Tips Membuat CV Lebih Menarik Untuk Mahasiswa Maupun Fresh Graduate!

Banyak orang yang mengatakan bahwa momen setelah lulus dari sekolah maupun perguruan tinggi merupakan saat dimana kamu “menghadapi” kehidupan yang sesungguhnya. Umumnya, setelah lulus kamu akan memasuki fase mencari kerja, dimana momen tersebut adalah momen yang menjadi beban bagi sebagian besar fresh graduate. Baru saja melewati proses pengerjaan skripsi, sidang, dan kini harus mulai bertarung untuk mencari kerja. Momen berbahagia wisuda seakan hanya numpang lewat dan tergantikan oleh tekanan orang terdekat untuk mencari pekerjaan.

Proses pencarian kerja ini akan lebih menjadi beban ketika kamu yang semasa kuliah tidak aktif melakukan beragam kegiatan, maupun bergabung dalam organisasi-organisasi kampus. Walaupun dengan title “Fresh Graduate”, perusahaan tentu akan tetap menginginkan kandidat yang setidaknya memiliki pengalaman berorganisasi atau pun pengalaman aktif di sebuah acara atau kegiatan-kegiatan positif. Pasti mau kan, Curriculum Vitae (CV) menarik dan penuh dengan pengalaman menarik walaupun harus kamu adalah seorang Fresh Graduate.

Tidak hanya ijazah, CV menarik merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh lho, ketika kamu melamar suatu pekerjaan. CV menarik dari segi design dan juga isinya, tentu menjadi salah satu daya tarik yang dapat membuat kamu dihubungi HRD Perusahaan yang kamu tuju. Namun, bagaimana cara membuat CV menarik untuk seorang Fresh Graduate?

Yuk, baca sampai habis artikel dari JULO kali ini demi membuat CV menarik!

1.     Bergabung dengan Organisasi

Untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa dan ingin membuat CV menarik, manfaatkan waktu kuliahmu untuk bergabung dalam sebuah organisasi dalam maupun luar kampus, JULOvers. Melalui organisasi tersebut, kamu tentu bisa mendapatkan berbagai kesempatan dan ilmu baru. Kamu juga bisa bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru, hingga diberi kepercayaan untuk mengerjakan tugas yang sebelumnya kamu mungkin belum pernah lakukan semasa perkuliahan. Dengan bergabung dalam sebuah organisasi, kamu tentu dapat mengasah soft skillmu yang akan menjadi nilai plus dalam CV milikmu.

Jika kamu sudah tidak lagi berstatus pelajar maupun mahasiswa, kamu dapat juga bergabung dengan organisasi eksternal yang syarat anggotanya tidak harus masih berstatus mahasiswa. Selain menambah pengalaman di CV, kamu juga dapat melatih kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dalam kelompok, hingga kemampuan beradaptasi, JULOvers. Tidak ada kata terlambat untuk bergabung dalam sebuah organisasi, kok!

2.     Mengikuti Kegiatan Relawan/Volunteer

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk membuat CV menarik adalah dengan cara mengikuti kegiatan relawan/volunteer, JULOvers. Saat ini, ada banyak sekali lowongan terbuka lebar untuk kamu yang ingin menjadi relawan dalam berbagai kegiatan. Sebagai contoh, kamu dapat mendaftarkan diri untuk menjadi volunteer untuk mengajar anak-anak yang kurang mampu. Atau bahkan, menjadi volunteer sebuah acara musik.

Dengan menjadi seorang volunteer, tentu kamu dapat mengasah juga softskillmu. Selain itu, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang profesi maupun tingkat pendidikan, lho. Networkingmu tentu akan semakin bertambah dan semakin luas. Jadi, sudah tertarikkah kamu untuk membuat CV menarik dengan mengikuti kegiatan volunteer?

3.     Magang, Magang & Magang!

Sebagian besar universitas mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan magang sebagai salah satu syarat kelulusan. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengasah kemampuan, dan banyak mempelajari hal-hal baru langsung dari expertnya, lho. Kamu pun bisa merasakan rasanya bekerja di dalam suatu perusahaan dan juga terlibat dalam project-project yang dilakukan oleh suatu Perusahaan. Dapatkan kesempatan untuk belajar sebanyak-banyaknya ketika kamu magang ya, JULOvers!

Nah, untuk kamu yang merupakan seorang Fresh Graduate, kamu juga masih bisa membuat CV menarik dengan magang, lho. Jika kamu sama sekali belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, kamu bisa menggunakan magang sebagai salah satu nilai plus agar CV mu lebih menarik. Carilah magang yang sesuai dengan passion atau pun bidang yang ingin kamu pelajari lebih dalam. Atau, sesuaikan dengan karir yang ingin kamu bangun. Jika ingin lebih menarik dan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak lagi, kamu bisa melakukan magang lebih dari satu kali dengan perusahaan yang berbeda, JULOvers.

4.     Mengikuti Berbagai Lomba atau Kompetisi

Tidak hanya tiga cara di atas, kamu juga tentu dapat melakukan cara lain untuk membuat CV menarik, JULOvers. Misalnya, dengan mengikuti berbagai lomba maupun kompetisi. Cara ini bisa kamu lakukan sekalipun kamu sudah tidak berstatus sebagai mahasiswa aktif. Kamu bisa mengikuti lomba yang sesuai dengan passion dan kemampuan milikmu. Lomba blog? Lomba foto? Lomba desain grafis, atau bahkan lomba membuat vlog? Kamu bisa mengasah keterampilan, kemampuan dan kreativitas kamu, lho. Jika kamu dapat memenangkan lomba tersebut, tentu kamu bisa lebih mendapatkan CV menarik.

5.     Melakukan Kerja Paruh Waktu/Freelance


Selain beberapa poin di atas untuk membuat CV menarik, kamu bisa juga melakukan kerja paruh waktu atau pun bekerja freelance lho, JULOvers. Serupa dengan magang, kamu dapat mengenal secara perlahan tentang dunia kerja yang sesungguhnya. Jika kamu masih berstatus mahasiswa aktif, kamu dapat melakukan kerja freelance, misalnya bekerja freelance dari rumah. Kamu bisa mendapatkan informasi pekerjaan-pekerjaan freelance dari  website seperti: sribulancer.com, freelancer, gowork, etc. Kamu juga bisa mencari informasi-informasi lainnya melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram. Selain mendapatkan tambahan poin demi CV menarik, kamu juga akan mendapatkan uang dari hasil kerjamu lho.

6.     Mengikuti Beragam Kursus/Workshop/Seminar

Poin terakhir yang dapat kamu lakukan untuk membuat CV menarik adalah dengan mengikuti beragam kursus, workshop dan seminar. Dengan banyaknya sertifikat kursus, seminar atau workshop, CV menarik tentu akan mudah kalian dapatkan. Contoh kursus yang bisa kamu ambil adalah kursus bahasa asing, yang pastinya akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai seminar dan workshop yang sesuai dengan passion atau bidang karir yang ingin kamu geluti. 

Nah JULOvers, gimana nih tips untuk membuat CV menarik di atas? Ada kah yang sudah kamu praktekan, atau baru ingin kamu lakukan? Selamat mencoba ya 🙂

Artikel Terkait

Leave a Comment