Yuk, Cari Tahu Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Online Di Sini!

alasan-memulai-bisnis-online

Kamu pekerja kantoran? Atau ibu rumah tangga? Atau masih seorang pelajar? Apapun profesimu, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet yang semakin canggih, lho. Salah satunya adalah dengan bisnis online. Semua orang kini bisa memulai bisnis online, sekalipun dengan modal yang kecil. Dibandingkan dengan bisnis lainnya, bisnis online merupakan bisnis yang cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi jika kamu sudah memiliki smartphone. Jangan cuma main medsos aja, smartphone juga bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang, JULOvers!

Alasan Memilih Bisnis Online

Mau tahu, alasan kenapa kamu harus mulai bisnis online? Yuk, simak alasannya berikut ini!

1.       Jumlah Pengguna Internet Sangat Tinggi

Tahukah kamu bahwa pengguna internet di Indonesia sangat banyak? Berdasarkan survei yang dilaksanakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) pada bulan April 2019 lalu, pengguna internet di Indonesia saat ini adalah sejumlah 171,71 juta jiwa, atau meningkat 10,12% dari tahun 2018. Jadi, tahu kan kenapa kamu harus memulai bisnis online?

2.       Pasar Sangat Luas

Pasar bisnis online juga sangat luas, JULOvers. Mengacu pada data dari APJII, pengguna internet di Indonesia sangatlah banyak. Dan pengguna tersebut tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, jika kamu memulai bisnis online dengan memasarkan barangmu di internet, tentu seluruh Indonesia bisa mengakses dan menemukannya.

3.       Modal Terbatas? Bisa!

Jika kamu ingin memulai bisnis namun terhalang oleh modal yang kecil, bisnis online bisa menjadi jawabannya. Sekalipun kamu tidak memiliki modal, kamu tetap bisa memulai bisnis online seperti bisnis online dropship. Kamu bisa membaca artikel tentang dropship di sini: Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Dropship, Bisnis Online Tanpa Modal yang Banyak Diminati!. Selain itu, jika kamu memiliki modal terbatas namun ingin memulai bisnis online, kamu juga bisa mencoba bisnis jastip, JULOvers! Jastip: Bisnis Modal Kecil Dengan Untung Menggiurkan

Masih banyak lagi bisnis online yang bisa kamu lakukan sekalipun dengan modal terbatas, jadi, jangan takut dan khawatir untuk memulai ya!

4.       Biaya Operasional Minim

Tidak perlu khawatir juga tentang biaya operasional bisnis online, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk ini. Jika kamu memulai bisnis offline seperti bisnis makanan, kamu perlu membayar biaya operasional pegawai, biaya sewa, modal bahan baku, peralatan, dan sebagainya. Akan tetapi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tersebut ketika kamu memilih bisnis online. Kecuali, bisnis online kamu sudah berhasil melejit ya, JULOvers. Tentu kamu perlu membayar biaya operasional yang serupa dengan bisnis lainnya.

5.       Mudah Untuk Memulai & Fleksibel

Banyak bisnis online yang bisa dimulai dengan langkah yang mudah dan juga fleksibel. Seperti halnya ketika kamu memilih untuk bisnis online dropship, kamu bisa kapan saja memulai bisnis tersebut sekalipun tidak ada modal. Sekalipun kamu terpaksa harus berhenti menjalankan bisnis online dropship, kamu pun tidak akan mengalami kerugian seperti bisnis-bisnis lainnya. Contoh bisnis online tanpa modal lainnya: Jasa penulisan artikel, blogger, dsb.

6.       Praktis & Efisien

Ketika menjalankan bisnis online, kamu hanya membutuhkan smartphone atau laptop, dan juga koneksi internet. Kamu bisa menjalankan bisnis onlinemu dimana pun dan kapan pun, tanpa harus mengkhawatirkan banyak hal. Kamu hanya perlu waktu di rumah atau di kost ketika ingin mengepack barang yang ingin kamu kirim ke pembeli. Saat ini, jasa ekspedisi juga sangat mudah ditemukan dimana-mana.

7.       Promosi Mudah

Promosi untuk bisnis online pun tergolong mudah. Kamu bisa menggunakan media sosial, atau e-commerce yang sedang berkembang begitu pesat. Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan e-commerce sebagai sarana promosi bisnis online dengan gratis, maupun mengiklankannya secara berbayar. Semua tergantung pilihanmu dan budget yang kamu miliki.

Langkah Memulai Bisnis Online

Nah bagaimana JULOvers, terdengar menggiurkan ya, bisnis online ini? Sekarang simak yuk, langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan ketika ingin memulai bisnis onlinemu!

1.       Tentukan Produk/Jasa yang Ingin Kamu Jual

Sebelum memulai bisnis online, ada baiknya kamu menentukan produk apa yang ingin kamu jual. Misalnya, kamu ingin memulai bisnis online baju, sepatu, sendal, atau bahkan makanan ringan. Semuanya harus kamu tentukan sebelum memulai bisnis online. Saat ini, semua orang bisa menjual beragam produk untuk dipasarkan melalui internet. Jika baru saja terjun ke dunia bisnis online, pilihlah produk yang mudah untuk dipasarkan dan memiliki target pasar yang luas.

2.       Target Pasar  

Poin kedua adalah menentukan target pasar. Setelah menentukan produk yang ingin kamu jual, kamu juga harus menentukan target pasarmu. Hal ini sebenarnya cukup penting, lho untuk diperhatikan. Karena walaupun pasar bisnis online sangat luas, tidak semua orang bisa mungkin mau untuk membeli produk di kamu. Karena orang yang memiliki bisnis online pun amat sangat banyak. Sebagai contoh: Kamu menjual sendal, siapakah target pasarmu? Anak kecil, anak muda, atau orang tua? Perempuan, laki-laki, atau keduanya?

3.       Tetapkan Modal

Selanjutnya adalah urusan modal. Memulai bisnis apapun pasti harus dibutuhkan kematangan dalam penetapan modal. Saran JULO, jika kamu masih ingin mencoba-coba terjun di bisnis online, ada baiknya kamu memulai bisnis online dengan modal kecil seperti dropship, atau jastip. Akan tetapi, jika kamu sudah memiliki dasar pengetahuan bisnis, atau sudah mantap menjalankan bisnis online, kamu bisa memulai bisnis online yang cukup besar. Seperti menjadi reseller. Jika ingin menjadi reseller, tentu kamu harus merogoh kocek yang lumayan karena harus membeli beberapa produk dari produsen. Jika kamu kekurangan modal, JULO bisa membantu meminjamkan dana hingga 8 juta rupiah dengan bunga rendah yaitu mulai dari 0,1% per harinya, lho. Hanya tinggal download aplikasi JULO via Google Play Store, isi data, dan verifikasi, dana pinjaman kamu bisa segera cair!

4.       Promosi

Terakhir, tentukan media yang kamu pilih untuk menjalankan bisnis online milikmu. Beragam media sosial bisa kamu manfaatkan secara gratis untuk memasarkan produk/jasa milikmu, JULOvers. Kamu bisa memanfaatkan Instagram, Facebook, Twitter, maupun e-commerce besar di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan iklan berbayar. Jangan lupa untuk melakukan promosi secara rutin, ya!

Jadi, itu dia alasan kenapa kamu harus memulai bisnis online dan juga langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebelum memulai bisnis online! Jadi, bisnis online apa nih yang ingin kalian lakukan? Komen di bawah, ya!

Baca juga: Lakukan 4 Cara Ini Untuk Mengembangkan Bisnis Onlinemu!

Artikel Terkait

Leave a Comment