Lakukan 4 Cara Ini Untuk Mengembangkan Bisnis Onlinemu!

kembangkan-bisnis-online

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memudahkan dan membuka peluang usaha kita untuk terjun ke dunia bisnis. Saat ini, bisnis online sangat marak dilakukan oleh banyak orang. Selain mudah dan praktis, penghasilan dari bisnis online juga cukup menjanjikan jika kita menekuninya dengan serius, lho, JULOvers! Nah, jika kamu sudah memilih bisnis online yang ingin kamu jalani, yuk simak beberapa cara ini untuk mengembangkan bisnis online yang ingin atau sedang kamu jalankan.

1.       Lakukan Riset

kembangkan-bisnis-online

Untuk dapat mengetahui peluang usaha dari kebutuhan pasar adalah dengan melakukan riset. Jika kamu baru saja ingin mengembangkan bisnis online, kamu dapat melakukan riset dengan cara mencari dan membaca review ulasan produk yang ingin kamu jual di berbagai situs penjualan. Atau, jika kamu telah memiliki bisnis yang sudah berjalan cukup lama dan telah memiliki pelanggan, kamu dapat melakukan survey tersendiri, misalnya melalui media sosial yang kamu gunakan untuk mempromosikan barangmu, atau menggunakan situs survei yang dapat kamu manfaatkan secara gratis.

Dengan melakukan kedua hal diatas, kamu dapat mengetahui keinginan pasar, serta dapat mengetahui masukkan dari para konsumen yang dapat bermanfaat untuk mengembangkan produk bisnis online yang kamu jual.

2.       Ikuti Tren

Saat ini, tren menjadi salah satu tolak ukur produsen untuk menjual produknya ke para konsumen, termasuk para pelaku bisnis online. Faktanya, jika para produsen menjual produk yang ketinggalan jaman atau tidak inovatif, konsumen tidak akan tertarik untuk melihat lapak jualanmu. Terlebih lagi, konsumen pada umumnya mencari produk yang ingin ia beli terlebih dahulu sebelum memilih toko, sehingga produk yang kamu jual harus mengikuti kemauan pasar. Kecuali, kamu menggunakan marketing iklan yang memungkinkan tokomu dapat muncul ke pencarian mereka. Akan tetapi, kamu perlu mengeluarkan budget lagi untuk hal tersebut.

kembangkan-bisnis-online

Contoh peluang usaha yang mengikuti tren, misalnya jika kamu memiliki bisnis online yang menjual produk kecantikan wanita, kamu dapat mencari tahu terlebih dahulu produk apa yang sedang diminati saat ini, jangan menjual produk yang murah atau menguntungkan saja tetapi tidak banyak diminati oleh konsumen. Atau jika kamu menjual produk hijab wanita, kamu perlu tahu bahan hijab apa yang sedang digemari saat ini. Kamu juga dapat menggunakan metode riset untuk mendapatkan pengetahuan tentang tren saat ini.

Baca juga: Rekomendasi Peluang Usaha Mudah Dengan Modal Minim

3.       Manfaatkan Promosi Online

Media sosial serta e-commerce akan sangat berguna untuk membantu memasarkan produk bisnis online yang kamu miliki. Media sosial yang paling banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis online adalah Instagram dan Facebook, tergantung target market yang kamu tuju. Namun, pada umumnya Instagram memang lebih banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online. Melalui Instagram, kamu dapat mempromosikan produkmu dengan memposting foto maupun video produk. Kamu juga dapat memanfaatkan fitur hashtag, dimana kamu dapat menggunakan hashtag/tagar yang biasa digunakan oleh para konsumen saat mencari produk yang ingin mereka beli. Contoh: #bajuwanitamurah, #dompetwanitamurah, dan sebagainya. Kamu juga dapat membangun interaksi yang lebih banyak dengan para followers dengan rajin mengupload Instastories yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Kebanyakan pengguna Instagram saat ini lebih banyak melihat Instagram Stories dibandingkan dengan Instagram Feeds.

kembangkan-bisnis-online

Selain menggunakan media sosial, manfaatkanlah keberadaan e-commerce yang sangat berkembang saat ini. Kamu dapat memilih salah satu dari sekian e-commerce yang ada, atau bahkan menggunakan lebih dari satu e-commerce agar produkmu lebih banyak dipasarkan. E-commerce pada umumnya tidak mengenakan biaya untuk para produsen memasarkan produknya. Selain itu, dengan menggunakan e-commerce, konsumen dapat lebih percaya serta meminimalisir penipuan yang mungkin terjadi oleh bisnis online, karena uang yang mereka bayarkan melalui e-commerce akan tertahan hingga produk yang mereka pesan sampai di tangan mereka. Menarik bukan?

Jika kamu punya budget lebih untuk mempromosikan bisnis online yang kamu miliki, kamu dapat memanfaatkan promosi online berbayar yaitu dengan iklan. Saat ini, media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan berbagai media sosial lainnya memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mempromosikan postingan yang kamu buat. Mayoritas e-commerce juga memiliki fitur ini. Kamu dapat menentukan budget, target audience, durasi, hingga lokasi audience yang ingin kamu jangkau untuk bisnis online kamu.

4.       Lakukan Inovasi Produk & Promosi

Terakhir, jika ingin bisnis online kamu terus berkembang, lakukanlah inovasi terhadap produk dan promosi yang kamu lakukan. Hal tersebut perlu kamu pertimbangkan agar bisnis online yang kamu miliki tidak stuck disitu-situ saja. Sebagai contoh, ketika kamu menjual tas, jangan hanya mementingkan modelnya saja, buatlah inovasi baru yang kiranya dapat menarik minat para konsumen. Buatlah tas yang tahan air, atau dapat memuat banyak barang namun tetap simpel dan mudah dibawa kemana-mana. Inovasi produk tersebut memiliki peluang besar untuk mengembangkan bisnis onlinemu.

Selain inovasi produk, kamu dapat melakukan inovasi terhadap caramu mempromosikan bisnis onlinemu. Misalnya, dengan melakukan Giveaway produk yang kamu jual, atau hadiah tertentu, namun dengan syarat-syarat yang telah kamu pertimbangkan sebelumnya. Misalnya, jika kamu ingin meningkatkan followers dan interaksi, kamu dapat memberikan ketentuan untuk para peserta Giveaway untuk memfollow akun bisnis onlinemu, dan memberikan likes serta komentar di setiap postingan yang kamu buat di media sosial. Banyak bisnis online yang menggunakan cara ini untuk meningkatkan followers, likes dan comments di akun media sosial mereka. Lebih banyak followers tentunya dapat membuka peluang lebih besar untuk meningkatkan penjualan usaha Kamu, kan?

Itu dia 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis online yang kamu miliki. Baca juga: Rekomendasi Peluang Usaha Mudah Dengan Modal Minim, artikel tersebut dapat memberikanmu ide jika masih bingung menentukan peluang usaha apa yang ingin kamu bangun. Jika kamu tidak memiliki modal yang cukup untuk membangun bisnis online dengan produk pilihanmu, kamu bisa menggunakan aplikasi pinjaman uang online JULO! Hanya dengan install aplikasi Google Playstore dan mengisi data yang dibutuhkan, kamu dapat meminjam uang hingga 8 juta rupiah dengan bunga yang sangat rendah sehingga tidak akan memberatkan usaha yang sedang kamu rintis juga.

Jadi, bisnis online apa yang ingin kamu lakukan?

Baca juga: Gaya Hidup Sosialita, Lakukan Tips Ini Untuk Menambah Penghasilan

Artikel Terkait

Leave a Comment