Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Peluang Usaha Industri Kreatif
Kerajinan Tangan
Periklanan Konvensional dan Digital
Informasi Teknologi dan Perangkat Lunak (Software)
Rumah Produksi Film
Masih Muda, Sudah Mulai Berwirausaha, Siapa Takut?

Peluang Usaha Industri Kreatif dalam Kewirausahaan, Mana yang Bisa Kamu Coba Nih?

peluang bisnis industri kreatif

Dalam menjalankan kewirausahaan, salah satu usaha yang cukup digemari saat ini dan potensial adalah bidang usaha kreatif. Yaitu, bidang usaha yang mengandalkan kompetensi kreatif dari seseorang atau kelompok, dalam upayanya membentuk model bisnis, produk atau layanan, yang bernilai ekonomis dan solutif. 

Industri kreatif memiliki potensi yang besar untuk berkembang di Indonesia, mengingat kekayaan sumber daya manusia dan budaya yang dimiliki oleh negara ini.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Nah, perlu diketahui, bahwa industri kreatif ini sebenarnya mampu menstimulasi roda perekonomian kita, lho. Terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sekaligus menjadi wadah eksperimen untuk banyak orang.

Lalu, apa saja ya peluang usaha yang bisa dilakukan (wirausaha) di dalam industri kreatif? Yuk, simak ulasan dari JULO Kredit Digital berikut!

Peluang Usaha Industri Kreatif

Kerajinan Tangan

Pernah membeli cindera mata, saat pergi ke luar kota? Atau, ruang tamu dan ruang kerja dipenuhi peralatan kerajinan tangan yang unik-unik? Yes, itu berasal dari orang-orang pekerja kreatif yang memproduksi barang-barang pengrajin/prakarya tangan.

Dalam industri ini, membentuk prakarya bukan hanya sekadar produksi, namun mereka juga memberikan nilai kepada barang tersebut. Contohnya, batik, tenun, dan anyaman. Industri ini membutuhkan kreativitas dan keterampilan untuk menciptakan produk kerajinan yang unik dan bernilai tinggi.

Tak jarang juga, barang yang diproduksi melalui tangan-tangan terampil ini memiliki nilai filosofisnya tersendiri yang juga tidak kalah menjual.

Periklanan Konvensional dan Digital

Periklanan merupakan salah satu sektor industri kreatif yang saat ini paling berkembang di Indonesia. Industri ini, sangat membutuhkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan iklan yang menarik dan efektif. 

Pernah lihat iklan-iklan viral di media sosial, kan? Betul, itu semua kerjaannya orang-orang periklanan. Bagaimana mereka mampu untuk mengkonversi pesan brand kepada pemirsa dengan sederhana dan “nempel” banget. Apalagi kalau bukan kreativitas, kan?

Baca juga: 10 Ide Bisnis Kreatif dan Unik

 

Informasi Teknologi dan Perangkat Lunak (Software)

Banyak peluang bisnis yang menjanjikan di bidang Teknologi Informasi dan Perangkat Lunak. Dengan ide yang kreatif, kemampuan yang mumpuni, serta strategi yang tepat, kamu bisa membangun bisnis yang sukses di bidang ini.

Bisnis ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk barang dan jasa. Untuk produk jasa sendiri, dapat berupa tulisan atau artikel, gambar dalam bentuk digital, e-book, hingga perangkat lunak (software). Sepanjang memanfaatkan alat-alat teknologi digital, maka bisnis yang dijalankan dapat disebut sebagai bisnis informasi teknologi.

bisnis industri kreatif

Rumah Produksi Film

Rumah produksi film bisa menjadi alternatif peluang usaha yang menjanjikan di industri kreatif. Apalagi, saat ini, produksi film lokal tengah mendapatkan perhatian khusus dan sedang banyak diapresiasi. Dalam perspektif berwirausaha pun, tentu hal ini memiliki nilai ekonomis tersendiri.

Akan tetapi, ketika kamu memasuki proses pembuatan film, ini bisa jadi tahapan yang cukup panjang. Mulai dari brainstorming menginisiasi ide, membuat cerita, penulisan naskah, mencari talent (casting), shooting, penyuntingan, hingga akhirnya suatu film dapat dipublikasikan.

Memang, menyelam di industri film ini memang nggak akan merogoh kocek yang sedikit. Perlu adanya produser eksekutif yang akan (rela) mengeluarkan uang untuk produksi, atau sponsor berbagai merek/brand terkemuka yang membiayainya.

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

Masih Muda, Sudah Mulai Berwirausaha, Siapa Takut?

Sudah saatnya, menumbuhkan semangat berwirausaha. Tenang aja deh, urusan modal! Kamu sekarang bisa gunakan fitur pinjaman online dari JULO dan JULO  bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Kamu juga bisa lebih mudah dengan tarik dan kirim dana pinjaman uang online dengan JULO kredit digital melalui aplikasi JULO.

Cara Tarik Dana Online dengan JULO Kredit Digital

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di  Home Page.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, dengan mengajukan pinjaman uang online di JULO

Limit Kredit Maksimal

Limit maksimal pinjaman uang online JULO sampai dengan Rp50 juta.

Tenor Panjang dan Fleksibel

Durasi tenor maksimal pinjaman uang online JULO sampai dengan 9 bulan.

Suku Bunga Rendah

Suku bunga pinjaman uang online JULO hanya dari 0,1% per hari.

Transaksi Aman dan Terpercaya

Segala aktivitas pinjam meminjam dana online cepat cair berbasis teknologi aplikasi JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Hidupkan Hidupmu dengan fitur Pinjaman Uang Online!

Durasi tenor maksimal pinjaman uang online JULO sampai dengan 9 bulan dan bisa disesuaikan dengan tanggal gajian, lho!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
pinjaman online bunga kecil
Gaya Hidup
cara-transfer-kuota-telkomsel