Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Ciri-Ciri Usaha Industri Kecil?
1. Sistem Produksi
2. Pasar dan Sosial Ekonomi
3.  Manajemen Usaha dan Kapital
4. Tenaga Kerja
Apa Saja Macam Macam Usaha Industri Kecil yang Dapat Kamu Jalankan?
1. Usaha Makanan 
2. Jasa Lukis
3. Jasa Fotografi
4. Bisnis Hijab
5. Thrift Shop

Mengenal Ciri serta Macam Usaha Industri Kecil yang Cocok Bagi Pemula

macam usaha industri kecil

Di Indonesia terdapat berbagai macam usaha industri kecil. Industri usaha kecil merupakan jenis usaha yang dibuat dengan modal kecil dan jumlah tenaga kerja yang terbatas. Biasanya, tenaga kerja dari industri ini berjumlah lebih dari 5 dan kurang dari 19 orang. 

Sebagian besar jenis usaha juga dibangun berdasarkan kemampuan pemilik, seperti jasa lukis, pembuatan kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Meski demikian, bukan berarti industri tidak memiliki keuntungan dan omset yang besar. Jika dilihat dari peluang usahanya, industri kecil dapat menjadi usaha yang berpotensi menjadi besar. 

Lalu apa saja usaha industri kecil yang dapat dijadikan ide jualan? Baca informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Saja Ciri-Ciri Usaha Industri Kecil?

Apa Saja Ciri-Ciri Usaha Industri Kecil

Untuk menentukan sebuah usaha merupakan industri kecil, kamu dapat melihat ciri-cirinya dari beberapa hal. Adapun ciri-ciri industri kecil yang harus diketahui diantaranya adalah:

1. Sistem Produksi

Sistem Produksi

Dari segi sistem produksi, usaha industri kecil memiliki sistem yang rendah. Hal ini berkaitan dengan tenaga kerja dan alat produksi yang dimiliki. Usaha industri kecil biasanya mengandalkan tenaga bantuan dari lingkungan terdekat seperti keluarga agar tidak membutuhkan biaya tambahan. Namun, bentuk sistem produksi tersebut justru dapat menghambat perkembangan produk sebab tenaga dan alat yang terbatas.

2. Pasar dan Sosial Ekonomi

Pasar dan Sosial Ekonomi

Memiliki sistem produksi seperti yang telah disebutkan sebelumnya juga dapat berdampak pada standar kualitas produk. Maka dari itu usaha industri kecil identik pada permasalahan seputar kesulitan untuk masuk ke pasar yang lebih luas.

3.  Manajemen Usaha dan Kapital

Manajemen Usaha dan Kapital

 

Usaha industri kecil memiliki manajemen usaha yang pasif dan rentan terhadap persaingan pasar. Selain itu, beberapa usaha juga memiliki manajemen tanpa integrasi, perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan terhadap jalannya usaha. Dari segi kapital, jenis usaha kecil memiliki nilai kapital yang tidak terlalu besar dan cukup lambat untuk melakukan perluasan pasar.kredit digital Julo

4. Tenaga Kerja

Tenaga Kerja

Sebagian besar usaha industri kecil menerapkan self employment atau mempekerjakan diri sendiri, terutama pada jenis usaha yang membutuhkan keterampilan khusus. Namun, beberapa industri kecil yang produknya dapat diselesaikan oleh orang lain memiliki beberapa tenaga kerja tambahan. 

Apa Saja Macam Macam Usaha Industri Kecil yang Dapat Kamu Jalankan?

Apa Saja Macam Macam Usaha Industri Kecil yang Dapat Kamu Jalankan

Meskipun cakupannya kecil, tidak ada salahnya untuk mencoba menjalankan sebuah industri kecil. Apabila dalam menjalankan usaha, banyak upaya yang dilakukan agar produk dikenal dan diminati lebih banyak orang, maka bukan tidak mungkin industri kecil akan menjadi besar. Berikut macam-macam usaha industri kecil yang bisa kamu coba agar cuan:

1. Usaha Makanan 

Usaha Makanan

Memiliki hobi atau keterampilan memasak? Usaha makanan rumahan dapat menjadi ide usaha yang menarik. Saat ini, tidak sedikit orang yang memilih untuk beli makanan melalui online karena kemudahannya hanya dalam satu klik saja makanan akan datang.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Peluang ini dapat kamu manfaatkan dengan menyediakan berbagai makanan baik makanan utama maupun camilan. Maka demikian, masakan kamu tidak hanya untuk dinikmati oleh lingkup kecil saja, tapi berpotensi untuk dicoba oleh lebih banyak pelanggan.

