Usaha Kuliner, Usaha Menjanjikan yang Dapat Kamu Coba

tips-memulai-usaha-kuliner

JULOvers, sedang berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Memulai usaha dapat menjadi jawaban yang tepat. Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya teknologi, orang menjadi lebih mudah untuk memulai usaha. Kata “bisnis maupun usaha” tidak lagi terdengar sulit untuk dijangkau. Saat ini, orang yang memiliki modal minim pun tetap dapat memulai usaha, bahkan, ada juga usaha yang dapat dijalankan tanpa modal, seperti usaha dropship online. Namun, kamu harus tetap pintar memilih usaha, agar usaha yang kamu pilih menjadi usaha yang menjanjikan dan menguntungkan di kemudian hari.

Mudahnya akses untuk memulai usaha membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memulai usahanya masing-masing. Sehingga, usaha yang dijalankan harus dipikirkan secara matang terlebih dahulu agar dapat bersaing dengan usaha-usaha yang telah hadir saat ini. Begitu banyak ragam jenis usaha yang dapat dijalankan, namun tidak semua usaha bisa berjalan mulus. Jika kamu baru ingin memulai usaha dengan modal yang tidak terlalu besar, usaha kuliner dapat menjadi usaha yang menjanjikan untuk kamu coba.

Langkah Memulai Bisnis Kuliner

Usaha kuliner pasti seringkali kamu jumpai dimana-mana karena usaha kuliner merupakan usaha yang tidak ada matinya. Bagaimana tidak, kamu tentu membutuhkan makan atau minum setiap hari. Kebutuhan tersebut membuat peluang usaha kuliner menjadi usaha yang menjanjikan bagi para pebisnis. Apalagi, dengan teknologi yang kian canggih, usaha kuliner tidak hanya dapat dilakukan secara offline, namun bisa juga melalui penjualan online. Menarik, bukan? Yuk, simak langkah utama untuk memulai bisnis kuliner untuk menjadi bisnis yang menjanjikan!

1. Tetapkan Pasar

Berikutnya, kamu harus menentukan pasar. Apa yang ingin kamu jual? Semua usaha tentu memiliki pasarnya masing-masing. Sebagai contoh: 

  • Kamu ingin membuka usaha warung kopi: pasarmu adalah driver ojek online, karyawan, anak kost, atau warga sekitar yang berada di lokasi warkopmu berada.

Atau, 

  • Kamu ingin membuka usaha minuman kekinian: target pasar utamamu tentu adalah anak muda yang mengikuti tren perkembangan kuliner saat ini. 

Melalui target pasar ini pula, kamu harus menentukan harga jual yang sesuai dengan targetmu.

 2. Persiapkan Modal

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ketika ingin memulai usaha kuliner adalah mempersiapkan modal. Kamu harus menentukan jumlah pasti modal yang mampu kamu keluarkan. Hal ini sangat perlu kamu pikirkan secara matang karena berkaitan dengan uang. Modal besar tidak menjamin usahamu bisa menjadi usaha yang menjanjikan, begitu pula sebaliknya.

3. Tentukan Lokasi yang Strategis

Langkah penting selanjutnya adalah menentukan lokasi yang strategis. Jika kamu ingin menjalankan usaha yang menjanjikan, kamu perlu memperhatikan segala aspek usahamu sedetail mungkin. Termasuk menentukan lokasi yang tepat untuk menjalankan usaha kulinermu. Pilihlah lokasi yang strategis untuk berjualan. Cobalah untuk survei beberapa tempat terlebih dahulu, buat list tempat yang kiranya paling cocok untuk usahamu, buat analisis singkat tentang plus minus lokasi tersebut. 

Nah, itu dia langkah utama yang dapat kamu persiapkan untuk mencapai usaha kuliner menjadi usaha yang menjanjikan. Selain ketiga langkah di atas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti menentukan konsep usaha, mencari pemasok/produsen yang murah, mengurus izin usaha, hingga hal-hal kecil seperti contohnya: gelas jenis apa yang ingin kamu gunakan untuk berjualan minuman kekinian. 

Cara Mengembangkan Bisnis Kuliner

Sekarang, jika kamu sudah mulai menjalankan usaha kulinermu, kini saatnya beralih ke bagaimana cara mengembangkan usaha kuliner milikmu menjadi usaha yang menjanjikan.

