Memilih Mobil Murah Sesuai Kebutuhan dengan Budget 100 jutaan

mobil murah berkualitas

Mobil merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh setiap orang sebagai penunjang aktivitasnya. Untuk seseorang yang sudah berkeluarga pun, kebutuhan akan mobil dianggap semakin lumrah dan perlu. Jenis mobil pun terus bertambah tiap waktunya, penjualan pun terus meningkat. Munculnya berbagai jenis dan merk mobil dari mulai mobil murah hingga mobil mahal menyajikan kita berbagai pilihan yang cukup membingungkan. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu kita telaah sebelum memutuskan untuk membeli mobil atau tidak, atau jenis mobil dan berapa budget mobil yang mampu kita keluarkan untuk memenuhinya secara ideal. Mau lihat apa saja kira-kira mobil dengan murah dengan kualitas bagus? Yuk, intip rekomendasinya disini!

Tips Memilih Mobil Murah Berkualitas

1.       Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Memilih mobil pun tidak bisa dalam waktu singkat dan terburu-buru. Harga mobil yang dapat dikatakan cukup mahal membuat kamu harus berpikir matang sebelum memutuskan untuk membeli mobil yang mana. Pikirkan terlebih dahulu, mobil seperti apa yang kita butuhkan, bukan sekedar kita inginkan. Sebagai contoh, kamu adalah seorang kepala keluarga dengan istri dan dua anak, sehingga kamu minimal memerlukan mobil yang dapat berisi 4-5 orang didalamnya. Contoh lain, jika kamu adalah seorang wirausaha yang menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari dan membawa barang, kamu akan memerlukan mobil dengan space yang cukup besar agak memudahkan kebutuhanmu.

2.       Menyesuaikan Budget

Budget adalah satu hal yang amat sangat penting dan perlu juga dipikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk memilih jenis mobil yang ingin kita beli. Setelah menyesuaikan kebutuhan mobil, carilah mobil yang memang sesuai dengan budget yang mampu kamu keluarkan untuk mobil. Perlu diingat, kebutuhan hidup kita sehari-hari tidak hanya untuk membayar cicilan mobil, terutama kamu yang sudah berkeluarga. Kamu perlu memikirkan aspek-aspek kebutuhan hidup lainnya sehingga pengeluaran kamu setelah membeli mobil tidak minus dan membuatmu kesulitan nantinya.

3.       Pilih cara pembayaran yang tepat

Berkaitan dengan budget yang kamu miliki, kamu juga harus menentukan dengan matang dan baik bagaimana cara pembayaran yang akan kamu pilih saat memutuskan untuk membeli mobil. Entah mobil murah maupun mahal, kamu perlu pertimbangan dari berbagai hal. Jika memang kamu mampu untuk membeli mobil secara cash/tunai dan setelah itu kamu merasa tidak akan ada beban untuk biaya sehari-hari lainnya, silahkan pilih pembayaran tunai. Namun, jika kamu hanya mampu membayar DP dan kemudian memilih untuk mencicil karena banyak pertimbangan lainnya, silahkan pilih pembayaran cicil. Yang perlu kamu ingat, jika kamu memilih untuk membeli mobil dengan metode cicilan, kamu akan dikenakan bunga yang cukup besar dari leasing yang telah kamu pilih.

Baca juga: Cari Tiket Pesawat Murah, Cek 5 Website Ini

Rekomendasi Mobil Murah Berkualitas

Permintaan konsumen terhadap mobil murah di Indonesia terus meningkat. Berbagai merk mobil terus bermunculan, menawarkan mobil murah dengan kualitas baik namun dengan harga yang kompetitif. Selain itu, promo-promo dengan DP dan angsuran rendah juga terus menjamur hingga konsumen dapat dengan mudah membeli mobil karena menganggap dirinya mampu untuk membayar angsuran mobil tiap bulannya. Nah, kali ini, JULO akan memberikan rekomendasi mobil baru berkualitas dengan budget 100 jutaan. Apa saja ya kira-kira?

1.       Daihatsu Ayla

Yang pertama adalah Daihatsu Ayla. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan mobil mungil yang sering kita temui dijalanan ini. Dibanderol dengan harga 90 jutaan hingga 100 jutaan, mobil ini memang banyak digemari dan diminati oleh para konsumen. Ayla juga merupakan salah satu bagian mobil murah yang dicanangkan oleh pemerintah yaitu LCGS (Low Cost Green Car).

Walaupun mobil ini dibanderol dengan harga murah, kualitas yang diberikan tetap oke dan dapat menjadi pertimbangan jika budget kamu rendah. Daihatsu Ayla memang merupakan mobil murah, akan tetapi ada dua tipe mobil murah Ayla yang tidak memiliki fitur AC dan CD player. JULO sarankan untuk minimal membeli tipe M yang sudah memiliki kedua fitur tersebut.