2. Jasa Lukis

Jasa Lukis

Lukisan menjadi salah satu jenis kerajinan yang banyak diminati karena menarik perhatian, baik dari segi perpaduan warna, cerita, maupun hasil yang realistis. Jika kamu memiliki kemampuan melukis, coba untuk menawarkan jasa lukis wajah atau lainnya.

Baca Juga: Beragam Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan untuk Pemula

Karena bersifat abadi dan dapat menjadi hiasan dalam rumah, tidak sedikit orang yang menjadikan lukisan sebagai kado atau hadiah. Kamu bisa memanfaatkan sosial media, bekerja sama dengan galeri seni atau perusahaan yang berkaitan dengan jasa lukis untuk memasarkan lukisan ke pasar yang lebih luas. 

3. Jasa Fotografi

Jasa Fotografi

Memiliki keahlian dalam bidang fotografi juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi usaha industri kecil. Dengan fitur kamera yang semakin canggih dan keahlian dalam menciptakan foto yang menawan, kamu dapat memenuhi kebutuhan banyak orang untuk mengabadikan momen penting seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Jika hasil yang diberikan memuaskan, bukan tidak mungkin klien tersebut akan merekomendasikan jasa fotografi kamu kepada keluarga, teman, dan seluruh koleganya. Untuk melakukan usaha ini, kamu hanya membutuhkan 2 hingga 3 orang tenaga tambahan. 

4. Bisnis Hijab

Bisnis Hijab

Mengingat banyaknya model hijab dan tingginya minat pengguna hijab untuk mencoba berbagai macam model, JULOvers dapat menjadikannya sebagai peluang usaha industri kecil. Mendirikan sebuah brand hijab dapat dimulai dengan menjahit sendiri atau membeli hijab dari supplier.

Baca Juga: 9 Cara Berbisnis Pakaian Agar Tidak Kalah Saing

Apabila modal yang dimiliki terbatas, kamu juga bisa menerapkan sistem pre-order dengan menerima pesanan terlebih dahulu sebelum hijab diproduksi. 

5. Thrift Shop

Thrift Shop

Siapa yang tidak mengenal jenis usaha satu ini. Thrift shop belakangan ini sedang banyak dicari para pelanggan karena penyediaan pakaian modis dengan harga yang murah. Pada dasarnya thrift shop adalah toko yang menjual pakaian bekas layak pakai dengan berbagai model kekinian, bahkan beberapa di antaranya pun dimodifikasi sehingga terlihat lebih unik.

Kamu dapat mulai usaha thrift shop ini dengan membeli satu paket pada distributor dan menjualnya kembali. Namun perlu diingat bahwa sebelum pakaian dikirimkan pada pelanggan, pastikan sudah dicuci terlebih dahulu agar lebih bersih dan wangi. 

Nah itu dia berbagai macam usaha industri kecil yang bisa JULOvers coba. Menjalankan sebuah bisnis usaha industri kecil sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan dari rumah saja. Terlebih lagi, saat ini teknologi komunikasi sudah berkembang pesat dan dapat dimanfaatkan menjadi media promosi. 

Cukup dengan ponsel pintar dan koneksi internet, JULOvers sudah dapat memasarkan produk dan melakukan transaksi dalam sekali klik saja. Bahkan saat ini, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk cek tagihan listrik online dan membayar tagihan tersebut. Salah satu aplikasi dengan berbagai kemudahan fitur di dalamnya adalah JULO. 

Tidak hanya memberikan kredit digital dengan mudah, JULO juga hadir dengan berbagai fitur yang memudahkan aktivitas keuangan seperti pembayaran BPJS, transfer dana, bayar berbagai jenis tagihan, dan masih banyak lagi. Download JULO sekarang juga dan registrasi dengan promo siap melesat untuk mendapatkan cashback!

Artikel Lainnya