Simak Cara Mudah Membuat Internet Banking BRI Berikut Ini!

ib-bri

Perkembangan teknologi saat ini tentu membuat kamu sudah tidak asing lagi dengan internet banking yang telah banyak sekali digunakan oleh semua orang. Kemudahan transaksi yang ditawarkan oleh internet banking, secara tidak langsung mendorong banyak orang untuk segera mendaftarkan dirinya untuk membuat internet banking. Internet banking pun telah merubah transaksi keuangan saat ini menjadi lebih efisien dan lebih mudah untuk dilakukan. Bagaimana tidak, kamu dapat melakukan transaksi yang biasa kamu lakukan di ATM hanya dengan menggunakan ponsel saja. Transaksi-transaksi tersebut pun dapat kamu lakukan kapanpun dan dimanapun.

Sebagai contoh, misalnya kamu adalah seorang pemilik online shop yang sudah memiliki banyak pelanggan. Ketika uang pembayaran dari pelangganmu masuk, kamu tentu harus mengecek terlebih dahulu apakah uang tersebut benar-benar masuk ke rekening kamu atau tidak, agar terhindar dari penipuan. Karena, jika melihat realita yang ada, saat ini tidak hanya penjual saja yang bisa menipu pelanggannya, pelanggan pun sering kali melakukan penipuan demi mendapatkan barang yang mereka inginkan, salah satunya adalah dengan cara memalsukan bukti transfer yang harus mereka kirimkan kepada penjual.

Nah, jika kamu adalah seorang penjual namun tidak memiliki internet banking, kamu harus berkali-kali pergi ke ATM untuk memastikan uang tersebut masuk atau tidak ke rekening kamu, bukan? Atau, kamu harus menunggu hingga malam hari terlebih dahulu, baru pergi ke ATM untuk mengecek uang yang masuk sebelum melakukan rekapan pesanan online shopmu pada hari itu. Namun, dengan internet banking, kamu bisa langsung mengecek transaksi yang masuk ke ATM mu tanpa harus berkali-kali pergi ke ATM terdekat!

Sama seperti bank lainnya, Bank BRI juga tidak ingin melewatkan kesempatan emas untuk menarik nasabahnya membuat internet banking. Banyaknya peminat internet banking, membuat BRI juga menghadirkan fitur internet banking untuk para nasabahnya yang dapat disebut sebagai IB BRI (Internet Banking BRI). Namun, berbeda dengan beberapa bank lain, IB BRI menawarkan kamu internet banking tanpa perlu menggunakan alat token dalam bentuk fisik, JULOvers. Jadi, ketika kamu melakukan transaksi, PIN yang masuk akan dikirimkan M-Token melalui SMS. Menarik, kan? Akan tetapi, walaupun pembuatan IB BRI sebenarnya mudah, masih banyak yang bingung dan belum tahu bagaimana caranya membuat IB BRI. Jadi, jika kamu adalah pengguna setia bank BRI dan ingin membuat IB BRI, jangan khawatir, JULOvers. Yuk, sama-sama kita simak cara mudah membuat IB BRI berikut ini!

Syarat Membuat Internet Banking BRI (IB BRI)

Eits, sebelum masuk ke langkah-langkahnya. Kamu harus mempersiapkan beberapa syarat untuk membuat IB BRI dulu ya, JULOvers:

  1. Siapkan buku rekening tabungan BRI milikmu
  2. Untuk identitas diri, kamu dapat menggunakan KTP, SIM atau paspor
  3. Siapkan alamat email yang aktif untuk melakukan verifikasi
  4. Gunakan nomor ponsel yang bekerjasama dengan IB BRI yaitu Telkomsel, Indosat dan XL

Cara Membuat Internet Banking BRI (IB BRI)

Kemudian, ada dua cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk membuat IB BRI. Yang pertama adalah pembuatan IB BRI melalui kantor cabang BRI terdekat. Kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Datangi kantor cabang BRI yang terdekat dari lokasimu
  2. Siapkan dokumen-dokumen, email dan nomor telepon seperti yang telah dijelaskan sebelumnya
  3. Isi formulir aplikasi IB BRI yang tersedia di kantor cabang BRI yang kamu datangi
  4. Segera daftarkan dirimu dengan bantuan Customer Service BRI
  5. Terakhir, jangan lupa untuk mengaktifkan M-Token dengan bantuan Customer Service BRI ya, JULOvers. Jika kamu tidak mengaktifkan M-Token, kamu hanya dapat menggunakan fitur cek saldo dan pemindahan pembukuan saja.

Cara Membuat Internet Banking BRI (IB BRI)

Selanjutnya, kita simak yuk cara mudah untuk membuat IB BRI melalui ATM!

  1. Masukan kartu ATM milikmu
  2. Masukan PIN ATM
  3. Pilih “Menu lainnya”
  4. Pilih “Menu registrasi”
  5. Pilih Internet Banking
  6. Masukan 6 digit password untuk akun IB BRI kamu
  7. Ulangi password agar dapat terkonfirmasi
  8. Lalu, kamu akan mendapatkan User ID IB BRI kamu
  9. Terakhir, kamu akan mendapatkan struk berisi User ID dan password akun IB BRI kamu. Simpan struk ini sampai kamu melakukan aktivasi IB BRI kamu, ya!

Langkah Aktivasi Internet Banking BRI (IB BRI)

Kini, saatnya kamu melakukan aktivasi IB BRI kamu, JULOvers. Kamu dapat melakukan aktivasi melalui situs ib.bri.co.id atau install aplikasi BRI Mobile terlebih dahulu. Jika sudah, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukan User ID dan password yang tertera pada struk ATM dan masukan code captcha yang muncul pada layar
  2. Kamu akan diarahkan ke halaman syarat & ketentuan, lalu klik setuju
  3. Kamu akan diminta untuk merubah password akun IB BRI kamu dan memasukan emailmu
  4. Selesai! Kini kamu dapat menggunakan IB BRI kamu

Itu dia cara untuk membuat dan mengaktifkan akun IB BRI milikmu. Mudah, bukan? Yang perlu diingat, kamu harus tetap berhati-hati dalam menggunakan internet banking. Tidak hanya IB BRI saja, kamu harus berhati-hati saat menggunakan internet banking dari bank manapun. Seperti tidak menggunakan wifi yang ada di tempat umum ketika melakukan transaksi dengan internet banking, rajin merubah password internet banking secara berkala, dan jangan pernah memberikan data username maupun password internet banking kamu kepada siapapun ya, JULOvers!

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Membuat Mandiri Internet Banking!

Artikel Terkait

Leave a Comment