Source: https://daihatsu.co.id/images/revamp2017/product/ayla/variant/5.png

Berikut adalah spesifikasi umum mobil Daihatsu Ayla:

Mesin

Tipe Mesin D26F 1KR-DE DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC
Kapasitas Silinder 998 cc
Diameter x Langkah 71 x 84
Daya Maksimum 65 / 6.000
Torsi Maksimum 8.7 / 3.600
Transmisi 4 A/T  & 5 speed M/T

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi3.600 x 1.600 x 1.520 mm
Jarak Pijak Depan/Belakang 635/515 mm
Tinggi dari Tanah 180 mm
Jarak Sumbu Roda 2450 mm

Suspensi/Kaki-Kaki

Suspensi Depan McPherson Struts with coil spring
Suspensi Belakang Torsion Axle Beam
Ukuran Ban 155/80 R13
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum

2.    Datsun GO+

Yang kedua adalah Datsun GO. Sebelumnya mungkin kita lebih mengenal Datsun Go dengan kapasitas yang dapat memuat kurang lebih 4 – 5 penumpang saja. Pengguna setia transportasi online juga mungkin sering menemui mobil ini sebagai moda yang kita naiki saat memesan. Akan tetapi, Datsun Go kini mengeluarkan tipe terbarunya, yaitu Datsun Go+. Walaupun harga yang dibanderol cukup mahal dibandingkan tipe yang sebelumnya, namun tipe ini telah mengalami upgrade yang cukup banyak dari berbagai segi fitur yang dimilikinya.


Source: https://mmc.tirto.id/image/otf/500×0/2018/05/08/new-datsun-go_ratio-16×9.jpg

Yuk, kulik spesifikasi umum Datsun Go+:

Mesin

Tipe1.2L, DOHC, In-line 3-Cylinder
Kapasitas1.198 cc
Daya Maksimum87 HP
Torsi Maksimum104 NM
Bahan BakarBensin
Jenis KemudiElektrik Power
Transmsi5 Speed

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi3.995 x 1.636 x 1.507 mm

Rangka & Kaki-kaki

Suspensi DepanMc Pherson Strut with Coil Spring
Suspensi BelakangTorsion Beam
Ukuran VelgR13
Rem DepanDisc
Rem BelakangDrum

Baca juga: Ringankan Cicilan Mobilmu dengan Cara Ini

3.    Sigra 1.0D (M/T)

Terakhir, ada Daihatsu Sigra nih, JULOvers. Sigra merupakan mobil murah yang memiliki desain yang lebih menarik dan elegan dibandingkan dua mobil murah yang disebutkan sebelumnya. Dari awal peluncurannya, Sigra telah memiliki kapasitas penumpang lebih banyak dibandingkan Ayla dan Datsun versi awal. Walaupun murah, Sigra memiliki performa dan spesifikasi yang cukup berkualitas untuk harga yang dibanderol mulai 112 jutaan.


https://daihatsu.co.id/images/revamp2017/product/sigra/color/5.png

Mesin

Tipe1 KR-VE, DOHC VVT-i
Kapasitas Mesin 998 cc
Jumlah Silinder 3, segaris
Jumlah Katup 12
Diameter x Langkah 71,0 x 84,0
Tenaga Maksimum 67 Ps pada 6000 rpm
Torsi Maksimum 89 Nm pada 4400 rpm

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi
4.070 x 1.655 x 1.600 mm
Jarak Sumbu Roda2.525 mm
Jarak Pijak Roda Depan1.470 mm
Jarak Pijak Roda Belakang1.475 mm
Tinggi dari Tanah180 mm

Rangka & Kaki-kaki

Sistem Pengereman Ventilated Disc Brake/Drum, Leading – Trailling
SuspensiMacPherson Strut / Semi Independent Torsion Axle Beam
Ukuran Ban155/80 R13 175/65 R14
Velg Steel Polished Alloy

Nah, itu dia cara memilih mobil sesuai kebutuhan dan juga rekomendasi mobil murah dengan budget 100 jutaan. Semua pilihan kembali lagi ke kamu, jangan sampai membeli mobil hanya karena ingin dan gengsi, tapi ingatlah bahwa membeli mobil adalah sebuah kebutuhan yang perlu kamu pikirkan secara matang-matang. Yuk, tulis di kolom komentar mobil apa yang ingin kamu beli dan berapa budget yang kamu anggarkan jika ingin membeli mobil!

Baca juga: Info Seputar Lebaran 2019 Yang Wajib Anda Ketahui

Artikel Terkait

Leave a Comment