1. Gunakan Iklan Digital

Salah satu cara menarik pelanggan untuk mencoba usahamu adalah dengan cara promosi. Kamu dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usahamu secara gratis maupun berbayar. Iklan digital saat ini sedang marak digunakan oleh para pelaku usaha, lho. Usaha yang menjanjikan ini dapat mencapai kesuksesan jika kamu dapat memanfaatkan berbagai aspek usaha untuk dikembangkan. Iklan digital dapat kamu buat melalui Facebook ataupun Instagram. Kamu tentu sering melihat iklan yang tiba-tiba muncul pada home Facebook atau Instagram kamu? Cara tersebut masih efektif dilakukan oleh para pelaku usaha saat ini. Kamu dapat mencoba membuat iklan dengan budget yang kecil terlebih dahulu. 

2. Daftarkan Usaha Bergabung dengan Layanan Ojek Online

Cara kedua ini merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan usaha kulinermu. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi ojek online untuk menambah penghasilan usahamu. Maraknya penggunaan aplikasi ojek online saat ini, dimanfaatkan juga oleh para pengusaha kuliner. Namun, ada komisi yang perlu kamu bayarkan untuk tiap pesanan yang masuk melalui aplikasi ojek online. Walaupun begitu, komisi dari aplikasi ojek online tersebut umumnya tidak besar, kok. Tapi cara tersebut dapat membantumu mewujudkan usaha yang menjanjikan karena dapat meningkatkan jumlah pesanan. 

3.  Lakukan Inovasi Menu

Langkah berikutnya adalah inovasi menu. Orang-orang saat ini sangat mudah termakan dengan tren, jika ada makanan atau minuman yang unik atau benar-benar enak, pasti akan dengan mudah menjadi makanan atau minuman yang dicari-cari orang. Apalagi, jika usaha kuliner tersebut sudah mulai tersebar di media sosial. Namun yang perlu kamu ingat, biasanya, makanan atau minuman yang mengikuti tren ini belum tentu bertahan lama. Jika kamu ingin tetap menjalankan usaha yang menjanjikan, inovasi menu yang mengikuti tren ini tetap dapat kamu lakukan, akan tetapi ada baiknya usaha kulinermu tetap memiliki menu yang unik dan punya karakteristik tersendiri. Jadi, walaupun inovasi menu yang mengikuti tren tersebut sudah mulai “redup”, usaha kuliner kamu juga tetap menjadi usaha yang menjanjikan dan tetap dicari oleh penikmat kuliner

4. Mulai Bisnis Waralaba

Jika usaha kulinermu sudah menjadi usaha yang menjanjikan dan sudah memiliki pelanggan tetap, ada baiknya kamu memperluas pasarmu dengan memulai bisnis waralaba, JULOvers. Cara ini ampuh untuk terus membesarkan usahamu. Kamu dapat memanfaatkan media sosial dan iklan digital untuk memasarkan bisnis waralabamu. Banyak orang yang tertarik untuk melakukan bisnis waralaba karena dianggap sebagai salah satu usaha yang menjanjikan, JULOvers. 

Baca juga: Yuk, Kenali Kelebihan & Kekurangan Bisnis Waralaba!

Jadi, itu dia langkah utama memulai dan mengembangkan usaha kulinermu. Usaha kuliner memang dapat dikatakan sebagai salah satu usaha yang menjanjikan, namun kembali lagi ke bagaimana caramu mengelolanya. Memulai usaha kuliner juga tentunya memerlukan modal. Jika kamu memerlukan modal untuk memulai usahamu, JULO dapat menjadi solusi yang tepat. JULO hadir sebagai pinjaman online hingga 8 juta rupiah, yang dapat dicicil sampai dengan 6 bulan lamanya. Bunga yang ditawarkan JULO juga kompetitif dan rendah dibandingkan dengan pinjaman online lain, yaitu mulai dari 0,1% per hari. Tertarik untuk meminjam? Yuk, download aplikasi JULO dan ajukan pinjaman untuk modal usahamu sekarang!

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Online Di Sini!

Artikel Terkait

Leave a Comment