Tips & Informasi Penting Seputar Mudik Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019

tips-informasi-mudik-2019

Sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 2019. Suasana Idul Fitri 2019 sudah sangat terasa, bahkan dari sebelum waktu umat muslim mulai berpuasa. Kini kamu pasti seringkali melihat, banyaknya orang yang berjualan takjil menjelang waktu berbuka puasa, iklan sirup dan promo Ramadhan, bertebaran di media cetak, media elektronik, hingga media sosial. Belum lagi, tiap kali ke mall atau pusat perbelanjaan, kamu juga akan menemukan banyak gambar, poster, banner hingga bangunan buatan yang menyerupai masjid atau atribut Idul Fitri 2019 lainnya.

Hari Raya Idul Fitri 2019 memang  merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim yang tersebar di seluruh dunia. Bukan hanya karena hadir satu tahun sekali, namun tiap umat muslim selalu merasa sangat beruntung ketika masih bisa merasakannya hari penuh berkah tersebut setiap tahunnya. Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019, sebagian besar orang yang tinggal di kota-kota besar akan kembali ke kampung halamannya, atau yang biasa kita sebut dengan mudik. Para pekerja pun banyak yang mengajukan cuti lebih awal, ataupun lebih lama, untuk menikmati waktu lebih bersama keluarga tercinta.

Baca juga: Cari Tiket Pesawat Murah, Cek 5 Website Ini

Tips Mudik 2019

Jika kamu berniat untuk pulang ke kampung halamanmu menjelang Idul Fitri 2019, terutama dengan kendaraan pribadi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih, JULOvers. Yuk, simak tips dan informasi penting mudik berikut ini!

1. Cek kondisi kendaraanmu sebelum berangkat

Sebagian besar pemudik mungkin akan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk kembali ke kampung halaman. Ada yang memilih untuk naik mobil, ada pula yang memilih untuk menggunakan kendaraan bermotor. Bahkan tidak jarang pemudik rela membeli mobil murah untuk dapat mudik ke kampung halamannya. Jalan menuju kampung halaman masing-masing tentunya tidak akan memakan waktu singkat atau hanya dalam hitungan 1-2 jam saja, tapi mungkin akan memakan waktu belasan hingga puluhan jam. Belum lagi kalau kamu berangkat pada waktu yang diperkirakan akan padat, seperti 2-3 hari sebelum lebaran.

Utamakan keselamatan diri dan keluargamu selama berkendara. Karena akan menggunakan kendaraan pribadi, maka periksalah keadaan kendaraanmu sebelum kamu berangkat. Periksa dari jauh-jauh hari keadaan rem, mesin, dan sebagainya sehingga kamu punya waktu lebih untuk menservice atau melengkapi kebutuhan kendaraanmu. Jangan sampai kendaraanmu menjadi penghambat dan menyulitkanmu di tengah-tengah perjalanan mudikmu.

2.  Bawa makanan & minuman yang cukup

Perjalanan mudikmu akan menjadi perjalanan yang panjang. Cukupi kebutuhanan makanan & minuman yang telah kamu sesuaikan dengan jumlah penumpang di kendaraanmu. Lebih baik menyetok lebih banyak makanan dan minuman yang bisa kamu simpan jika nantinya tidak habis, jangan sampai kekurangan dan harus menahan lapar di tengah macet atau tengah malam.

3. Siapkan uang tunai

Situasi dan kondisi jalanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019 mungkin akan sulit diprediksi. Dari mulai kemacetan di jalan, hingga kondisi-kondisi tertentu lainnya. Oleh karena itu, bawalah uang tunai yang cukup sehingga akan memudahkan kamu saat kamu membutuhkannya dalam keadaan darurat. Walaupun sekarang kita berada di zaman serba cashless, kita tetap  tidak tahu betul jalan yang dilewati nanti akan seperti apa. Bisa saja kamu perlu membeli sesuatu yang hanya dapat dibayar tanpa transaksi digital alias harus cash. Lebih baik menyiapkannya terlebih dahulu, dibandingkan harus pusing-pusing mencari ATM.

Informasi Seputar Mudik

Selain tips mudik diatas, ada juga informasi seputar mudik yang wajib kamu ketahui.

Baca juga: Info Seputar Lebaran 2019 Yang Wajib Anda Ketahui

  • Berikut adalah estimasi biaya tol Trans Jawa

  • Jalan satu arah (one way) diberlakukan

Pemerintah akan menerapkan jalur satu arah atau one way saat arus mudik Idul Fitri 2019, berlaku mulai tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2019 selama 24 jam. Jalur yang ditetapkan one way yaitu mulai dari jalur Cikarang Utama KM 29 hingga Brebes Barat KM 262. Sedangkan untuk arus balik, pemerintah juga menerapkan sistem yang serupa pada Jalan Tol KM 1 hingga KM 29 Palimanan, mulai dari 8 Juni hingga 9 Juni 2019 selama 24 jam.

  • Sistem Ganjil Genap di Pelabuhan Merak – Bakauheni

Bagi kendaraan pribadi yang ingin menyebrang via Pelabuhan Merak dan Bakaheuni, Pemerintah menerapkan sistem ganjil genap mulai tanggal 30 Mei 2019 pukul 20:00 WIB hingga 08:00 WIB. Namun, aturan ini hanya bersifat imbauan semata karena puncak arus mudik Idul Fitri 2019 diprediksi akan terjadi pada tanggal 31 Mei 2019, dan arus balik diprediksi pada tanggal 9 Mei 2019.

Nah, itu dia tips dan informasi seputar mudik Idul Fitri 2019 yang sebentar lagi akan tiba. Semoga bisa bermanfaat dan kamu terapkan nanti ya, JULOvers. Yuk, sharing di kolom komentar, kamu akan mudik ke kota mana tahun ini!

Baca juga: Memilih Mobil Murah Sesuai Kebutuhan dengan Budget 100 jutaan

Artikel Terkait

Leave a Comment