lancar, aman dan mudah dengan bantuan JULO!


Baca juga: Beragam E-Commerce Sambut Harbolnas 2019, Cek Promonya di Sini!

Artikel Terkait

Leave a Comment